10 Cara Menjaga Motivasi Karyawan Agar Semangat Bekerja

Karyawan adalah salah satu bagian penting dari kemajuan suatu perusahaan atau mungkin sebagai “fondasi” karena berpengaruh besar atas kegagalan atau kesuksesan dari badan usaha sehingga eksistensinya tidak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan, banyak perusahaan yang harus bangkrut karena lebih mengutamakan ego bagi pimpinan secara pribadi tanpa melihat jasa dan kerja keras yang dilakukan para karyawan sehingga mereka memutuskan berhenti bekerja.

Pada dasarnya bahwa karyawan bukan hanya menjadi penentu keberhasilan perusahaan saja namun juga tolak ukur dalam mengetahui berapa besar keuntungan atau kerugian yang akan didapatkan setiap badan usaha yang didasari kinerja mereka setiap hari. Tak heran, salah satu penentu kesuksesan kerja karyawan juga dilihat dari berapa besar digit gaji yang diterima setiap bulan apakah sesuai dengan etos dan kinerjanya atau tidak agar tidak merugikan kedua pihak.

Namun, tidak sedikit dari karyawan yang justru sudah mendapat gaji besar tetapi kurang aktif dan sama sekali tidak bergairah saat bekerja karena kurang mendapat motivasi selama berada dalam lingkungan kerja.

Maka dari itu, jika anda adalah seorang pimpinan perusahaan sangat penting dan wajib untuk menganalisa dan menerapkan beberapa cara menjaga motivasi karyawan berikut agar membuat pegawai yang anda kendalikan bisa lebih semangat bekerja setiap hari, yaitu :

1. Menghargai Gagasan Karyawan
Pimpinan suatu perusahaan harus bisa mengerti dan menghargai atas setiap gagasan yang diucapkan semua karyawan. Maka dari itu, hal ini bertujuan agar anda atau siapa saja selaku atasan harus menerima saran dari para karyawan karena tidak mustahil jika salah satu atau beberapa pernyataan yang dilontarkan dapat memajukan kinerja perusahaan, khususnya antar sesama karyawan agar dapat meningkatkan etos kerja lebih baik dalam jangka panjang.

2. Menjaga Hubungan Sosial Lebih Baik
Komunikasi yang terjadi dalam suatu perusahaan akan berlangsung setiap hari pada hari dan jam kerja. Oleh sebab itu, anda dan para karyawan harus bisa menjaga hubungan kerja yang sangat baik dengan peduli akan cara kerja karyawan sehingga mereka tidak malu untuk selalu bertanya. Selain itu, contoh sederhana yang dapat anda lakukan adalah kunjungan antar karyawan dengan datang ke setiap rumahnya agar melihat kondisi keluarga agar lebih dekat.

3. Merencanakan Jenjang Karir Karyawan
Karyawan dalam suatu perusahaan akan selalu mendambakan jabatan atau posisi kerjanya dapat meningkat setiap tahun. Tak heran, anda jangan pernah tertutup untuk membuka aspek terhadap jenjang karir bagi semua karyawan yang bekerja. Namun, cara ini bisa berjalan jika kinerja yang mereka lakukan selalu mengalami perubahan ke arah lebih baik dan memberi pengaruh terhadap pendapatan perusahaan dan anda pun jangan segan menaikkan jabatan.

Download Kumpulan SOP Lengkap Bagian SDM, Katalog KPI Lengkap Semua Fungsi dan Tabel SALARY GRADE disini

4. Menjelaskan Pengaruh Karyawan untuk Perusahaan
Karyawan yang hampir bekerja setiap hari juga memiliki sebuah pengakuan dari badan usaha yang menaunginya jika mereka telah berdedikasi untuk mencapai misi, visi dan pencapaian utama perusahaan. Anda pun harus menjelaskan berbagai macam ulasan tentang pengaruh dari para karyawan terhadap kemajuan perusahaan sehingga mereka akan menilai jika hasil kerja yang dilakukan selalu membuahkan hasil dan tidak sia-sia agar memberi kesenangan.

