Strategi untuk Menerapkan Sistem HRIS atau Human Resource Information System secara Optimal

Cara menerapkan HRIS ( Human Resource Information System) merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam sebuah perusahaan, terutama untuk perusahaan yang sudah besar. Karena berfungsi untuk meningkatkan kualitas dari kinerja karyawan serta membangun sebuah integritas yang tinggi, baik untuk karyawan itu sendiri maupun untuk calon karyawan.

Karena HRIS sendiri bisa dibilang sangat penting untuk diperhatikan, maka pada kita akan membahas mengenai bagaimana caranya untuk bisa menerapkan HRIS itu sendiri di dalam sebuah sumber daya manusia agar lebih maksimal dan juga memiliki kinerja yang berkualitas. Namun sebelum membahas mengenai hal tersebut, kita akan membahas mengenai HRIS secara umum terlebih dahulu.

HRIS sendiri merupakan singkatan dari Human Resource Information System yang mana sangat dibutuhkan oleh sumber daya manusia agar dapat meningkatkan kualitasnya. Peminat dari HRIS sendiri memang tidak banyak tetapi peranan HRIS sangat penting dan ikut serta dalam menentukan kemajuan dan kesuksesan dari sebuah perusahaan.

Di dalam sebuah perusahaan sendiri HRIS memiliki fungsi untuk membantu mengorganisasikan data agar lebih baik karena di setiap perusahaan tentu saja semua administrasi harus benar dan tepat. kemudian juga membantu untuk menjaga rahasia perusahaan terutama untuk data – data yang penting.

Selain itu juga membantu untuk menjamin kelangsungan hidup dari sebuah perusahaan. Kemudian membantu untuk mendidik dan memberikan pelatihan selama kepegawaian seseorang untuk meningkatkan kualitas kinerja. HRIS juga membantu untuk penerimaan karyawan baru serta SDM selalu mengikuti semua peraturan dari pemerintah dan menentukan kebijakan yang sesuai dengan perusahaan namun juga sesuai dengan pemerintah.

Namun sebelum menerapkan HRIS tentu saja membutuhkan beberapa persiapan terlebih dahulu. Dan beberapa hal tersebut adalah adanya sistem komputerisasi yang mana terhubung secara terpadu, hal tersebut bertujuan untuk mempermudah pengaksesan namun tetap tidak bisa diakses oleh sembarang orang. Kemudian juga dijalankan oleh sumber daya manusia yang sudah berkualitas karena tidak semua orang bisa dalam posisi ini dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tips Menerapkan HRIS
Pada dasarnya untuk penerapan HRIS sendiri bisa dibilang cukup sederhana, hanya saja memang perlu untuk dipelajari terlebih dahulu agar mendapatkan pemahaman yang lebih. Beberapa hal dasar yang penting dalam menerapkan HRIS sendiri adalah sebagai berikut:

Download Kumpulan SOP Lengkap Bagian SDM, Katalog KPI Lengkap Semua Fungsi dan Tabel SALARY GRADE disini

1. Yang pertama tentu saja harus mempersiapkan sumber daya manusianya terlebih dahulu, SDM sendiri merupakan salah satu yang terpenting untuk dipersiapkan karena semua kebutuhan dan juga kunci utama dalam sebuah perusahaan. Jika tidak terdapat sumber daya manusia tentu saja semua kegiatan di dalam sebuah perusahaan tidak akan berjalan.

2. Kemudian yang kedua adalah penerapan sistem dan teknologi yang mumpuni serta menunjang semua kegiatan di dalam sebuah perusahaan. Setiap sumber daya manusia tentu saja membutuhkan perlengkapan yang menunjang semua kegiatannya, mulai dari kecil sampai dengan besar seperti belajar dan yang lainnya

3. Jika sumber daya manusia tersebut sudah terlatih untuk menggunakan HRIS, maka semua data yang dibutuhkan dan menjadi rahasia perusahaan akan dapat terjaga dengan baik. Oleh karena itu sumber daya manusia harus menyiapkan beberapa hal seperti perencanaan, penyususnan dan pemrosesan data dari dalam sebuah perusahaan.

4. Selain itu teknologi sangat penting untuk diperhatikan, sehingga kualitas dari teknologi seperti komputer sebaiknya menunjang dan memiliki kualitas yang baik agar nantinya tidak mengganggu aktivitas di dalam perusahaan.

Aplikasi HRIS
Untuk menerapkan HRIS sendiri selain dengan beberapa tips tersebut juga membutuhkan aplikasi yang digunakan, adapun beberapa aplikasi yang digunakan adalah sebagai berikut:

1. Yang pertama adalah employee database management yang merupakan sebuah perangkat program dari komputer dan mengendalikannya mulai dari pembuatan, pemeliharaan sampai dengan penggunaan databasenya.

Dan hal ini juga menimbulkan kemungkinan untuk organisasi bisa menempatkan kontrol terhadap pembangunan database yang ada di tangan administrator database dan juga spesialis yang lainnya. Dan hal ini juga memungkinkan program aplikasi user nantinya akan berbeda namun tetap mudah untuk diakses.

2. Kemudian yang kedua adalah performance management yang mana performa dari teknologi harus terjaga dengan baik agar nantinya tidak ada kekeliruan.

17 Materi Presentasi SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop. Download sekarang.

3. Selain itu juga recruitment database integrated system yang mana menjadi suatu proses untuk bisa mendapatkan calon karyawan yag mana memiliki kemampuan dan juga berkualitas untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas dan dibutuhkan oleh perusahaan.

Di dalam masing – masing perusahaan memang berbeda sehingga tergantung dari masing – masing perusahaan. Tetapi meskipun masing – masing proses dari sebuah perusahaan berbeda, akses dari HRIS ini juga cukup mudah karena nantinya dapat disesuaikan dengan proses yang digunakan oleh sebuah perusahaan itu sendiri.

4. Lalu yang keempat talent management integrated system yang mana mengembangkan invidu dan juga organisasi serta menjawab sebuah perusahaan yang mana organisasinya mendukung dalam cara menerapkan HRIS ( Human Resource Information System ).

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!