Ikuti Workshop Pengembangan SDM dan Dapatkan 3 Manfaat Ini!

workshop pengembangan sdm

Perusahaan Anda membutuhkan workshop pengembangan SDM? Keinginan untuk mengadakan workshop adalah hal yang bagus. Secara umum memang ada banyak metode yang bisa digunakan untuk berusaha meningkatkan kualitas SDM.

Metode dengan pengadaan workshop dinilai menjadi salah satu pilihan yang tepat karena instruktur dan peserta dapat berinteraksi secara aktif dalam format diskusi terbuka.

Penyaluran ilmu menjadi lebih mudah, khususnya jika perusahaan Anda memiliki banyak tenaga kerja. Perlu diingat kembali tujuan dari workshop adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta mengenai hal tertentu.

Dalam konteks ini pengembangan SDM berarti ada kaitannya dengan personal growth, meningkatkan motivasi dalam bekerja, mempelajari ilmu baru, mengatasi kendala bekerja, dan lain sebagainnya.

3 Manfaat Mengikuti Workshop Pengembangan SDM

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan apabila perusahaan mengadakan workshop pengembangan SDM, berikut ini beberapa poin pentingnya:

training manajemen risiko

1. Meningkatkan Motivasi dan Semangat Kerja

Manusia bukanlah robot yang bisa bekerja nonstop tanpa membutuhkan dukungan dan motivasi. Saat kinerja karyawan mulai menurun, pihak manajemen internal perlu bertindak untuk mengatasi kendala tersebut.

Mengadakan workshop bisa menjadi solusi, pembicara yang profesional bisa memberikan tips serta pengetahuan kepada karyawan untuk mengembalikan motivasi kerja karyawan agar lebih bersemangat lagi.

Ya, tentunya hal ini tidak instan tetap berproses. Namun, setidaknya dengan mengambil keputusan untuk pengadaan workshop dapat mencegah penurunan motivasi kerja yang lebih buruk.

2. Meningkatkan Keterampilan dan Keahlian

Selain memperbaiki motivasi kerja, workshop pengembangan SDM juga bisa menambah keahlian dan memberikan keterampilan baru kepada peserta. Pembicara seringkali mengajarkan skill baru yang dapat diaplikasikan untuk mendukung produktivitas.

Kemampuan untuk mengelola waktu dengan baik (time management), pengendalian stres berlebih, peningkatan kerja tim, dan lain sebagainnya. Ada banyak contoh keterampilan baru yang bisa dikuasai oleh peserta.

Harapannya setelah mengikuti workshop, ilmu baru ini bisa terus dikembangkan dan diterapkan untuk jangka panjang.

3. Meningkatkan Kemampuan Beradaptasi

Saat perusahaan mengadakan rekrutmen skala besar, seringkali karyawan baru membutuhkan pembiasaan dan adaptasi dengan lingkungan kerja, culture kerja, dan lain sebagainnya.

Keberadaan workshop bisa menjadi pengenalan yang bagus. Mereka yang masih dalam tahap pemula bisa beradaptasi dengan lebih cepat, memahami keterampilan apa yang harus mereka kuasai untuk menunjang produktivitas kerja ke depannya.

Lambat dalam beradaptasi bisa memberikan dampak yang cukup serius untuk kondisi perusahaan. Jadi, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan lebih baik mulailah dengan mengadakan workshop pengembangan SDM untuk tim Anda.

Baca juga: Cara Merumuskan Rencana Pelatihan atau Training Plan dengan Optimal

Bagaimana Memilih Workshop yang Tepat untuk Perusahaan?

Untuk memastikan bahwa Anda mengadakan workshop yang tepat, berikut ini kami berikan sejumlah tips yang bisa dicoba:

  1. Pertama, pastikan bahwa Anda sudah menentukan tujuan dan kebutuhan. Sebagai contoh jika kendalanya ada di motivasi karyawan menurun, minimnya pengembangan, maka workshop yang Anda butuhkan berkaitan dengan topik SDM (Sumber Daya Manusia).
  2. Kemudian, pertimbangkan reputasi terpercaya atau tidaknya penyedia workshop. Sebagai contoh, jika yang Anda cari adalah workshop SDM maka pastikan instruktur tersebut mempunyai latar belakang di bidang manajemen SDM, profesional, pernah mengisi workshop di perusahaan-perusahaan
  3. Terakhir, cek berapa biaya yang dibutuhkan untuk mengadakan workshop dan jadwalnya. Jika semuanya sudah siap, Anda bisa menyepakati pengadaan workshop sesuai dengan rencana yang disiapkan.

Workshop Pengembangan SDM Bersama Yodhia Antariksa

Kabar baik untuk Anda yang sedang mencari penyedia workshop perusahaan. Beliau Bapak Yodhia Antariksa adalah pakar SDM yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Kami siap mengadakan workshop SDM ke lokasi kantor, pabrik, atau tempat kerja perusahaan bapak/ibu.  Materi dan pembahasan dapat dikoordinasikan terlebih dahulu supaya sesuai dengan kebutuhan.

Tidak perlu mengkhawatirkan soal jadwal dan biaya, kami berusaha untuk memberikan estimasi biaya yang terjangkau. Sebagai bahan pertimbangan, instruktur kami telah mengisi workshop dan pelatihan SDM untuk perusahaan BUMN dan BUMS di Indonesia.

Workshop dapat diadakan untuk perusahaan skala kecil, menengah, atau besar kami tidak membeda-bedakan skala usaha. Secara umum setiap perusahaan mempunyai hak yang sama untuk terus tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik.

Hubungi konsultan SDM untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar jadwal pengadaan workshop. Untuk saat ini lokasi yang kami utamakan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Namun jika ada wilayah lainnya bisa disampaikan saja, sekian dan terima kasih.