Kiat Ampuh untuk Melejitkan Karir Anda sebagai Manajer

Berbicara mengenai pekerjaan dan perusahaan tentunya tidak akan lepas dari yang namanya karir.

Karir sendiri adalah sebuah posisi atau jabatan tertentu dimana seorang karyawan bisa mengembangkan kemampuan, skill, dan kompetensinya untuk dari jenjang yang rendah hingga mencapai jenjang yang paling tinggi.

Bagi perusahaan, karir memiliki peranan penting untuk meningkatkan produktifvitas perusahaan sebab karyawan dengan karir cemerlang biasanya adalah karyawan dengan dedikasi yang paling tinggi terhadap perusahaan.

Bagi karyawan sendiri karir bermakna sebagai sebuah proses yang harus dilalui untuk meningkatkan taraf sosial dan taraf kesejahtaraan mereka.

Karir yang bagus cenderung sejalan dengan meningkatnya pendapatan sehingga kesejahteraan bisa lebih terjamin, selain itu secara sosial karir yang cemerlang akan membuat seseorang lebih dihormati oleh lingkungan sosialnya dan lingkungan di tempat kerjanya.

Namun perkembangan di dunia bisnis yang semakin pesat dan kompetitif membuat seseorang harus mau secara aktif mengembangkan diri atau mereka akan kehilangan karier mereka. Karena tingginya tuntutan dan ketatnya persaingan, seorang karyawan akan membutuhkan manajemen karir untuk membantu mereka agar lebih siap dalam menghadapi tantangan jaman serta mempersiapkan karyawan agar bisa bersaing di dunia kerja.

Lalu siapa yang harus merencanakan karir seseorang? Secara umum, perencanaan karir biasanya dimulai dari diri sendiri. Biasanya individu akan memilih jenis pendidikan yang mereka sukai agar nantinya bisa berkarir di bidang yang menjadi kegemaran mereka.

Download Kumpulan SOP Lengkap Bagian SDM, Katalog KPI Lengkap Semua Fungsi dan Tabel SALARY GRADE disini

Di tempat kerja, proses pengembangan manajemen karir seorang karyawan nantinya akan dibantu oleh pihak perusahaan dan seorang manajer. Perusahaan dan manajer akan berusaha membantu proses perencanaan karir seorang karyawan misalnya dengan memilihkan posisi yang sesuai.

Pihak perusahaan dan manajer juga akan membantu dalam mengarahkan seorang karyawan sehingga mereka bisa menjalankan pekerjaannya dengan baik. Yang terakhir, perusahaan akan membantu karyawan untuk mengembangkan karirnya dengan memberikan berbagai macam pelatihan yang berguna untuk menambah kemampuan, metalitas, serta kompetensi karyawan.

1. Peranan Karyawan Dalam Mengembangkan Karirnya
Sudah jelas bahwa setiap orang bertanggung jawab penuh terhadap pilihan dan pengembangan karirnya masing – masing. Sebagai seorang karyawan, seorang individu harus memahami dengan baik bahwa peningkatan karir mereka tidak bisa hanya dengan mengandalkan kemurahan hati perusahaan. Karyawan itu sendiri yang harus memiliki kemauan untuk mengembangkan diri dan jeli dalam melihat kesempatan dan peluang yang ada.

Bagi Anda para karyawan yang sedang berusaha untuk meningkatkan karirnya, berikut ini ada beberapa tips manajemen karir yang bisa Anda praktekkan:

• Tidak mungkin seseorang bisa pintar tanpa adanya guru. Oleh sebab itu jika Anda benar – benar ingin meningkatkan kesuksesan karir, carilah mentor yang sudah berpengalaman dan lebih ahli dalam sebuah bidang.

Para mentor ini bisa dengan mudah Anda temukan di perusahaan tempat Anda bekerja. Mentor ini biasanya adalah para senior yang sudah memiliki banyak sekali pengalaman di bidangnya. Jalin hubungan baik dengan para senior Anda di perusahaan tempat bekerja dan jadikan mereka sebagai guru Anda. Mentor bisa berperan dalam memberikan saran, memberikan nasehat yang berguna, berperan sebagai narasumber, dan berperan sebagai kritikus atas hasil kerja Anda.

• Ikutilah berbagai pelatihan pengembangan karir yang sudah disediakan oleh perusahaan. Perusahaan biasanya akan membantu karyawan dalam mengembangkan karirnya dengan menyediakan berbagai macam pelatihan dan training tertentu.

Anda harus proaktif dan memiliki inisiatif untuk menjalankan training dengan baik sehingga ada manfaat yang bisa Anda peroleh setelah proses pelatihan selesai.

17 Materi Presentasi SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop. Download sekarang.

Disamping training yang disediakan oleh perusahaan, Anda juga bisa secara aktif mencari ilmu sendiri melalui buku, diskusi dengan teman kerja, melalui pelatihan – pelatihan mandiri, dan lain sebagainya. Intinya adalah Anda harus aktif dan semangat dalam menggali pengetahuan baru yang berhubungan dengan pekerjaan Anda.

• Membangun network atau jaringan sosial sangat penting bagi perkembangan karir seseorang. Anda bisa membangun network yang luas dan baik dengan rekan kerja di perusahaan sendiri atau membangun jaringan yang lebih luas dengan orang – orang dari perusahaan lain.

Membangun network bisa dilakukan dengan mau secara aktif dalam proyek – proyek yang dilakukan oleh perusahaan, mau memahami alur bisnis perusahaan, mau berkenalan dengan banyak orang dan menjadikan mereka sebagai tempat berkonsultasi mengenai perkembangan karir Anda, serta membangun hubungan yang sehat dan baik dengan semua rekan kerja.

2. Peranan Perusahaan Dalam Mengembangkan Karir Karyawannya

Perusahaan juga bisa perperan aktif dalam melakukan manajemen karir dengan menerapkan beberapa hal seperti:

• Melakukan sinergi antara strategi bisnis dengan manajemen atau perencanaan tenaga kerja.
• Memposisikan karyawan di sebuah jabatan yang sesuai dengan minat, bakat, serta kompetensinya.
• Mempertahankan karyawan dengan prestasi kerja yang baik dan memiliki potensi tinggi untuk tetap bekerja di perusahaan tersebut.
• Membantu karyawan dalam mengembangkan diri dan mengembangkan karirnya dengan menfasilitasi berbagai pelatihan dan training.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!