Pengembangan Manajer Baru dengan Pelatihan Manajemen SDM di Surabaya

Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia. Seperti halnya Jakarta, di Kota Pahlawan juga banyak berdiri perusahaan – perusahaan kecil maupun besar. oleh sebab itu, tidaklah mengherankan apabila kota ini menjadi salah satu barometer kemajuan investasi dan bisnis di Indonesia.

Satu hal yang patut disayangkan adalah, meski banyak berdiri perusahaan berskala kecil, menengah maupun besar, namun kesadaran akan pentingnya mengadakan pelatihan manajemen Sumber daya Manusia masih terbilang cukup rendah. Bagaimana tidak, masih sedikit sekali perusahaan maupun instansi yang melaksanakan program pelatihan manajemen SDM di Surabaya.

Padahal, apabila dikaji lebih mendalam, pelatihan manajemen Sumber Daya Manusia sangatlah penting bagi kelangsungan perusahaan maupun instansi yang melaksanakannya. Dengan mengikuti atau mengadakan pelatihan, maka manajer baru maupun karyawan akan mengetahui apa saja tugas maupun tanggungjawab yang harus diemban dan dilaksanakan. Bukan hanya itu, pelatihan manajemen sumber daya manusia juga akan membangun loyalitas karyawan terhadap perusahaan tempat mereka bekerja.

Untuk para manajer baru, yang bidang tugasnya berkaitan dengan banyak unit lain di dalam instansi atau perusahaan tempat dirinya bekerja, mengikuti pelatihan manajemen sumber daya manusia akan membantunya mengelai fungsi serta tugas unit – unit tersebut. tidak sedikit perusahaan besar, termasuk yang ada di Surabaya, mengharuskan para manajer untuk mengikuti program hands-on training di beberapa unit yang berkaitan dengan tugas atau bidang mereka. Ini merupakan satu pengalaman yang amat sangat penting mengngat di dalam tugasnya kelak, seorang manajer akan berhubungan atau membangun hubungan baik dengan unit – unit tersebut sehingga dirinya harus memahami atau menguasai pola kerjanya sedetail mungkin.

Proses hands-on training ini bisa berlangsung cukup lama, bahkan bisa mencapai satu tahun. Dalam jangka waktu tersebut, trainee yang notabene merupakan calon pemangku jabatan eselon manajemen akan berinteraksi dengan banyak sekali pihak, termasuk dengan kalangan penyelia, pelaksana, manajer lain dan bahkan tidak jarang harus berhubungan atau berinteraksi dengan pimpinan perusahaan secara langsung. Momen bersosialisasi tersebut seringkali menjadi faktor yang berperan penting di dalam kemajuan karier sang calon manajer.

Selain itu, program pelatihan manajemen SDM dalam bidang komunikasi, organisasi dan berbagai bidang lain yang akan turut menunjang kemampuan maupun keterampilan manajemen akan menjadi satu masukan berharga bagi seorang calon manajer. Terlebih, jika materi pelatihan manajemen SDM diberikan oleh para praktisi yang berpengalaman yang sangat menguasai seluk beluk serta iklim kerja perusahaan.

Memang harus diakui bahwa untuk mengadakan dan memberikan pelatihan manajemen sumber daya manusia tidaklah murah dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Meski demikian, program pelatiah tersebut haruslah dipandang sebagai sebuah investasi perusahaan agar nantinya memiliki jajaran manajer yang memang terampil dan professional yang memiliki wawasan yang sejalan dengan apa yang dicita – citakan maupun falsafah yang diusung oleh perusahaan.

Download Kumpulan SOP Lengkap Bagian SDM, Katalog KPI Lengkap Semua Fungsi dan Tabel SALARY GRADE disini

Jika dilihat dari sudut pandang si calon manajer, adanya program pelatihan manajemen SDM merupakan sebuah penghargaan yang spesial. Program tersebut sekaligus akan membantunya untuk memperkaya pengetahuan sekaligus kemampuan yang dia miliki yang pada gilirannya nanti akan dapat berperan besar di dalam menumbuhkan loyalitasnya kepada perusahaan tempat dia bekerja.

Jika diibaratkan seorang bayi yang baru lahir, maka pada masa enam bulan pertama menjadi seorang karyawan merupakan masa – masa yang dianggap kritis yang akan menentukan pendangan serta sikap yang dimilikinya terhadap perusahaan ataupun bidang pekerjaannya. Oleh karena itu, si calon manajer harus mendapat perlakuan yang baik, penghargaan sekaligus penanaman loyalitas agar nantinya dirinya memang mampu membantu perusahaan untuk berkembang.

Membangun Loyalitas dengan Pelatihan SDM

Untuk karyawan baru yang sedang dipersiapkan untuk duduk di kursi manajer, tentunya ada harapan dalam hatinya agar diberi kesempatan untuk menunjukkan kemampuan yang dia miliki. Merupakan sebuah blunder besar apabila seorang manajer yang baru yang belum mengetahui seluk beluk perusahaan, langsung dihadapkan dengan berbagai permasalahan kompleks. Setiap karyawan baru, termasuk calon manajer, haruslah diberi tuntunan di dalam orientasi pekerjaan yang akan dia geluti. Ia juga butuh kesempatan untuk menunjukkan segala kemampuan yang dia miliki.

Setelah program pelatihan selesai, si calon manajer juga hendaknya diajak atau dilibatkan di dalam penyelesaian permasalahan yang tergolong penting. Ini adalah suatu cara agar dirinya mampu memberikan sumbangsih dalam rangka pemecahan masalah. Si manajer baru juga akan merasa lebih dihargai apabila usul atau pendapatnya di dalam penyelesaian masalah tersebut diterima. Namun hal itu bukan satu syarat mutlak karena bagaimanapun segala sesuatu harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada.

Dengan berdasarkan atas uraian di atas, maka hendaknya setiap perusahaan yang ada di Surabaya mengetahui pentingnya melaksanakan program pelatihan manajemen SDM. Meskipun membutuhkan biaya dan waktu yang terbilang tidak sedikit, namun pelatihan SDM sudah terbukti mampu menghasilkan manajer – manajer yang handal dan professional. para manajer tersebut juga selalu menunjukkan sikap loyal terhadap perusahaan, meski tanpa embel – embel bonus besar atau kenaikan gaji.

Sekali lagi, untuk bisa melaksanakan program pelatihan manajemen SDM di Surabaya, anda butuh penyedia jasa pelatihan yang tepat. Meski ada banyak sekali iklan yang menawarkan jasa pelatihan, namun jangan gegabah dalam memilih. Jangan hanya berpatokan kepada harga yang ditawarkan karena bagaimanapun kualitas yang mereka miliki adalah yang paling peting. Pastikan bahwa penyedia jasa pelatihan memang sudah berpengalaman dan diampu oleh orang – orang yang professional. Tidak ada salahnya untuk mencoba membandingkan antar beberapa perusahaan penyedia jasa pelatihan.

17 Materi Presentasi SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop. Download sekarang.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!