5. Menghormati Peningkatan Kerja Karyawan
Anda sebagai pimpinan harus melihat setiap peningkatan kerja dari para karyawan yang saat ini bekerja di perusahaan. Sebab, sekecil atau sebesar apapun perubahan positif dari mereka untuk badan usaha ini tentu saja bertujuan untuk memajukan krediblitas dan elektibilitas dari perusahaan anda dan hal ini wajib diapresiasi. Bahkan, baik disadari atau tidak jika cara anda memberi apresiasi akan menjadi motivasi bagi karyawan agar dapat bekerja lebih semangat.

6. Memantau Cara Kerja Karyawan
Keberadaan seorang pimpinan di ruang kerja karyawan akan berpengaruh terhadap hasil pekerjaan yang mereka lakukan setiap hari. Pasalnya, banyak karyawan yang sangat malas untuk menyelesaikan tugas harian mereka sesuai deadline karena jarang atau tidak pernah dikunjungi pimpinannya. Hal ini juga menjadi suatu penilaian dari karyawan anda jika kurang peduli dan acuh terhadap kinerja yang mereka lakukan setiap hari karena tidak memantau.

7. Meningkatkan Kepercayaan untuk Kedua Pihak
Kepercayaan dalam dunia kerja adalah salah satu kunci utama terhadap kinerja karyawan agar selalu lebih baik setiap hari. Oleh karena itu, anda jangan pernah ragu untuk memberi keyakinan dan rasa percaya kepada semua karyawan yang menjadi modal utama atas dasar kesuksesan serta kemajuan perusahaan. Namun, kepercayaan ini harus diiringi kejujuran yang tinggi agar kedua belah pihak tidak dirugikan selama bekerja dalam tempat yang sama.

8. Menghindari Tuntutan untuk Karyawan
Pimpinan dari setiap perusahaan sudah pasti menginginkan hasil kerja yang sempurna bagi kemajuan badan usaha yang didirikannya. Akan tetapi, anda pun jangan pernah menuntut secara paksa kepada karyawan untuk bekerja diluar batas kemampuan mereka karena akan memberi tekanan batin yang menimbulkan stress. Tidak mustahil jika dampak buruk dari hal ini adalah banyak karyawan yang anda miliki justru berhenti sehingga perusahaan bangkrut.

9. Melibatkan Karyawan dalam Tujuan Perusahaan
Perusahaan memiliki sebuah visi dan misi atas maksud berdirinya bidang pekerjaan yang masih berjalan sampai sekarang. Maka dari itu, anda wajib melibatkan semua karyawan dari setiap tujuan badan usaha agar hasil kerja dinilai berjasa dan berkontribusi atas pencapaian akhir dari keinginan perusahaan karena anda membutuhkan mereka untuk memudahkan proses pekerjaan, sedangkan mereka membutuhkan anda untuk memenuhi kebutuhan hidup.

10. Memberi Kenyamanan Kerja untuk Karyawan
Kenyamanan saat bekerja menjadi sebuah motivasi untuk karyawan agar tidak malas dan bosan untuk menuntaskan kewajiban mereka bagi perusahaan. Maka dari itu, cara terbaik agar dapat mewujudkannya adalah anda bisa menyediakan beragam fasilitas bagi karyawan yang aktif di perusahaan sehingga dapat memenuhi 50%-75% dari kebutuhan hidup mereka setiap hari seperti asuransi, bonus, THR dan fasilitas lainnya yang juga dipakai dalam kantor.

Karyawan yang anda rekrut bukan hanya sebatas tenaga kerja untuk memajukan perusahaan untuk bisa mencapai tujuan utama dan berguna bagi masyarakat. Namun, dibalik kesuksesan sebuah badan usaha maka terdapat karyawan yang membutuhkan sebuah motivasi atau wujud dukungan dari anda sebagai atasan tentang bagaimana kontribusi yang mereka berikan kepada perusahaan agar dapat diakui dengan memberikan semangat dan gairah agar lebih aktif bekerja.

17 Materi Presentasi SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop. Download sekarang.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!