Contoh Job Description Manajer SDM atau HRD Manager

Sumber daya manusia seringkali menimbulkan kontradiksi yang berbeda. Pengelolaannya pun tak bisa sembarangan, karena manusia memiliki kinerja yang berbeda dari robot.

Kita memerlukan pendekatan yang jauh lebih dinamis, agar sumber daya manusia bisa berkembang optimal. Tak hanya itu, pekerja pun bisa mencapai target yang kita tetapkan dari awal sehingga tidak merugikan perusahaan. Di samping itu, manajer SDM pun harus mampu membaca kelemahan para pegawai.

Dalam mengatur sumber daya manusia, diperkukan seni atau cara yang bisa diterima setiap orang. Mereka merasa dihargai sebagai pekerja dan Anda pun mampu mengontrol kinerja mereka.

Hal tersebut berbanding lurus dengan hasil pekerjaan yang mereka lakukan. Dengan begini, Anda tak perlu lagi susah payah memberikan teguran atau semacam peringatan. Bagian atau unit yang mengatur sumber daya manusia sendiri di perusahaan dikenal dengan istilah HRD (human resource department).

Manajemen sumber daya manusia bisa dikatakan sebagai tonggak keberhasilan perusahaan. Dimana, para pekerja di dalamnya bertugas mencari, menyaring serta merekrut tenaga berkompeten. Mereka pun nantinya akan menentukan seseorang cocok memegang jabatan apa di dalam sebuah perusahaan. Tentunya dengan mempertimbangkan kemampuan, pengalaman serta pendidikan terakhir yang diampu oleh sang pelamar tersebut.

Posisi yang tepat dengan kriteria yang tepat akan membuat perusahaan atau organisasi berjalan dengan terkendali. Kesalahan dalam memasok tenaga kerja seperti ini akan membuat ketimpangan dalam tanggungjawab perusahaan. Bukan tidak mungkin, penilaian terhadap individu akan memburuk dan merugikan keuangan atau pendapatan perusahaan dan organisasi. Itulah mengapa, sejak awal manajemen HRD dikatakan sebagai tonggak utama keberhasilan sebuah perusahaan.

Sebagai contoh, berikut contoh job description yang akan menjelaskan