Manfaat Penyusunan SOP Pelatihan dan Pengembangan SDM

Sumber daya manusia ataupun SDM kini sangat dibutuhkan untuk semua perusahaan baik skala besar maupun kecil. Sumber daya manusia sendiri dibutuhkan untuk mengatasi berbagai macam kesulitan saat perusahaan melakukan proses implementasi SOP. Sudah pasti dari Standar Operasional Prosedur mampu memberi berbagai macam keuntungan bagi perusahaan salah satunya mengembangkan sumber daya manusia.

Meningkatkan SDM di setiap karyawan tidaklah mudah karena membutuhkan waktu cukup lama kemudian dari segi metodenya sendiri juga tidak sama. Dari implementasi SOP pelatihan dan pengembangan SDM bisa kita lihat bahwa ada berbagai macam aspek kompetensi yang dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan implementasi SOP bagi setiap karyawan. Maka dari itu bagi pegawai harus menerima segala aspek untuk meningkatkan SDM mereka, lalu apa saja aspek tersebut?

Kompetensi Teknis
Untuk aspek teknis sudah pasti melihat dari segi kemampuan individu SDM karyawan. Untuk menjalankan aspek kompetensi teknis harus dilakukan secara efektif dan efisien dimana perusahaan bisa melihat secara langsung apakah pekerjaan karyawan dilakukan secara maksimal atau tidak. Ada beberapa faktor yang menentukan kualitas dari kompetensi teknis diantaranya pengalaman, ketrampilan, sampai latar belakang pendidikan.

Kompetensi Budaya Perusahaan
Setiap perusahaan memiliki budaya masing-masing atau lebih tepatnya peraturan yang mampu memberi dukungan kapasitas sampai kompetensi individu yang ada di sebuah organisasi.

Kompetensi Kepemimpinan
Berikutnya ada aspek kompetensi kepemimpinan dimana menjadi hal terpenting bagi setiap karyawan untuk menjalankan pekerjaannya dengan rasa tanggung jawab tinggi. Dari kompetensi kepemimpinan tersebut bisa membuat sebuah ruang lingkup kerja lebih baik bahkan lebih kondusif sehingga dari hasil kerja bisa lebih maksimal.

SOP di dalam perusahaan sangatlah penting diterapkan untuk memberi pelatihan serta pengembangan SDM. Akan tetapi sesuai dengan bidang masing-masing maka manfaat yang didapatkan oleh setiap pegawai juga berbeda. Lalu seperti apa keuntungan dari penggunaan SOP pelatihan dan pengembangan SDM di sebuah perusahaan?

Memberi Pedoman Operasional
Selama ini dari peraturan ataupun pedoman operasional belum dipahami oleh semua karyawan. Maka dari itu untuk menyadarkan akan peran hingga pedoman dari SOP pelatihan hingga pengembangan SDM dibutuhkan peraturan baru yang bersifat baku sehingga semua karyawan dari bawah sampai atas wajib mematuhinya.

Download Kumpulan SOP Lengkap Bagian SDM, Katalog KPI Lengkap Semua Fungsi dan Tabel SALARY GRADE disini

Menjadi Acuan Pertanggung Jawaban
Sebuah SOP dalam pengembangan SDM bisa memberi keuntungan bagi karyawan dimana mampu dijadikan sebuah acuan untuk penanggung jawab kegiatan pekerjaan karena sampai sekarang SOP mampu menjadi sebuah alat untuk mengawasi berbagai macam pekerjaan hingga bisa dilaksanakan secara benar dan sesuai tujuan awalnya.

Memperlancar Aktivitas Kerja
Sebagai satu proses pengembangan SDM, ternyata standar operasional prosedur di sebuah perusahaan bisa memberi manfaat yakni memberi kelancaran kerja di setiap aktivitas karyawan. Tugas dari setiap karyawan akan dilakukan penuh dengan rasa tanggung jawab sehingga semua kegiatan perusahaan bisa berjalan sesuai tujuan dan lancar. Banyak perusahaan sudah merasakan dampak baik dari SOP pelatihan dan pengembangan SDM sehingga sampai sekarang dari susunan SOP terus mengalami perkembangan untuk bisa bersaing di dunia bisnis.

Mempermudah Pemahaman Prosedur Baku
Tidak sedikit masalah terjadi akibat seorang karyawan tidak memahami prosedur baku di dalam perusahaannya. Pemindahan kerja atau mutasi menjadi satu cara untuk meningkatkan perkembangan SDM bagi karyawan, oleh karena itu dari manfaat SOP dalam pelatihan dan pengembangan SDM masih mengacu pada pemberian pemahaman bagi karyawan untuk mendapatkan pengalaman baru di tempat kerja lainnya.

Mempermudah Dapat ISO
Sudah pasti setiap perusahaan menginginkan standar internasional atau disebut ISO (Internasional Organization for Standardization). Maka untuk mempermudah proses mendapatkan ISO bisa memaksimalkan sistem SOP yang secara khusus ditujukan untuk pelatihan hingga pengembangan SDM setiap karyawan. Dari ISO sendiri mampu memberi tingkat kepercayaan dari banyak kalangan mengenai status perusahaan.

Secara khusus dari tahapan pelatihan sampai pengembangan SDM juga patut dilakukan secara berkala untuk meningkatkan SDM pegawai yang sat ini sangat penting untuk memperlancar aktivitas di sebuah perusahaan. Ada beberapa prosedur dalam kualifikasi karyawan untuk meningkatkan kerja mereka. Mari kita simak beberapa prosedur yang wajib dilakukan perusahaan untuk meningkatkan SDM pegawai.

Menentukan Standar Karyawan
Pada tingkatan kerja ataupun di satu bidang kerja tentu saja membutuhkan kualifikasi kerja yang sesuai keahlian karyawannya. Dari situlah standar karyawan dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas karyawan hingga memberi kualifikasi mengenai golongan karyawan baik baru maupun yang sudah berpengalaman.

Memilih Standar Pelatihan
Tidak hanya dari standar karyawan saja, dalam SOP pelatihan dan pengembangan SDM juga menyangkut tentang standar pelatihan hingga materi apa yang dianggap penting untuk perusahaan. Dari program pelatihan memang sangat penting untuk mendapatkan sistem kerja terbaik dimana setiap karyawan bisa menjalankan fungsinya masing-masing.

Membuat Jadwal Pelatihan Selama 1 Tahun
Berikutnya dari prosedur pelatihan dan pengembangan SDM bisa ditentukan waktunya selama 1 tahun penuh. Selama ini dari pembuatan jadwal pelatihan selama 1 tahun penuh sangat berguna untuk memberi gambaran kepada perusahaan kepada karyawannya mengenai program-program apa saja yang akan dilakukan.

17 Materi Presentasi SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop. Download sekarang.

Meminta Penilaian
Dari pihak perusahaan juga wajib mendapat penilaian dari karyawan mengenai pelatihan yang sudah diikuti. Penilaian tersebut sangat berguna untuk melihat efektifnya sebuah metode dan melihat hasilnya apakah baik atau buruk.

Dari ulasan di atas mengenai SOP pelatihan dan pengembangan SDM sudah bisa kita lihat betapa pentingnya SOP dalam perusahaan yang mampu mencakup semua bidang. Prestasi perusahaan juga ditentukan dari sistem SOP terbaik, maka dari itu sampai sekarang dari SOP pelatihan hingga pengembangan SDM terus dievaluasi untuk mendapatkan sistem terbaik.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!