Cara Memilih Konsultan Manajemen SDM dengan Tepat dan Profesional

Pembahasan kita sekarang masuk pada konsultan manajemen SDM. Sebelum jauh memilih konsultan manajemen SDM yang profesional, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu konsultan.

Konsultan adalah jasa atau layanan penasehat yang independen dan profesional yang membantu suatu tugas manajer atau organisasi untuk mencapai maksud dan tujuan organisasi melalui solusi pada masalah manajemen dan bisnis, identifikasi & pengukuran peluang baru, pembelajaran dan implementasi perubahan.

Menurut Sally Garrant, konsultan adalah seseorang tempat orang lain dalam meminta saran, mencari pedoman, meminta keterangan atau informasi. Dalam hal ini seseorang tersebut berada diluar kelompok kerja atau organisasi, seseorang yang akan bekerjasama dan mendiskusikan berbagai macam isu yang berkaitan dengan bisnis.

Setelah mengetahui arti dari konsultan, kita juga harus mengetahui arti dari konsultan manajemennya. Salah satu peluang dari lingkungan eksternal perusahaan untuk dapat menjadi alternatif untuk bangkit dari keterpurukan maupun pengembangan bisnis merupakan definisi dari konsultan manajemen.

Banyak perusahaan yang sedang tumbuh dan berkembang harus siap untuk menyongsong era persaingan yang diperkirakan makin ketat dan membutuhkan banyak sentuhan dari berbagai bidang manajemen. Seorang konsultan harus mampu memberikan value added terbaik untuk klien.

Di dalam memberikan value added modal pengalaman saja tidak cukup, tetapi diperlukan pula kompetensi yang memadai. Sehingga konsultan manajemen dapat diibaratkan seorang dokter, yang memberikan takaran obat yang berbeda pada setiap pasien meski berpenyakit sama sekalipun.

Oleh karena itu pemilihan dalam menentukan seorang konsultan sebagai pendamping harus berdasarkan kriteria-kriteria yang sudah sesuai dengan kebutuhan. Hal ini dampaknya akan dirasakan langsung jika Anda salah dalam menentukan atau menujuk konsultan.

Download Kumpulan SOP Lengkap Bagian SDM, Katalog KPI Lengkap Semua Fungsi dan Tabel SALARY GRADE disini

Di Indonesia sendiri banyak sekali ditawarkan berbagai jenis jasa konsultan, tetapi tentunya Anda harus jeli karena tidak semua konsultan layak. Ada juga jasa konsultan yang tidak sesuai bidangnya tetapi nekat untuk menjalankan bisnis konsultan tersebut. Biasanya harus ada satu titik atau seseorang yang dianggap sudah menguasai dan ahli dibidangnya sebagai jaminan bahwa jasa konsultan tersebut bonafit, bisa dilihat dari fortofolio yang telah dikerjakan. Itu akan memperkuat sekali, akan keprofesionalan dari konsultan tersebut.

Manajemen sumber daya manusia itu sendiri adalah suatu prosedur yang berkelanjutan yang bertujuan untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepat pada saat organisasi memerlukannya menurut A.F. Stoner.

Selain itu, kita juga bisa mendefinisikan MSDM ini sebagai suatu proses dan metode cara menangani berbagai masalah pada ruang lingkup manusia, terutama dalam dunia kerja dan industri yang meliputi karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktifitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Banyak orang menganggap bahwa pekerjaan menjadi seorang konsultan manajemen sdm adalah pekerjaan yang tidak menjanjikan. Tapi, tidak bagi sebagian orang yang menyukai tantangan dalam pekerjaannya. Pekerjaan sebagai konsultan manajemen sdm merupakan pekerjaan yang penuh dengan tantangan. Pekerjaan ini memang tidak mudah untuk dijalani karena butuh pengalaman dan jam terbang yang tinggi, sehingga bisa dipercaya oleh sebuah perusahaan atau yang disebut dengan klien.

Bahkan, untuk menjadi seorang yang handal dalam hal manajemen sdm, seseorang perlu memiliki latar belakang pendidikan yang memadai, seperti pendidikan minimal pasca sarjana dibidang yang berkaitan atau manajemen sdm. Seorang konsultan manajemen sdm akan lebih mendapatkan tempat jika ia memiliki pendidikan luar negeri dibidang yang sesuai dengan pekerjaannya sebagai seorang konsultan manajemen.

