Contoh SOP Promosi dan Kebijakan Karir Karyawan dalam Sebuah Perusahaan

Memiliki jabatan yang strategis di dalam sebuah perusahaan tentu menjadi sebuah kebanggan bagi seorang karyawan. Untuk mendapatkan posisi atau jabatan yang strategis tersebut setiap karyawan akan berusaha untuk selalu meningkatkan prestasi kinerja mereka dengan melaksanakan setiap tugas pekerjaan dengan sebaik mungkin.

Karyawan yang berprestasi dalam sebuah perusahaan tentu akan mendapatkan penghargaan atau keuntungan yang meliputi banyak hal. Salah satu jenis penghargaan untuk karyawan berprestasi adalah adanya promosi jabatan. Promosi sendiri merupakan penghargaan kepada seorang karyawan berprestasi dalam bentuk kenaikan jabatan atau kenaikan upah dalam sebuah perusahaan.

Kebijakan sebuah perusahaan dalam melakukan promosi untuk pengembangan karier karyawan dengan kinerja yang baik tentu merupakan hal yang sangat normal dalam dunia kerja. Dengan adanya promosi, seorang karyawan tidak hanya merasa dihargai dan diakui kemampuannya, karyawan yang dipromosikan tentu bisa mengembangkan kariernya ke jenjang yang lebih tinggi lagi untuk menambah pengalaman kerja di dalam sebuah perusahaan.

Pengembangan karier dapat dilakukan apabila seseorang mengalami peningkatan kemampuan, kesejahteraan, kewenangan dan nilai diri, Promosi jabatan merupakan salah satu cara yang bisa membuat karier seseorang semakin berkembang. Dan seseorang yang ingin mengembangkan kariernya tentu harus siap untuk menerima tanggung jawab yang lebih sulit dan berat saat memangku jabatan yang lebih tinggi setelah dipromosikan.

Ada beberapa indikator yang bisa dijadikan pedoman atau acuan untuk mempromosikan seorang karyawan, diantaranya:

• Pengalaman kerja karyawan
• Keahlian yang dimilikinya
• Gabungan antara pengalaman kerja dan keahlian yang dimiliki oleh karyawan tersebut.

Setiap perusahan memiliki Standard Operating Procedures atau SOP promosi dan karier karyawan yang berbeda-beda. SOP tersebut biasanya disesuaikan dengan ketentuan dan kebijakan umum yang berlaku di perusahaan tersebut. Untuk mengetahui prosedur-prosedur apa saja yang terdapat di dalam SOP promosi dan karier karyawan pada sebuh perusahaan. Berikut ini salah satu contoh SOP promosi dan karier karyawan yang mungkin bermanfaat untuk anda. Contoh SOP promosi dan karier karyawan ini tidak bersifat mutlak melainkan bisa dilakukan modifikasi sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan sebuah perusahaan:

Download Kumpulan SOP Lengkap Bagian SDM, Katalog KPI Lengkap Semua Fungsi dan Tabel SALARY GRADE disini

1. Tujuan
Menjaga agar sistem atau tahapan-tahapan panduan dalam proses promosi dan karir karyawan dapat berjalan dengan lancar dan teratur sesuai dengan peraturan dan kode etik yang berlaku dan memenuhi ketentuan dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh perusahaan

2. Ruang Lingkup
Prosedur ini diawali oleh proses penyediaan dan pernyiapan berkas-berkas yang dibutuhkan dalam proses promosi dan karir karyawan oleh kepala divisi meliputi, pengajuan promosi, persetujuan promosi, test, hasil keputusan promosi beserta surat-surat yang dibutuhkan hingga proses pelaksanaan promosi dan karir karyawan

3. Tolak Ukur
a. Pengajuan promosi dan karier karyawan bisa dilakukan apabila adanya perubahan sistem yang ada di sebuah perusahaan
b. Semua proses pengajuan promosi dan karier karyawan harus dibuat secara tertulis, yaitu dengan menggunakan formulir pengajuan promosi dan karier karyawan yang diawasi oleh manajer personalia
c. Proses pengajuan promosi dan karier karyawan hanya bisa dilakukan oleh manajer personalia yang menjadi wakil dari perusahaan untuk meminimalisir hal-hal yang tidak sesuai dengan kebijakan perusahaan
d. Pengajuan promosi dan karir karyawan harus disetujui oleh manajer operasional dan jajaran direksi perusahaan

4. Prosedur

a. Kepala Divisi akan meminta formulir pengajuan promosi dan karir karyawan ke bagian personalia

b. Kepada Divisi akan mengisi formulir pengajuan promosi yang telah diminta dari bagian personalia
c. Kepala Divisi mengembalikan formulir pengajuan promosi ke bagian personalia

d. Formulir promosi yang sudah diisi tersebut akan dilakukan proses pengecekkan terlebih dahulu oleh bagian personalia. Proses pengecekkan berkas tersebut meliputi kelengkapan berkas-berkas dan mengkoreksi berkas-berkas tersebut jika terdapat kesalahan dalam pengisiannya.

Berkas-berkas tersebut diantaranya lampiran struktur oragnisasi baru yang sudah disahkan oleh pemimpin perusahaan, lampiran evaluasi kinerja semester terakhir, dan lampiran hasil uji kompetensi. Jika terdapat ketidaksesuaian di dalam berkas-berkas tersebut, bagian personalia akan mengembalikannya ke Kepala Divisi yang bersangkutan.

17 Materi Presentasi SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop. Download sekarang.

e. Bagian personalia akan melakukan beberapa rangkaian test kepada karyawan yang akan dipromosikan. Rangkaian test tersebut meliputi test tulis, wawancara dan presentasi

f. Bagian personalia akan memeriksa hasil test yang telah dilakukan. Jika karyawan yang dipromosikan lulus test, bagian personalia akan segera memberikan informasi kelulusan test tersebut ke manajer operasional, namun apabila karyawan yang dipromosikan tidak lulus test, bagian personalia akan memberitahu Kepala Divisi yang bersangkutan

g. Bagian personalia akan memberitahu hasil test kepada manajer operasional untuk selanjutnya dilakukan proses persetujuan

h. Setelah manajer operasional menerima hasil test yang diberikan bagian personalia, hasil test tersebut akan dicek ulang guna meminimalisir ketidaksesuaian. Apabila hasil test tersebut sudah sesuai dengan kebijakan perusahaan, manajer operasional akan memberikan persetujuan dengan menandatangani hasil test tersebut dan mengembalikannya ke bagian personalia.

i. Bagian personalia akan membuat formulir pengesahan dan menyempurnakan kelengkapan persetujuan promosi dari jajaran direksi terkait yang terdiri dari manajer bagian personalia, manajer operasional, dan pemimpin perusahaan)

j. Formulir pengeseahan yang sudah dilengkapi dengan tanda tangan jajaran direksi terkait tersebut akan dibuatkan surat keputusan atau SK. SK tersebut akan diberikan kepada karyawan yang dipromosikan melalui Kepala Divisi yang bersangkutan.

Demikianlah contoh SOP promosi dan karier karyawan dalam sebuah perusahaan yang bisa anda jadikan sebagai acuan. Promosi jabatan memang menjadi hal yang banyak diinginkan oleh setiap karyawan. Promosi jabatan bisa didapatkan jika karyawan tersebut terus meningkatkan kinerjanya sehingga bisa memberikan kontribusi yang besar untuk perusahaan tempat ia bekerja, yaitu dengan membantu mewujudakan tujuan perusahaan berdasarkan kunci indikator kerja yang telah ditentukan.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!