Pengembangan Manajer Baru dengan Pelatihan Manajemen SDM di Surabaya

Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia. Seperti halnya Jakarta, di Kota Pahlawan juga banyak berdiri perusahaan – perusahaan kecil maupun besar. oleh sebab itu, tidaklah mengherankan apabila kota ini menjadi salah satu barometer kemajuan investasi dan bisnis di Indonesia.

Satu hal yang patut disayangkan adalah, meski banyak berdiri perusahaan berskala kecil, menengah maupun besar, namun kesadaran akan pentingnya mengadakan pelatihan manajemen Sumber daya Manusia masih terbilang cukup rendah. Bagaimana tidak, masih sedikit sekali perusahaan maupun instansi yang melaksanakan program pelatihan manajemen SDM di Surabaya.

Padahal, apabila dikaji lebih mendalam, pelatihan manajemen Sumber Daya Manusia sangatlah penting bagi kelangsungan perusahaan maupun instansi yang melaksanakannya. Dengan mengikuti atau mengadakan pelatihan, maka manajer baru maupun karyawan akan mengetahui apa saja tugas maupun tanggungjawab yang harus diemban dan dilaksanakan. Bukan hanya itu, pelatihan manajemen sumber daya manusia juga akan membangun loyalitas karyawan terhadap perusahaan tempat mereka bekerja.

Untuk para manajer baru, yang bidang tugasnya berkaitan dengan banyak unit lain di dalam instansi atau perusahaan tempat dirinya bekerja, mengikuti pelatihan manajemen sumber daya manusia akan membantunya mengelai fungsi serta tugas unit – unit tersebut. tidak sedikit perusahaan besar, termasuk yang ada di Surabaya, mengharuskan para manajer untuk mengikuti program hands-on training di beberapa unit yang berkaitan dengan tugas atau bidang mereka. Ini merupakan satu pengalaman yang amat sangat penting mengngat di dalam tugasnya kelak, seorang manajer akan berhubungan atau membangun hubungan baik dengan unit – unit tersebut sehingga dirinya harus memahami atau menguasai pola kerjanya sedetail mungkin.

Proses hands-on training ini bisa berlangsung cukup lama, bahkan bisa mencapai satu tahun. Dalam jangka waktu tersebut, trainee yang notabene merupakan calon pemangku jabatan eselon manajemen akan berinteraksi dengan banyak sekali pihak, termasuk dengan kalangan penyelia, pelaksana, manajer lain dan bahkan tidak jarang harus