Cara Merumuskan Rencana Pelatihan atau Training Plan dengan Optimal

Salah satu bentuk kegiatan yang dirumuskan didalam suatu kegiatan dalam bentuk workshop disebut dengan training plan. Adapun orang-orang yang berkompeten untuk membuat training plan adalah orang-orang yang terlibat dan ikut serta didalam kegiatan training atau pelatihan itu sendiri seperti berbagai macam jenis lembaga dan perusahaan yang terkait.

Tujuannya adalah untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan tambahan ilmu yang belum pernah didapatkan dari bidang yang sudah digeluti selama ini.

Adapun contoh-contoh pelatihan yang diadakan adalah pelatihan seperti pelatihan untuk mengembangkan teknologi komputer, manajemen, dan sebagainya.

Selain itu juga, tujuan dari dari diadakannya training planadalah bentuk promosi darilembaga atau perusahaanagar bisa memberikan penawaran yang berkaitan dengan jadwal atau rencana yang ingin diterapkan untuk memenuhi apa yang dibutuhkan oleh para peserta pelatihan seperti penawaran modul yang bisa diberikan selama acara berlangsung.

Peluang yang bisa dimanfaatkan oleh setiap lembaga atau perusahaan untuk bisa menjaring konsumen atau peserta baru didalam lembaga mereka adalah penggunaan training plan. Lembaga dapat memberikan manfaat dan memaksimalkan penawaran terhadap para konsumen atau peserta dengan baik. Training and development Plan.

Para peserta tentu saja akan tertarik dengan topik atau tema pelatihan yang berbeda dari apa yang ditawarkan selama ini. Oleh karena itu, jika Anda berniat untuk mengetahui bagaimana cara membuat pelatihan yang baik adalah sebagai berikut.

Hal pertama yang harus Anda tentukan adalah menentukan tema atau tujuan utama apa yang ingin disampaikan kepada para peserta. Ini sangat penting karena lembaga atau perusahaan yang menaungi Anda memiliki misi untuk mempromosikan diri melalui pelatihan yang ingin Anda berikan.

Download Kumpulan SOP Lengkap Bagian SDM, Katalog KPI Lengkap Semua Fungsi dan Tabel SALARY GRADE disini

Berfokuslah untuk memberikah pelatihan mengenai topik tertentu yang bisa bermanfaat bagi banyak kalangan seperti pelatihan mengenaikepribadian diri atau melatih skill komputer yang mumpuni misalnya.

Apabila tema yang Anda inginkan sudah ditentukan, maka langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengembangkan tema tersebut dengan cara menawarkan jadwal pelatihan.

Jadwal pelatihan adalah kegiatan untuk mendeskripsikan berbagai penjelasan yang berkaitan dengan salah satu tema yang ingin dibahas seperti tema mengenai manajemen perkantoran misalnya, maka Anda bisa menjelaskan definisi dari manajemen perkantoran, lalu cara-cara apa saja yang bisa dilakukan untuk bisa mengatur waktu dengan baik setiap harinya, dan bagaimana manajemen dikelola berdasarkan pada unsur kepentingan atau unsur-unsur lain yang berkaitan dengannya.

Pastikan juga untuk selalu menyediakan waktu yang efektif selama pelatihan berlangsung sehingga semua penjelasan dan pemaparan yang diberikan didalam pelatihan dapat dipahami secara maksimal oleh para peserta. Berikanlah informasi yang padat, jelas, berisi, dan relevan dengan tema.

Luangkanlah waktu bagi para peserta dan pemateri untuk salimng berinteraksi dengan bertanya dan menjawab pertanyaan sebagai bentuk komunikasi dua arah antara pemateri dan peserta untuk mengetahui apakah peserta sudah mengerti dengan materi yang dijelaskan atau belum; mungkin saja ada beberapa peserta yang menginginkan penjelasan lebih detail.

Jangan lupa juga untuk selalu memerhatikan kualitas dari setiap pemateri yang menyampaikan materi pelatihan kepada para peserta. Gunakan jasa para pemateri yang memang sudah kompeten dibidangnya.

Pelayanan yang Anda berikan kepada para peserta pun menjadi lebih maksimal dan dapat menunjukkan bahwa pelatihan yang diadakan adalah pelatihan yang benar-benar berkualitas dan berbobot. Dari uraian diatas bisa disimpulkan bahwa anda harus mempunyai perencanaan yang cukup matang dan direncanakan jauh-jauh hari, sehingga anda pun bisa mendapatkan hasil maksimal pada setiap trainingyang diberikan kepada para peserta.

Pemberian dari beberapa training juga bisa diberikan sebagai langkah yang bisa ditempuh untuk memperlihatkan apa yang bisa lembaga atau perusahaan berikan kepada para peserta.

17 Materi Presentasi SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop. Download sekarang.

Adapun bentuk penawaran yang bisa Anda berikan adalah dengan cara memberikan pelatihan yang membuat para peserta berminat untuk mengikutinya.

Banyak sekali cara untuk melakukan promosi dari jasa apa yang akan Anda tawarkan, gunakan dengan semaksimal mungkin keberadaan dari media untuk menyebarluaskan berbagai informasi mengenai apa jenis perusahaan atau lembaga yang menaungi Anda saat ini.

Anda dapat menyalurkan keinginan para peserta yang membutuhkan pelatihan yang sedang dibutuhkan oleh masing-masing individu.

Para peserta pun bisa memiliki banyak pengetahuan baru yang mungkin belum pernah didapatkan sebelumnya mengenai segala sesuatu yang tidak berkaitan dengan bidang yang sedang ditekuni saat ini. Sediakan juga souvenir yang menarik bagi para peserta sebagai bentuk apresiasi karena sudah mengikuti pelatihan atau dalam rangka menarik minat dan juga perhatian peserta.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!