Contoh Materi Training untuk Karyawan Baru

Training pastinya sangat dibutuhkan bagi karyawan baru karena melalui training atau pelatihan, karyawan bisa mengembangkan ketrampilan serta kompetensinya untuk bisa mencapai target kerja yang lebih optimal.

Tentu saja, materi training untuk karyawan baru akan berbeda dengan materi training untuk karyawan yang telah memiliki pengalaman kerja.

Meski sebagian karyawan yang baru bergabung dengan suatu perusahaan telah memiliki pengalaman kerja dari tempatnya bekerja sebelumnya, namun, tentu karyawan tersebut tetap saja perlu memahami prosedur, sistem, ataupun hal-hal lain yang ada di perusahaan barunya.

Pihak manajemen SDM hendaknya bisa mempersiapkan materi training yang efektif bagi para karyawan baru sehingga bisa mencapai tujuan yang ditargetkan.

Bila Anda sedang mencari beberapa contoh materi training untuk karyawan baru yang bisa digunakan sebagai pedoman awal, berikut ini adalah sedikit gambaran tentang pemberian materi training bagi para karyawan baru yang mungkin bisa menjadi inspirasi Anda dalam menyusun materi training.

1. Training tentang Pengenalan Lingkungan Perusahaan

Materi training bagi karyawan yang baru bergabung dengan perusahaan Anda adalah tentang pengenalan lingkungan perusahaan. Materi ini menjadi hal yang cukup penting karena bertujuan untuk membantu para karyawan baru bisa lebih cepat dalam beradaptasi dengan tempatnya bekerja.

Download Kumpulan SOP Lengkap Bagian SDM, Katalog KPI Lengkap Semua Fungsi dan Tabel SALARY GRADE disini

Materi yang mencakup dalam program training pengenalan lingkungan perusahaan bisa mencakup tentang kondisi lingkungan kerja, peraturan perusahaan termasuk jam kerja, serta tentang budaya kerja yang dibangun di perusahaan tersebut.

Semua materi tersebut hendaknya diperkenalkan kepada para karyawan baru sebelum mereka benar-benar terjun ke lapangan untuk bekerja.

Proses pemberian training tersebut bisa dilakukan dengan berbagai metode seperti dengan penyampaian materi di dalam kelas yang dipadukan dengan orientasi di lapangan sehingga materi yang disampaikan akan bisa lebih dipahami oleh peserta training yang dalam hal ini adalah karyawan baru.

2. Training tentang 5R dan K3
Materi training lain yang juga tak kalah penting bagi para karyawan baru adalah materi 5R dan K3. Materi tersebut bisa menjadi bekal bagi para karyawan untuk bisa lancar dalam menyelesaikan pekerjaan secara optimal.

5R merupakan singkatan dari Ringkas, rapi, Resik, Rawat, dan Rajin yang mana ketika karyawan bisa mengaplikasikan hal-hal tersebut dalam lingkungan kerjanya maka kenyamanan serta keamanan kerja pun akan bisa lebih mudah dicapai.

Sedangkan K3 atau Keselamatan Kerja Karyawan juga penting untuk dibekalkan kepada para karyawan baru yang akan bekerja di perusahaan tersebut sehingga para karyawan ini lebih memahami tentang prosedur keselamatan kerja supaya tidak terjadi kecelakaan nantinya ketika mereka sudah bekerja di perusahaan.

3. Training tentang Standar Operational Procedure atau Instruksi Kerja
Materi training untuk karyawan baru yang juga penting untuk dibekalkan adalah tentang instruksi kerja yang berkaitan dengan wilayah jangkauan tugas dan tanggung jawabnya serta pihak-pihak yang berkaitan dengan tugasnya.

Melalui training tersebut diharapkan karyawan bisa lebih memahami urutan kerja yang harus diikuti sehingga hasil kerjanya bisa lebih terkontrol serta terstandar sesuai dengan yang diatur oleh perusahaan.

17 Materi Presentasi SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop. Download sekarang.

4. Training tentang Continuous Improvement
Materi training ini lebih menekankan tentang perbaikan program yang dilakukan oleh perusahaan seperti dengan memberikan ide-ide perbaikan suatu program kerja serta merealisasikan ide tersebut sehingga karyawan bisa mendapatkan reward dari perusahaan.

Melalui training tersebut, karyawan bisa diperkenalkan tentang program serta peraturan yang diberlakukan terkait dengan program yang bersangkutan.

Selain beberapa contoh materi training untuk karyawan baru sebagaimana yang disebut di atas, Anda sebaiknya juga mempersiapkan tentang materi pengembangan atau development yang juga tak kalah penting untuk dilakukan. Beberapa contoh materi development yang dibutuhkan bagi para karyawan baru adalah sebagai berikut:

1. Peningkatan kerja tim
Adanya pemberian tugas-tugas bagi karyawan baru secara sadar atau tidak bisa membantu para karyawan baru untuk bisa lebih mengenal rekan kerjanya baik yang berasal dari tim yang sama ataupun dari luar timnya.

Hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk membantu peningkatan kerja tim. Bagaimanapun dalam perusahaan, kerja tim pastinya menjadi hal yang harus dimiliki karena baik secara langsung atau tidak seluruh karyawan dalam perusahaan memiliki hubungan satu sama lainnya guna mendukung kinerja dan produktivitas perusahaan yang nantinya berguna untuk mencapai target yang ingin dicapai.

2. Peningkatan perencanaan
Untuk bisa membantu meningkatkan perencanaan, bagi karyawan baru terutama bagi mereka yang masih belum memiliki pengalaman kerja bisa dilakukan dengan memberikan penugasan untuk menyusun rencana aktivitas keseharian di kantor sekaligus target kerjanya. Dengan melakukan penugasan tersebut, ini bisa membantu karyawan baru dalam menentukan skala prioritasnya guna mencapai hasil kerja yang lebih optimal nantinya.

3. Peningkatan motivasi kerja
Ketika membicarakan tentang motivasi kerja maka hal ini akan sangat berkaitan dengan lingkungan kerja yang ada di sekitarnya. pada pengembangan tentang motivasi kerja maka Anda sebaiknya bisa melihat tipe orang seperti apa dari karyawan baru Anda tersebut apakah seseorang yang memiliki banyak energi atau justru sebaliknya.

Tentu peningkatan motivasi kerja yang bisa diterapkan kepada setiap karyawan baru akan berbeda sesuai dengan tipe dan karakternya. Salah satu cara peningkatan motivasi kerja adalah dengan pemberian tantangan yang sesuai dengan tahapan dan porsinya. Dengan cara ini, para karyawan baru akan merasakan adanya motivasi kerja yang berangkat dari dalam diri mereka sendiri dan bukan berasal dari keterpaksaan atas apapun.

Inilah mengapa bila Anda memiliki posisi sebagai manajer Sumber Daya Manusia, Anda sebaiknya bisa memahami tentang materi apa yang tepat bagi para karyawan-karyawan yang bekerja di perusahaan Anda termasuk para karyawan baru.

Pemilihan materi training ataupun pengembangan pun hendaknya juga menjadi perhatian. Anda sebaiknya bisa memilih materi training untuk karyawan baru yang memang sesuai dengan kebutuhan serta target dari perusahaan Anda.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!