Seseorang dikatakan sebagai ahli dibidang manajemen sdm jika ia mampu menguasai tujuan pekerjaan, serta fungsinya sebagai konsultan manajemen sdm. Fungsi tersebut berkaitan erat dengan pelatihan, rekruitmen, perencanaan karir, serta manajemen kinerja hingga remunerasi. Sebenarnya, masih banyak lagi hal yang harus diketahui oleh seorang konsultan dibidang manajemen sdm, termasuk ilmu tentang pengembangan organisasi. Seorang konsultan manajemen juga wajib memiliki beberapa kecakapan, seperti kemampuannya menganalisa sesuatu, public speaking atau ketrampilan ia dalam berkomunikasi dengan orang lain, dalam hal ini adalah klien.

Perusahaan perlu melakukan pembenahan di dalam lingkungannya sendiri agar tetap stabil bahkan semakin berkembang dan tidak makin terpuruk. Salah satu caranya, yaitu menyewa jawa konsultan manajemen SDM untuk memberikan solusi praktis dan nyata agar perusahaan yang bersangkutan dapat lebih maju. Anda harus memilih konsultan SDM yang profesional demi keberhasilan perusahaan anda.

1. Mencari informasi dengan bertanya
Anda bisa bertanya pada orang lain, seperti saudara, teman, atau yang lainnya untuk mencari konsultan manajemen SDM. Tentu saja mereka yang ditanya harus paham dan mengerti tentang bidang ini. Informasi dari mereka dapat Anda jadikan referensi yang sangat bermanfaat. Dengan begitu, Anda bisa menemukan konsultan manajemen SDM yang bagus.

17 Materi Presentasi SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop. Download sekarang.

2. Mencari informasi di dunia maya
Anda pun bisa mencari konsultan manajemen SDM di dunia maya atau internet. Dengan cara, menggunakan fasilitas mesin pencari atau search engine, lalu menuliskan kata kunci tertentu. Carilah konsultan manajeman SDM yang cocok dan sesuai dengan yang Anda harapkan. Jangan sampai salah memilih ya agar tidak mengecewakan perusahaan anda.

3. Mencari informasi dari perusahaan lain
Anda tentu saja memiliki relasi atau rekan bisnis saat menjalankan usaha. Tidak ada salahnya anda bertanya kepada mereka untuk menemukan konsultan manajemen SDM yang berkualitas dan terpercaya. Relasi Anda tersebut mungkin sudah pernah memakai jasa konsultan seperti itu. Oleh karena itu, bisnisnya makin maju dan berkembang karena disokong oleh SDM yang berkualitas juga.

Anda juga jangan sampai ketinggalan untuk memiliki perusahaan yang maju dan berkembang dengan menemukankonsultan manajemen SDM yang bagus.

Saat ini, banyak konsultan yang lebih memilih untuk melakukan spesialisasi dibidang manajemen sdm. Seorang konsultan bisa saja lebih menekuni dibidang jasa assesmen karyawan atau jasa training bagi karyawan sebuah perusahaan.

Spesialisasi yang terjadi saat ini merupakan hasil dari sebuah kompetisi antara konsultan manajemen sdm untuk menjadi seorang konsultan yang lebih diminati. Mereka melakukan spesialisasi juga bukan sepenuhnya atas dorongan diri mereka. Kebutuhan perusahaan juga merupakan salah satu pendorong yang besar bagi seorang konsultan untuk melakukan spesialisasi terhadap pekerjaan mereka.

Menjalani pekerjaan sebagai konsultan manajemen sdm memang cukup menarik karena pekerjaan ini berhubungan dengan bisnis yang perkembangannya sangat pesat. Jika seseorang mampu bertahan dengan kondisi bisnis yang terkadang tidak menentu, ia tentu akan menjadi seorang konsultan yang sangat dipertimbangkan.

Karena keahlian dalam satu bidang dan bergerak sebagai konsultan dalam perekonomian sekarang ini sangat dibutuhkan. Hal ini juga didasari karena banyaknya bertumbangan perusahaan-perusahaan atau pembisnis karena kurangnya didampingi oleh konsultan. Pilih dan tentukan konsultan yang Anda butuhkan, jangan sampai Anda salah dalam memilih konsultan sebagai pendamping bisnis Anda.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!