10 Powerful HR Tools and Templates

10 Templates dan Instrumen HRD berikut ini merupakan alat bantu yang powerful, dan langsung bisa diaplikasikan untuk meningkatkan kinerja SDM di kantor dan perusahaan tempat Anda bekerja.

Berikut deskripsi detil dari 10 Powerful HR Tools Templates ini :

1. Kamus Kompetensi Soft Skills dan Hard Skills

Berisikan kamus komptensi lengkap dengan levelingnya, baik untuk soft competencies dan beragam hard competencies (antara lain functional competency untuk bidang SDM, Keuangan, IT, Procurement dan lain-lain).

Tool ini bisa langsung Anda gunakan sebagai basis untuk mengukur dan mengembangkan level kompetensi SDM di kantor Anda.

2. SOP Super Lengkap untuk Bidang SDM (HRD)

Tools ini berisikan kumpulan SOP yang lengkap untuk beragam fungsi dalam bidang SDM, mulai dari SOP fungsi rekrutmen, wawancara kerja, pelatihan, penilaian kinerja, SOP promosi, hingga SOP fungsi penggajian.

Setiap SOP berisikan penjelasan prosedur dan langkah demi langkah yang detil untuk menjalankan beragam fungsi utama dalan Bidang SDM/HRD. Semua SOP juga dilengkapi dengan form-form yang langsung bisa dipakai dan aplikatif.

3. Dua Set Lengkap Instrumen Assessment Center

Dua set instrumen pengukuran yang biasa digunakan dalam assessment center untuk mengukur level kompetensi karyawan. Satu set untuk karyawan level manajer. Dan satu set untuk karyawan level supervisor.

Setiap set terdiri antara lain dari instrumen in-basket exercise, case analysis, role play, group disfcussion dan behavior event interview. Setiap instrumen dilengkapi dengan panduan penggunaannya serta juga rating penilaian kompetensi.

Dua set lengkap tes asesmen ini sungguh sangat berharga untuk digunakan dalam proses asesmen kompetensi SDM dan juga pengembangan mutu SDM.

Bagi karyawan atau calon manajer yang akan mengikuti tes asesmen, dua set instrumen assessement center ini sangat berguna untuk dijadikan sebagai bahan referensi.

4. Employee Satisfaction Survey – Kuesioner dan Laporan Lengkap Survei Kepuasan Karyawan

Dalam tools ini terdapat satu set kuesioner lengkap yang langsung bisa digunakan dalam kegiatan pengukuran level kepuasan karyawan.

Selain itu dalam tools ini diberikan juga sampel Laporan Lengkap Hasil Pengukuran Survei Kepuasan Karyawan. Laporan ini dapat digunakan sebagai referensi dan benchmark saat akan dilakukan secara nyata survei kepuasan karyawan di kantor Anda.

5. Matriks Training Plan dan Silabus Lengkap Training

Dalam tools ini akan diberikan tabel Training Plan yang lengkap – berisikan judul-judul pelatihan yang harus diberikan pada setiap jenjang karyawan – mulai dari staf hingga level senior manajer.

Topik pelatihan mencakup tema soft skills dan functional skills untuk beragam bidang antara lain bidang pemasaran, keuangan, HRD dan lain-lain.

6. Daftar Pertanyaan Competency-based Interview

Competency-based Job interview terbukti merupakan metode wawancara terbaik untuk memprediksi potensi dan kinerja kandidat di masa mendatang. Tools ini berisikan serangkaian pertanyaan valid yang berbasis pada kompetensi dan perilaku (behavior-based interview).

Pertanyaan di-desain untuk mengukur 10 kompetensi utama yang terbukti merupakan jenis kompetensi yang paling kritikal bagi keberhasilan kinerja SDM.

Tools ini bersifat aplikatif, artinya langsung bisa digunakan dalam proses wawancara kerja untuk menseleksi kandidat terbaik.

7. Tabel Salary Grade dan Skala Compensable Factors

Tools ini berisikan skala compensable factors – atau skala faktor penentu besaran gaji yang lazim digunakan dalam proses penentuan job grading. Definisi detail setiap faktor diuraikan, dan kemudian dijelaskan pula definisi untuk setiap skala compensable factors.

Selain itu dalam tools ini terdapat Tabel Salary Grade yang berisikan hasil penilaian job grading berdasar skala compensable factors yang telah disusun.

Skala compensable factors dan tabel salary grade ini sangat powerful untuk digunakan dalam proses penentuan job grading and salary structure.

8. Katalog KPI untuk Beragam Fungsi dalam Organisasi/Perusahaan

Katalog ini memuat beragam KPI (key performance indicators) yang lazim digunakan dalam penilaian kinerja karyawan. Daftar KPI mencakup untuk bidang HRGA, Keuangan, Produksi, Pemasaran, IT, Procurement, Audit, Sales, Maintenance, dan lain-lain.

Dengan katalog ini, Anda langsung bisa menetapkan KPI untuk setiap bagian/departemen yang ada dalam perusahaan Anda, tanpa pusing-pusing lagi merumuskannya.

9. Program Strategis Departemen HRD

Templates ini menyajikan secara riil program HRD yang komprehensif, hasil yang diharapkan dari setiap program, serta timeline pelaksanaannya. Template Program HRD ini benar-benar aplikatif, dan langsung bisa digunakan sebagai acuan bagi Departemen HRD dalam menyusun program jangka pendek dan jangka panjangnya.

10. Template Form Performance Appraisal Berbasis KPI

Template ini berisikan format tabel performance appraisal berbasis KPI. Dalam tabel ini, disajikan secara detil contoh sasaran kinerja untuk posisi Manajer HRD, daftar key performance indicators untuk setiap sasaran kinerja, bobot KPI, dan penulisan angka target. Dalam template ini juga diuraikan cara penilaian skor KPI.

Template ini langsung bisa dipakai untuk menerapkan sistem performance appraisal berbasis KPI.

Jika berminat ingin mendapatkan 10 Powerful HRD Tools and Template diatas, silakan masukan nama dan alamat email Anda dalam form dibawah ini.

Ya, Saya Mau 10 HR Tools & Templates-nya Mas



Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!