Software atau Aplikasi Balanced Scorecard dan KPI

Perkembangan dunia bisnis saat ini semakin kompetitif, sehingga terjadi persaingan yang begitu ketat antar pelaku bisnis. Hal ini juga memicu terjadinya perubahan dalam hal lain, seperti produksi, pengelolaan Sumber Daya Manusia, pemasaran, dan sebagainya.

Dengan adanya perubahan ini, maka manajemen harus menguji kembali pedoman yang selama ini menjadi pegangan agar bisa bertahan dan terus mengembangkan perusahaan di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat ini. Salah satu langkah yang bisa dilakukan oleh manajemen adalah dengan pengukuran atau penilaian suatu kinerja.

Pengukuran kinerja pada suatu organisasi atau perusahaan merupakan hal yang sangat penting. Pengukuran kinerja yang baik akan memberikan informasi keadaan bisnis perusahaan. Dan alat terbaik untuk mengukur kinerja perusahaan adalah Balance Scorecard.

Apa itu Balance Scorecard
Balanced Scorecard adalah kerangka kerja organisasi untuk mengelola strategi di semua tingkat perusahaan dengan menghubungkan tujuan, inisiatif, dan langkah-langkah dengan strategi organisasi. Scorecard memberikan pandangan perusahaan tentang kinerja keseluruhan organisasi.

Umumnya balance scorecard mengintegrasikan perspektif keuangan dengan indikator kinerja perusahaan yang berkaitan dengan prespektif pelanggan, pertumbuhan organisasi, inovasi, proses bisnis internal dan sebagainya. Balance Scorecard juga bisa dikatakan sebagai cara mengukur apakah aktivitas operasional perusahaan dalam skala kecil sejalan dengan tujuan perusahaan yang lebih besar dalam hal visi dan strategi.

Mempertahankan Kartu Skor
Premis Balanced Scorecard adalah untuk menyediakan kerangka kerja berkelanjutan yang sedang dikomunikasikan kepada organisasi. Kartu skor harus berkelanjutan dan mudah diluncurkan. Kartu Skor harus memanfaatkan teknologi untuk menyediakan tautan otomatis ke tindakan, teks, dan inisiatif. Pada akhirnya, scorecard harus menjadi bagian dari budaya organisasi dan pengalaman kerja karyawan. Sistem penyebaran berbasis web yang mudah digunakan akan memungkinkan peluncuran kartu skor yang cepat dan berkelanjutan.

Budaya dan Koneksi
Setelah scorecard dikembangkan, penting untuk mengalirkannya ke dalam organisasi. Ini akan membantu menghubungkan kelompok dan individu dengan strategi. Hal ini penting karena setiap orang perlu memahami hubungan sebab dan akibat dari kinerja keseluruhan organisasi. Tujuannya adalah untuk menerjemahkan strategi ke dalam “percakapan sehari-hari” karyawan dan mengidentifikasi ukuran keberhasilan yang terkait dengan arah strategis perusahaan secara menyeluruh. Saat karyawan atau personil perusahaan saling terhubung, maka budaya organisasi berubah menjadi fokus strategi.

Download Kumpulan SOP Lengkap Bagian SDM, Katalog KPI Lengkap Semua Fungsi dan Tabel SALARY GRADE disini

Menggunakan produk perangkat lunak akan memungkinkan setiap orang dalam organisasi untuk memahami dengan jelas hubungan sebab-akibat, sehingga mereka dapat menjalankan strategi, menyelaraskan organisasi dengan strategi, dan menyediakan pengukuran serta mekanisme umpan balik berkelanjutan, hingga tercapai strategi yang diinginkan.

Karena pentingnya hal itu, banyak program perangkat lunak balanced scorecard telah dikembangkan. Di mana software balanced scorecard akan memberikan data-data yang dibutuhkan perusahaan, sehingga orang-orang di perusahaan dapat memiliki gagasan apakah kinerja mereka saat ini mencapai target yang diinginkan semua orang.

Tips Memilih Software Balance Scorecard dan KPI
Ada banyak program perangkat lunak berbeda yang tersedia di pasar. Sebelum Anda memilih satu untuk digunakan, penting bagi Anda untuk memeriksa beberapa ulasan atau review orang-orang yang sudah membeli produk tersebut. Dengan melakukannya, Anda dapat menentukan bahwa perangkat lunak yang akan Anda dapatkan dilengkapi dengan fitur yang Anda butuhkan.

