Tujuan dan Manfaat Pengisian Form Penilaian Kinerja Karyawan

Setiap karyawan ataupun pegawai pastinya memiliki kompetensi masing-masing dimana mampu memberi kontribusi terbaik bagi perusahaan.

Terkadang perusahaan melakukan pengecekan terhadap kinerja pegawai dengan berbagai cara salah satunya pemberian form penilaian kinerja karyawan. Mungkin Anda sudah mendengar tentang form penilaian kerja pegawai, namun belum mengetahui seperti apa manfaatnya.

Memang dari seorang karyawan atau pegawai bisa mengalami masa-masa sulit dimana performa kerjanya terlihat berkurang.

Oleh sebab itu dibuatlah form penilaian kinerja. Dari perusahaan besar bahkan sampai skala internasional sudah menggunakan form tersebut untuk menilai kinerja pegawai yang nantinya bisa berdampak langsung pada kinerja perusahaan.

Jika Anda belum mengetahui seberapa penting manfaat dari form penilaian kinerja karyawan mari kita dalami lebih detail agar semua pihak mendapatkan informasi terbaik.

Meningkatkan Kinerja Pegawai
Sudah pasti dengan dibuatnya form penilaian kerja bisa memberi prestasi kerja dari semua kalangan. Tidak hanya dari pegawai di tingkat dasar saja, untuk tingkat atas seperti manager lini, general manager, direktur, hingga supervisor dan lainnya juga mendapatkan form penilaian kerja dengan tujuan meningkatkan kinerja serta prestasi pada periode mendatang. Kita semua tahu bahwa dari prestasi ataupun peningkatan kerja dari semua kubu bisa memberi dampak positif bagi perusahaan.

Pemberian Pelatihan Serta Pengembangan
Dari manfaat selanjutnya pembuatan form penilaian kinerja khusus karyawan ditujukan untuk memberi penilaian kemudian memberikan pelatihan sampai pengembangan bakat dari setiap karyawan. Training dan development needs sangatlah penting untuk menghilangkan gap yang sudah terdapat di sebuah perusahaan dalam waktu lama. Dari situlah kenapa program pelatihan diberikan ke setiap karyawan karena memang diharapkan dari kompetensi mereka bisa bertambah setidaknya untuk memberi kualitas kerja sesuai jabatan.

Penyesuaian Kompensasi
Selanjutnya dari manfaat pembuatan form penilaian kinerja karyawan juga ditujukan untuk acuan dalam pemberian program tambahan. Dari tahap pemberian kompensasi sepenuhnya dikontrol oleh pimpinan sehingga dari perbaikan ataupun pemberian kompensasi bisa diberi sesuai dengan targetnya.

Staffing Process
Pemberian form penilaian kerja khusus karyawan juga diharapkan mampu mendukung pengambilan keputusan dalam hal promosi ataupun demosi karyawan. Oleh sebab itu adanya form penilaian kerja tersebut menjadi satu dasar penting dalam mengambil keputusan untuk promosi karyawan sampai demosi.

Menilai Proses Seleksi dan Rekrutmen
Proses seleksi dan rekrutmen karyawan juga ditentukan dari indikator form penilaian kinerja pegawai. Ketika hasil penilaian kerja terbilang rendah maka menjadi satu indikator bahwa dari proses rekrutmen hingga seleksi karyawan terbilang buruk. Namun, perlu diketahui dari buruknya kualitas kinerja pegawai belum tentu dari proses seleksi dan rekrutmen kurang baik, tetapi bisa dikarenakan faktor eksternal lainnya.

Menganalisa Kesalahan Desain Pekerjaan
Penilaian kinerja terkadang memberi satu indikator bahwa pengerjaan sebuah job sudah dilakukan secara benar atau tidak. Rata-rata dari kinerja buruk seorang karyawan bisa memberi indikator bahwa ada satu kesalahan yang dilakukan sehingga membutuhkan desain pekerjaan baru yang lebih baik. maka dari itu menggunakan form penilaian kinerja pegawai sangat efektif untuk menganalisa seperti apa kesalahan desain pekerjaan yang sudah dilakukan.

Memberi Kesempatan Kerja Secara Adil
Sistem keadilan di sebuah perusahaan harus terjamin untuk memberi rasa adil bagi karyawan. Penilaian kerja secara objektif dan akurat akan menggambarkan bahwa sistem sudah berjalan secara adil. Penilaian kerja harus didapatkan oleh semua karyawan baik dari atasan sampai pegawai level bawah. Sehingga kesempatan kerja yang lebih adil akan terwujud dan mendukung kinerja perusahaan.

Konteks Pekerjaan Lebih Jelas
Secara umum seorang karyawan untuk semua tingkatan jabatan wajib memahami konteks pekerjaan yang harus dilakukan. Dari situlah peran dari form penilaian kinerja karyawan bekerja, sehingga dari setiap karyawan baik atasan sampai level bawah bisa mengerti tentang konteks kerjanya masing-masing.

Tidak hanya dari objek penilaian kinerja saja yang bisa mendapatkan manfaat, tetapi dari penilai juga menerima beberapa keuntungan yang sebenarnya tidak banyak dipahami oleh semua bagian perusahaan. Lalu apa saja manfaat tersebut?

Komunikasi Lebih Lancar
Secara tidak sadar dari pembuatan form penilaian kinerja akan memberi hasil terbaik dari komunikasi setiap bagian ataupun divisi perusahaan. Selama ini komunikasi di dalam perusahaan masih belum diaplikasikan secara maksimal, maka dari itu satu keuntungan dari form penilaian kinerja pegawai mampu memberi komunikasi lebih lancar dari semua sektor perusahaan.

Bertukar Ide
Manfaat selanjutnya dari adanya form penilaian kinerja pegawai adalah mampu bertukar ide yang selama ini belum banyak diaplikasikan. Terkadang dari komunikasi setiap divisi perlu perbaikan sehingga dari ide-ide terbaik bisa tersalurkan berkat adanya form penilaian pegawai tersebut. Jadi kita bisa melihat bahwa ide sangatlah penting untuk memberi masukan terbaik kepada perusahaan.

Mempercepat Pencapaian dan Tujuan Perusahaan
Setiap perusahaan pasti memiliki tujuan ataupun pencapaian tertentu yang harus terealisasi dalam waktu dekat. Perlu diketahui dari adanya form penilaian kinerja karyawan juga memberi keuntungan bagi karyawan bahkan perusahaan sendiri dimana semua tujuan akan mudah terealisasi karena dari semua divisi mampu menjalankan tugas masing-masing secara maksimal.

Pentingnya penilaian atas hasil kerja pegawai atau karyawan sampai sekarang belum bisa diaplikasikan oleh semua perusahaan.

Terkadang dari perusahaan berkembang masih harus meriset lebih lama tentang penilaian kinerja pegawainya untuk mendapatkan solusi terbaik hingga memberi penilaian terhadap kinerja pegawai.

Perusahaan besar nantinya akan menggunakan form penilaian kinerja pegawai ketika menghadapi satu masalah sehingga dari penanganannya hingga penyebabnya bisa diketahui lebih cepat. Jadi kita bisa melihat betapa pentingnya form penilaian kinerja karyawan yang selama ini sudah dilakukan oleh banyak perusahaan.

Slide1

Slide1