Prosedur dan Tahapan Rekrutmen dan Seleksi Karyawan

Setiap perusahaan membutuhkan karyawan berkualitas yang mampu bekerja maksimal sesuai job desknya. Selama ini kualitas dari karyawan ditentukan dari tahapan ataupun prosedur penerimaan karyawan.

Seperti kita tahu dari perusahaan besar mampu menerapkan sistem terbaik dalam menerima sekaligus menyeleksi setiap calon karyawan secara ketat karena mereka tahu dari kualitas karyawan terbaik akan menghasilkan kinerja lebih solid.

Sebuah prosedur dan tahapan rekrutmen dan seleksi karyawan harus dilakukan secara bertahap dimana nantinya akan mendapat calon karyawan terbaik. Maka dari itu untuk mendapatkan kualitas karyawan terbaik banyak perusahaan menggunakan langkah-langkah terbaiknya yang secara garis besar bisa menghasilkan kriteria karyawan mumpuni.

Mungkin Anda masih belum mengerti tentang tahapan ataupun prosedur dalam merekrut calon karyawan baru yang nanti bisa menghasilkan kualitas karyawan terbaik.

Langsung saja mari kita simak bersama seperti apa langkah-langkahnya:

Mengidentifikasi Jabatan yang Kosong Beserta Jumlah Karyawan
Hal pertama yang wajib dilakukan dalam langkah-langkah melakukan seleksi karyawan adalah mencari jabatan kesos serta memberi informasi mengenai jumlah karyawan yang dibutuhkan. Jabatan kosong bisa disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari karyawan pensiun, terkena PHK, ataupun dari pengajuan pengunduran diri. Melihat posisi kosong tersebut maka dari pihak HRD akan melakukan rencana membuat informasi mengenai seleksi sumber daya manusia disesuaikan dengan kriteria jabatan kosong.

Menganalisa Jabatan
Pada langkah selanjutnya juga dilakukan dengan hati-hati yakni melihat serta menganalisa jabatan apa yang sedang kosong. Dari segi persyaratan jabatan juga diperhitungkan serta diputuskan secara hati-hati untuk memberi aplikasi lebih baik pada prakteknya sehingga dari kualitas karyawan bisa lebih baik dari sebelumnya. Membuat persyaratan jabatan harus lebih teliti kemudian mampu mengantisipasi hal-hal buruk yang nantinya menghambat proses berikutnya.

Download Kumpulan SOP Lengkap Bagian SDM, Katalog KPI Lengkap Semua Fungsi dan Tabel SALARY GRADE disini

Menentukan Lokasi Pencarian Kandidat
Setelah selesai melakukan prosedur dan tahapan rekrutmen dan seleksi karyawan dalam hal menganalisa jabatan yang kosong, maka dari langkah berikutnya juga sangat penting yakni menganalisa lokasi pencarian kandidat. Ada dua pilihan terbaik untuk mendapatkan kandidat terbaik yakni dari dalam perusahaan dan dari luar perusahaan. Nantinya dari dua opsi tersebut memiliki keunggulan serta kekurangan.

Jika dipilih dari dalam dibutuhkan pengumuman promosi dari semua karyawan yang memiliki potensi besar. Sedangkan dari luar perusahaan maka dari kandidat harus memiliki spesifikasi yang sudah ditentukan sebelumnya agar nantinya perusahaan benar-benar mendapatkan kualitas karyawan terbaik.

Memilih Metode Rekrutmen
Dari pemilihan rekrutmen karyawan baru membutuhkan banyak pertimbangan salah satunya dari metode rekrutmen yang saat ini terdiri dari banyak metode. Ada beberapa metode dalam merekrut pegawai baru diantaranya memanfaatkan lembaga pendidikan, iklan, departemen tenaga kerja, perusahaan pencari tenaga kerja, dan lain-lain. Tidak hanya satu metode saja, perusahaan bisa memilih lebih dari satu metode untuk benar-benar mendapat kualitas karyawan terbaik.

Memanggil Kandidat Terbaik
Sebagai satu langkah tepat dalam menentukan kualitas karyawan adalah memanggil dari hasil seleksi calon karyawan terbaik. Biasanya dalam menentuk