Selain itu, Anda harus ingat bahwa tidak ada dua program perangkat lunak balanced scorecard yang serupa. Jika ada, lalu apa gunanya mencari program lain untuk dipilih? Walaupun mereka mungkin memiliki fitur serupa, akan selalu ada beberapa program yang jauh lebih baik daripada yang lain. Pada saat yang sama, ada faktor biaya. Anda harus ingat bahwa perangkat lunak yang digunakan pesaing Anda mungkin tidak cocok untuk perusahaan Anda. Akibatnya, praktik relativitas harus diterapkan.

Alasan mengapa Anda harus memilih program perangkat lunak yang berisi fitur yang dibutuhkan bisnis Anda adalah agar Anda tidak membuang waktu untuk mendapatkan program lain. Tentunya, akan ada beberapa hal yang perlu Anda sesuaikan agar sesuai dengan perusahaan Anda. Faktor lain yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih perangkat lunak adalah dukungan teknisnya. Sebab Anda pasti akan menemukan beberapa masalah dalam perangkat lunak untuk ditangani.

Nah, ketika memilih software Balance Scorecard ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan, yaitu:

1. Pilih yang mudah digunakan
Pilihlah Software atau aplikasi Balance Scorcard yang mudah digunakan. Selain mudah digunakan, juga cari produk di mana data dapat dimasukkan melalui antarmuka web, diunggah dari file CSV, atau otomatis dengan koneksi database. Produk harus mudah digunakan seperti menjelajahi halaman web atau berbelanja online.

2. Peta Strategi
Kunci dari Balanced Scorecard yang baik adalah peta strategi. Setiap produk yang dipilih harus memiliki kemampuan untuk membuat peta strategi. Peta strategi sering dimulai sebagai kanvas kosong yang Anda tambahkan gambar, bentuk, teks, dan angka untuk membuat representasi visual dari data Anda. Namun, begitu Anda membuat peta strategi, warna dan angka diperbarui secara otomatis berdasarkan data nyata di sistem Anda. Peta strategi juga dapat digunakan untuk melacak metrik, memvisualisasikan data geografis, dan memantau tren.

17 Materi Presentasi SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop. Download sekarang.

3. Kartu Skor Bertingkat
Peluncuran Balanced Scorecard di seluruh organisasi membutuhkan beberapa kartu skor berjenjang. Cari produk yang memungkinkan kartu penilaian berjenjang tak terbatas. Organisasi harus dapat menelusuri ke sub-kartu penilaian atau pandangan individu. Seluruh organisasi harus dapat menyatukan informasi dari berbagai kartu skor, hingga kartu skor terus meningkat ke jenjang yang lebih tinggi.

4. Komunikasi
Cari produk yang memungkinkan pengguna memberikan komentar pada setiap tingkat kartu skor. Jika memungkinkan komentar dibuat menjadi dua bagian, yaitu komentar yang bersifat umum atau periode khusus.

5. Penilaian dan Pembobotan Otomatis
Software scorecard harus memungkinkan penilaian dan pembobotan otomatis yang struktur. Bangun struktur Anda, tentukan bobotnya, masukkan nilai ukuran, dan saksikan kartu skor Anda.

6. Integasi dengan Software atau Aplikasi Desktop Lainnya
Software Balance Scorecard harus memungkinkan pengguna untuk mengekspor grafik, laporan, dan kartu skor ke aplikasi desktop seperti Adobe Acrobat, Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint.

7. Buku Pengarahan
Alat ini harus membuat buku pengarahan online untuk mengkonsolidasikan data baik kepada manajemen, grup, atau pengguna. Buku ini harus dengan mudah dilihat secara online atau diekspor ke Adobe Acrobat, Microsoft PowerPoint, Word, atau Excel.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba sebelum memilih software balanced scorecard yang dapat kami bagikan.

Tip penting lainnya, sebelum membeli software tersebut, usahakan untuk mencoba versi tria atau betanya. Dengan mencoba versi beta maka Anda akan mengetahui fitur-fitur yang ada di software tersebut, dan apakah fitur tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak. Hal ini penting agar Anda tidak merasa kecewa setelah membelinya. Penting juga diperhatikan agar berhasil, kerangka kerja Balanced Scorecard harus secara bertahap diintegrasikan ke dalam proses bisnis yang ada, seperti siklus perencanaan strategis, proses penganggaran, dan tinjauan bisnis bulanan

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!