Contoh SOP (Standard Operating Procedures) dalam Perekrutan Karyawan Baru

SOP (Standard Operating Procedures) merupakan sebuah pedoman atau tahapan baku yang berlaku di dalam sebuah organisasi dengan tujuan untuk memastikan segala keputusan atau tindakan yang dilakukan oleh orang-orang atau para pekerja yang berada di dalam organisasi tersebut telah berjalan semestinya.

SOP bisa juga diartikan sebagai tatacara yang harus dilaksanakan oleh semua pihak yang berada pada sebuah oraganisasi untuk menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu, sehingga tujuan perusahaan pun dapat tercapai. Tercapainya tujuan perusahan tersebut dapat ditentukan berdasarkan indikator kerja yang telah disusun oleh perusahaan tersebut.

Dengan adanya SOP karyawan-karyawan yang bekerja pada sebuah organisasi dapat menjaga kinerjanya secara konsisten dan mengetahui dengan jelas tugas, tanggung jawab serta wewenang yang dimilikinya. Selain itu SOP juga menjadi dasar hukum yang kuat jika suatu saat terjadi hal-hal menyimpang yang dapat merugikan organisasi.

Hal tersebut tentunya sangat bermfaat untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam proses kerja. SOP terdiri dari berbagai macam jenis, diantaranya SOP dengan proses atau tahapan yang sederhana dan ringkas, SOP dengan tahapan-tahapan yang sangat detail dan panjang, serta SOP yang hanya memuat banyak keputusan-keputusan yang berlaku di dalam sebuah perusahaan.

SOP seharusnya memang dibuat secara efektif dan efisien sehingga tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi atau perusahaan dapat tercapai. Jika SOP tersebut tergolong kepada SOP baru maka perlu dilakukan review dalam proses penerapannya selama kurang lebih satu tahun. Proses review tersebut merupakan hal penting yang perlu dilaksanakan karena sistem baru biasanya akan berdampak kepada kinerja perusahaan. Beberapa sistem baru yang diterapkan oleh sebuah perusahaan terkadang akan menimbukan sebuah permasalahan baru yang harus segera diselesaikan.

SOP sendiri sebenarnya berfungsi untuk membuat proses pekerjaan menjadi lebih sederhana dan mudah dipahami oleh para pekerja atau karyawan. Dengan begitu para pekerja dapat melaksanakan pekerjaan yang harus mereka lakukan. SOP dapat diterapkan di berbagai macam bidang dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Salah satu jenis SOP yang banyak digunakan oleh sebuah perusahaan adalah SOP dalam perekrutan karyawan baru.

Download Kumpulan SOP Lengkap Bagian SDM, Katalog KPI Lengkap Semua Fungsi dan Tabel SALARY GRADE disini

Dalam membuat SOP rekruitmen karyawan baru sebuah perusahaan akan melakukan beberapa tahapan yang meliputi penyeleksian, pelatihan, evaluasi, dan hal-hal lain yang menyangkut ke dalam bidang pengembangan sumber daya manusia. Untuk lebih jelasnya, berikut contoh SOP perekrutan karyawan baru di dalam sebuah perusah