Contoh Job Description Manajer SDM atau HRD Manager

Sumber daya manusia seringkali menimbulkan kontradiksi yang berbeda. Pengelolaannya pun tak bisa sembarangan, karena manusia memiliki kinerja yang berbeda dari robot.

Kita memerlukan pendekatan yang jauh lebih dinamis, agar sumber daya manusia bisa berkembang optimal. Tak hanya itu, pekerja pun bisa mencapai target yang kita tetapkan dari awal sehingga tidak merugikan perusahaan. Di samping itu, manajer SDM pun harus mampu membaca kelemahan para pegawai.

Dalam mengatur sumber daya manusia, diperkukan seni atau cara yang bisa diterima setiap orang. Mereka merasa dihargai sebagai pekerja dan Anda pun mampu mengontrol kinerja mereka.

Hal tersebut berbanding lurus dengan hasil pekerjaan yang mereka lakukan. Dengan begini, Anda tak perlu lagi susah payah memberikan teguran atau semacam peringatan. Bagian atau unit yang mengatur sumber daya manusia sendiri di perusahaan dikenal dengan istilah HRD (human resource department).

Manajemen sumber daya manusia bisa dikatakan sebagai tonggak keberhasilan perusahaan. Dimana, para pekerja di dalamnya bertugas mencari, menyaring serta merekrut tenaga berkompeten. Mereka pun nantinya akan menentukan seseorang cocok memegang jabatan apa di dalam sebuah perusahaan. Tentunya dengan mempertimbangkan kemampuan, pengalaman serta pendidikan terakhir yang diampu oleh sang pelamar tersebut.

Posisi yang tepat dengan kriteria yang tepat akan membuat perusahaan atau organisasi berjalan dengan terkendali. Kesalahan dalam memasok tenaga kerja seperti ini akan membuat ketimpangan dalam tanggungjawab perusahaan. Bukan tidak mungkin, penilaian terhadap individu akan memburuk dan merugikan keuangan atau pendapatan perusahaan dan organisasi. Itulah mengapa, sejak awal manajemen HRD dikatakan sebagai tonggak utama keberhasilan sebuah perusahaan.

Sebagai contoh, berikut contoh job description yang akan menjelaskan jabatan manajer HRD di sebuah perusahaan.

Download Kumpulan SOP Lengkap Bagian SDM, Katalog KPI Lengkap Semua Fungsi dan Tabel SALARY GRADE disini

1. Identitas jabatan
Disini, jabatan yang akan diampu adalah human resource manager atau manajer SDM (HRD). Departemen atau divisi yang diampu sudah pasti adalah human resource. Atasannya secara langsung adalah direktur SDM yang menaungi kinerja para karyawan. Sedangkan sebagai bawahan adalah supervisor SDM yang akan membantu sang manajer mengontrol kinerja para staff di sebuah perusahaan.

2. Tujuan jabatan
Sebagai tujuan jabatan, seorang manajer SDM akan mengembangkan atau merencanakan kebijakan dari sistem pengelolaan SDM. Tak berhenti disini, manajer SDM juga harus mampu mengontrol serta mengkoordinasikan pelaksaan manjemen SDM di sebuah perusahaan. Dengan begini, kinerja semua sumber daya manusia bisa dikontrol. Akhirnya sudah bisa dipastikan adalah mencapai target yang telah ditetapkan perusahaan sejak awal.

3. Tanggungjawab
Setidaknya, ada beberapa tanggungjawab yang dipegang oleh seorang manager HRD, yaitu :

• Menyusun strategi ataupun kebijakan dalam pengelolaan SDM yang telah ditetapkan oleh perusahaan, baik itu jangka panjang maupun jangka pendek. Dalam pelaksanannya, tentu saja memperhatikan ketetapan pemerintah dalam melahirkan SDM yang berkompeten, kapabilitas, serta memiliki kinerja yang sesuai dengan visi misi perusahaan.

• Menyusun rencana kerja beserta anggaran dalam pelaksaan kebijakan yang telah ditetapkan oleh manajemen SDM serta memastikan bahwa kinerja SDM meningkat.
• Mengontrol dan mengkoordinasikan seluruh pelaksanaan fungsi SDM di perusahaan guna memastikan semuanya berjalan sesuai strategi, kebijakan dan aturan yang telah ditetapkan perusahaan.

• Mengkoordinasikan serta mengontrol penggunaan anggaran seefektif dan seefisien mungkin dalam menjalankan program kerja.

• Menganalisa serta mempraktekkan prosedur remunerasi dan memastikan bahwa keuangan perusahaan mampu memenuhinya. Tentu saja dengan mempertimbangkan segala hal termasuk perusahaan yang kompetitif serta adil secara internal.

4. Indikator Kinerja Kunci
Indikator kinerja kunci adalah tolak ukur yang dijadikan penilaian nantinya di akhir tahun. Adapun indikator bagi seorang manager HRD antara laian adalah : profit per employee, employee turn over, rata-rata skor kompetensi karyawan, skor kepuasan karyawan, durasi pemenuhan tenaga kerja baru, dan rasio biaya pegawai dibanding total biaya.

17 Materi Presentasi SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop. Download sekarang.

5. Spesifikasi jabatan
Guna mendapatkan manager HRD yang berkompeten, setidaknya perusahaan harus menerapkan kriteria yang masuk akal. Beberapa di antaranya adalah :
• Berpengalaman minimal 2 atau 3 tahun bekerja di perusahaan lain
• Pendidikan minimal adalah S1 di bidang manajemen, hukum ataupun psikologi
• Paham atau menguasai sistem ketenagakerjaan di Indonesia
• Memiliki kemampuan dalam bernegosiasi atau berkomunikasi dengan orang lain

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!