Prosedur dan Tahapan Rekrutmen dan Seleksi Karyawan

Setiap perusahaan membutuhkan karyawan berkualitas yang mampu bekerja maksimal sesuai job desknya. Selama ini kualitas dari karyawan ditentukan dari tahapan ataupun prosedur penerimaan karyawan.

Seperti kita tahu dari perusahaan besar mampu menerapkan sistem terbaik dalam menerima sekaligus menyeleksi setiap calon karyawan secara ketat karena mereka tahu dari kualitas karyawan terbaik akan menghasilkan kinerja lebih solid.

Sebuah prosedur dan tahapan rekrutmen dan seleksi karyawan harus dilakukan secara bertahap dimana nantinya akan mendapat calon karyawan terbaik. Maka dari itu untuk mendapatkan kualitas karyawan terbaik banyak perusahaan menggunakan langkah-langkah terbaiknya yang secara garis besar bisa menghasilkan kriteria karyawan mumpuni.

Mungkin Anda masih belum mengerti tentang tahapan ataupun prosedur dalam merekrut calon karyawan baru yang nanti bisa menghasilkan kualitas karyawan terbaik.

Langsung saja mari kita simak bersama seperti apa langkah-langkahnya:

Mengidentifikasi Jabatan yang Kosong Beserta Jumlah Karyawan
Hal pertama yang wajib dilakukan dalam langkah-langkah melakukan seleksi karyawan adalah mencari jabatan kesos serta memberi informasi mengenai jumlah karyawan yang dibutuhkan. Jabatan kosong bisa disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari karyawan pensiun, terkena PHK, ataupun dari pengajuan pengunduran diri. Melihat posisi kosong tersebut maka dari pihak HRD akan melakukan rencana membuat informasi mengenai seleksi sumber daya manusia disesuaikan dengan kriteria jabatan kosong.

Menganalisa Jabatan
Pada langkah selanjutnya juga dilakukan dengan hati-hati yakni melihat serta menganalisa jabatan apa yang sedang kosong. Dari segi persyaratan jabatan juga diperhitungkan serta diputuskan secara hati-hati untuk memberi aplikasi lebih baik pada prakteknya sehingga dari kualitas karyawan bisa lebih baik dari sebelumnya. Membuat persyaratan jabatan harus lebih teliti kemudian mampu mengantisipasi hal-hal buruk yang nantinya menghambat proses berikutnya.

Download Kumpulan SOP Lengkap Bagian SDM, Katalog KPI Lengkap Semua Fungsi dan Tabel SALARY GRADE disini

Menentukan Lokasi Pencarian Kandidat
Setelah selesai melakukan prosedur dan tahapan rekrutmen dan seleksi karyawan dalam hal menganalisa jabatan yang kosong, maka dari langkah berikutnya juga sangat penting yakni menganalisa lokasi pencarian kandidat. Ada dua pilihan terbaik untuk mendapatkan kandidat terbaik yakni dari dalam perusahaan dan dari luar perusahaan. Nantinya dari dua opsi tersebut memiliki keunggulan serta kekurangan.

Jika dipilih dari dalam dibutuhkan pengumuman promosi dari semua karyawan yang memiliki potensi besar. Sedangkan dari luar perusahaan maka dari kandidat harus memiliki spesifikasi yang sudah ditentukan sebelumnya agar nantinya perusahaan benar-benar mendapatkan kualitas karyawan terbaik.

Memilih Metode Rekrutmen
Dari pemilihan rekrutmen karyawan baru membutuhkan banyak pertimbangan salah satunya dari metode rekrutmen yang saat ini terdiri dari banyak metode. Ada beberapa metode dalam merekrut pegawai baru diantaranya memanfaatkan lembaga pendidikan, iklan, departemen tenaga kerja, perusahaan pencari tenaga kerja, dan lain-lain. Tidak hanya satu metode saja, perusahaan bisa memilih lebih dari satu metode untuk benar-benar mendapat kualitas karyawan terbaik.

Memanggil Kandidat Terbaik
Sebagai satu langkah tepat dalam menentukan kualitas karyawan adalah memanggil dari hasil seleksi calon karyawan terbaik. Biasanya dalam menentukan kandidat terbaik membutuhkan waktu cukup lama dimana proses pengumpulan berkas lamaran sampai pengisian formulir harus dicermati lebih detail sehingga dari proses selanjutnya akan terlihat lebih mudah.

Menyeleksi Kandidat
Dari proses seleksi kandidat juga membutuhkan beberapa langkah diantaranya menentukan ciri-ciri fisik dan psikis yang dibutuhkan untuk mengisi jabatan tertentu.

Setiap calon pegawai harus diteliti secara detail kemudian jika ketersediaan kandidat terbilang cukup banyak maka dari jumlah jabatan yang diisi juga lebih banyak. Proses seleksi terbaik akan memakai beberapa tahapan ataupun metode yang selama ini efektif untuk mendapatkan kandidat terbaik.

Perusahaan biasanya memakai beberapa metode mulai dari melihat ciri-ciri pekerjaan, presentase calon yang sudah terseleksi, data biografi, formulir lamaran, wawancara, tes kemampuan hingga tes kepribadian, tes fisik, hingga tes simulasi. Semua tahapan tersebut diharapkan mampu memberi kualitas kandidat terbaik.

Menyusun Penawaran Kerja
Jika proses seleksi sudah selesai maka dari petugas rekrutmen bisa menentukan posisi jabatan untuk setiap kandidat terbaik. Dari tahapan ini penawaran kerja sudah diberikan untuk mempersiapkan perjanjian kerja. Tentu saja dari perjanjian kerja tersebut secara langsung akan diperkenalkan secara detail mengenai peraturan perusahaan, kondisi kerja perusahaan, sampai memberi kepastian kepada kandidat mengenai waktu kerja pertamanya. Tetapi dari proses pemberian penawaran kerja ini tetap saja membutuhkan calon pengganti kandidat sebagai satu upaya menghadapi penolakan dari kandidat pertama.

17 Materi Presentasi SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop. Download sekarang.

Mulai Bekerja
Setelah mendapatkan informasi secara detail mengenai kondisi kerja, posisi, sampai waktu pertama kali bekerja maka setiap kandidat akan menerima penawaran kerja kemudian langsung bisa bekerja. Secara bertahap kinerja dari seorang kandidat pekerja akan mendapat pemantauan secara langsung apakah sudah sesuai atau masih membutuhkan adaptasi.

Proses rekrutmen karyawan rata-rata membutuhkan proses cukup lama dari tahapan pemasukan berkas hingga seleksi tes tertulis dan tes fisik. Untuk tahapan akhir seperti wawancara juga membutuhkan kriteria tersendiri yang nantinya bisa memberi informasi seputar keadaan psikologis seorang calon karyawan.

Tetapi dalam melakukan tahapan rekrutmen ataupun seleksi karyawan masih menghadapi beberapa kendala diantaranya berkas persyaratan terlalu rumit, rendahnya peminat pelamar kerja, tidak adanya kriteria terbaik dari calon karyawan, sampai beberapa kendala lainnya yang membuat proses seleksi karyawan tidak berjalan mulus.

Dari pihak HRD perusahaan seharusnya bisa mengantisipasi tentang kendala tersebut sehingga nantinya setiap calon karyawan memiliki dedikasi terbaik yang selama ini dibutuhkan untuk mendukung kinerja perusahaan. Ingatlah bahwa dari kualitas proses penerimaan pegawai baru akan memberi kualitas karyawan yang saat ini sedang dibutuhkan perusahaan.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download sekarang.