Menyusun Sistem Comben atau Compensation and Benefit yang Andal

Di dalam suatu perusahaan, karyawan merupakan salah satu asset yang sangat berharga karena karyawan merupakan sumber daya manusia yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk memajukan dan mengembangkan perusahaan tersebut.

Jika tidak ada karyawan tentu saja nantinya perusahaan tidak akan maju dan berjalan dengan lancar.

Oleh karena itu sebuah perusahaan sangat perlu untuk memperhatikan karyawannya dengan memberikan beberapa compensation and benefit kepada karyawan.

Dengan demikian tentu saja kinerja dari karyawan tersebut akan menjadi lebih baik dan semakin baik sehingga nantinya juga akan menguntungkan perusahaan itu sendiri.

Kompensasi sendiri pada dasarnya adalah semua pendapatan yang mana berbentuk uang atau barang secara langsung maupun tidak langsung yang nantinya akan diterima oleh karyawan sebagai imbalan atas jasa yang diberikan oleh karyawan tersebut untuk perusahaan.

Begitupun dengan begitupun dengan benefit, benefit sendiri merupakan keuntungan yang ditujukan kepada karyawan yang mana memiliki kinerja yang bagus dan juga dapat menguntungkan perusahaan. Benefit sendiri bisa berbentuk uang, jabatan atau yang lainnya.

Penentuan jenis kompensasi dan juga benefit itu sendiri tergantung dari kebijakan perusahaan tersebut. Untuk beberapa jenis dari compensation and benefit kepada karyawan sendiri bisa berupa upah / gaji, kemudian juga insentif, tunjangan atau beberapa fasilitas lain.

Download Kumpulan SOP Lengkap Bagian SDM, Katalog KPI Lengkap Semua Fungsi dan Tabel SALARY GRADE disini

Untuk lebih jelasnya, maka kali ini kita akan membahas mengenai jenis – jenis dan juga tujuan pemberian kompensasi dan juga benefit itu sendiri.

Jika terminology dari compensation and benefit kepada karyawan adalah upah yang merupakan upah dari pekerjaan yang dilakukan baik secara harian, mingguan maupun bulanan. Kemudian juga insentif yang mena merupakan tambahan dari gaji / di luar gaji yang diberikan oleh perusahaan.

Lalu tunjangan seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, liburan maupun biaya yang ditanggung oleh perusahaan dan juga fasilitas seperti mobil perusahaan, rumah dinas dan juga yang lainnya.

Maka untuk beberapa jenis dari compensation and benefit kepada karyawan adalah sebagai berikut:

1. Yang pertama adalah kompensasi dan benefit financial secara langsung yang berbentuk gaji pokok, kemudian juga prestasi, insentif dan juga bayaran tangguh. Dalam artian beberapa keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan ini diberikan oleh karyawan secara langsung yang mana berupa keuangan dan berbentuk uang.

2. Kemudian yang kedua adalah kompensasi dan benefit secara tidak langsung yang mana diberikan kepada karyawan secara tidak langsung, sebagai contohnya bisa berupa program – program asuransi seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, selain itu bayaran di luar dari jam kerja, selain itu juga ada beberapa fasilitas seperti kendaraan dari perusahaan, tempat parkir sampai dengan rumah dinas dari perusahaan.

3. Dan yang ketiga adalah kompensasi dan benefit yang bukan berupa financial seperti pekerjaan yang memang menarik, memiliki tantangan, memiliki tanggung jawab atau bisa juga lingkungan kerha yang mana terdiri dari kebijakan – kebijakan yang kompeten, lingkungan kerja yang nyaman dan yang lainnya.

Selain itu beberapa informasi mengenai apa saja tujuan dari pemberian compensation and benefit kepada karyawan juga sangat perlu untuk diketahui dan dimengerti. Lalu apa saja tujuannya?

17 Materi Presentasi SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop. Download sekarang.

Tujuan dari pemberian kompensasi dan benefit itu sendiri pada dasarnya adalah untuk menghargai kerja keras dan juga prestasi dari karyawan itu sendiri, kemudian juga menjamun keadilan dari gaji karyawan tersebut, selain itu juga untuk mempertahankan karyawan yang memang memiliki potensi yang sangat baik, lalu membuat karyawan agar semakin bersemangat untuk memajukan perusahaan dan bekerja dengan lebih baik lagi, selain itu juga untuk mengendalikan biaya serta memenuhi semua peraturan yang diterapkan di dalam suatu perusahaan.

Dengan adanya sistem pemberian compensation and benefit kepada karyawan tentu saja nantinya karyawan akan lebih betah dan juga bersemangat untuk bekerja dengan baik, hal tersebut karena kompensasi dan benefit itu sendiri nantinya yang akan menjaga penyemangat dari karyawan itu sendiri.

Setiap orang tentu saja akan menjadi lebih bersemangat jika ada suatu mood booster, dan kompensasi serta benefit itu sendiri yang nantinya akan menjadi mood booster untuk para karyawan tersebut. Sehingga dengan demikian nantinya karyawan akan dapat bekerja dengan baik dan perusahaan juga akan diuntungkan karenanya.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!