Bagaimana Cara Melakukan Survei Kepuasan Karyawan?

Sebuah perusahaan atau industri yang memiliki karyawan dalam jumlah skala tertentu harus memenuhi semua unsur yang diperlukan untuk menjalankan perusahaan dengan baik. Pada dasarnya tidak semua karyawan bisa memberikan pendapat kepada perusahaan.

Karakter karyawan yang lebih banyak didominasi rasa takut hanya akan mengikuti aturan dan kewajiban kepada perusahaan.

Tapi setiap perusahaan yang baik akan selalu mengutamakan karyawan. Dengan berbagai tujuan ini maka perusahaan bisa mengadakan survey kapuasan karyawan.

Kuesioner Survey Kepuasan Karyawan yang Lengkap dapat di-download DISINI.

Survei ini digunakan untuk membantu pemilik perusahaan agar bisa mengetahui penilaian yang diberikan karyawan kepada perusahaan. Dalam mengembangkan survey kepada semua karyawan maka tindakan ini tidak bisa dilakukan secara manual dan biasanya perusahaan melibatkan pihak professional.

Tujuan dari pemakaian jasa professional adalah untuk mendapatkan hasil terbaik dan paling akurat sehingga perusahaan bisa merubah kebijakan atau manajemen yang kurang nyaman untuk karyawan.

Metodologi Survei Kepuasan Karyawan

Untuk mengetahui hasil survei yang jujur maka perusahaan harus memilih jenis metode yang paling sesuai. Saat ini dikembangkan dua macam survei yang bisa dikembangkan untuk berbagai macam perusahaan. Berikut ini adalah uraian dari dua macam cara untuk melakukan survei kepuasan karyawan.

Kuesioner Survey Kepuasan Karyawan yang Lengkap dan Laporannya dapat di-download DISINI.

1. Survei cara praktis dengan lewat internet.

Pada dasarnya cara ini sangat praktis dan jauh lebih murah. Jika dalam sebuah perusahaan memiliki karyawan yang bisa memakai akses internet secara mudah, maka berbagai macam pertanyaan dapat disampaikan melalui internet. Berbagai bentuk kuosioner bisa dilakukan dengan program khusus yang bisa dibuka lewat email.

Atau jika perusahaan bisa mengembangkan cara dengan sebuah program maka itu akan menjadi cara yang efektif. Keuntungan memakai metode ini adalah kecepatan akses yang bisa membuat hasil target survei lebih mudah didapatkan. Dalam hal ini perusahaan juga harus memikirkan sebuah metode untuk menjamin keamanan data semua karyawan yang terlibat dalam survei.

2. Survei manual dengan memakai kuosioner yang dicetak dengan kertas.

Pada dasarnya metode ini masih sangat sederhana. Perusahaan membuat sebuah kuosioner yang dibentuk dalam pertanyaan-pertanyaan dengan berbagai macam objek jawaban. Karyawan bisa memberikan jawaban secara bebas sesuai dalam pertanyaan. Tapi metode ini sebaiknya dilakukan oleh perusahaan yang tidak memberikan akses internet kepada semua karyawan. Perolehan hasil survei dengan cara ini lebih lama daripada memakai internet.

Setelah semua data survei terkumpul maka petugas khusus harus menarik hasil survey. Setelah itu analisa dapat dilakukan dengan memasukkan hasil survei ke program komputer. Survei ini dianggap masih lemah karena sangat sulit untuk mendapatkan jawaban yang akurat.

Jika sebuah perusahaan memiliki akses untuk internet namun dalam jumlah yang tidak banyak, maka dua metodologi ini bisa digabungkan. Tujuannya adalah untuk membandingkan jawaban dan tingkat kepuasan.

Tujuan Survei Kepuasan Karyawan
Semua karyawan bisa memberikan kontribusi yang sangat besar untuk kinerja sebuah perusahaan. Nilai penting dari melakukan sebuah survei kepuasan karyawan adalah mengetahui semua jenis kelemahan perusahaan terhadap investasi, kinerja karyawan dan untuk mendapatkan hasil terbaik dari keuntungan atau investasi. Dengan berbagai macam tujuan ini maka setiap perusahaan bisa memiliki orientasi yang berbeda.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan tujuan dalam melakukan survei kepuasan karyawan.

1. Survei rutin untuk mendapatkan hasil terbaik. Umumnya sebuah perusahaan akan memberikan penilaian kepada karyawan pada setiap akhir tahun. Untuk mendorong peran karyawan dalam membentuk perusahaan yang besar dan aman sebaiknya perusahaan mengadakan survei secara rutin.

Karyawan harus mengetahui tentang kondisi sebenarnya yang dihadapi oleh perusahaan.

Kuesioner Survey Kepuasan Karyawan yang Lengkap dan Laporannya dapat di-download DISINI.

Jika terjadi sebuah peristiwa yang berhubungan dengan kelanjutan perusahaan maka semua karyawan bisa mengetahui hal ini.

2. Pastikan bahwa semua karyawan mengikuti survei dengan baik. Peran serta sebuah bagian dalam personalia perusahaan memiliki manfaat yang sangat besar. Memiliki karyawan dalam jumlah ribuan mungkin akan mempersulit proses survei yang dilakukan untuk mengetahui kepuasan karyawan. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya perusahaan meningkatkan peran personalia sehingga membantu tujuan perusahaan.

3. Tingkatkan peran kelompok tertentu dalam sebuah survei. Dalam sebuah perusahaan besar biasanya memiliki beberapa kelompok kerja yang bertugas untuk memberikan pengawasan kepada perusahaan dan karyawan. Mereka adalah bagian perusahaan karena itu Anda perlu melibatkan semua pihak. Langkah pertama adalah melibatkan karyawan dengan bagian perusahaan secara penuh setelah itu maka perusahaan bisa memberikan bimbingan atau arahan untuk melakukan survei.

Membuat Rencana Survei Karyawan
Memberikan pemahaman kepada semua orang yang terlibat dalam sebuah survei diperusahaan menjadi hal yang sangat penting. Pada dasarnya karyawan harus memberikan arahan secara terbuka melalui pertemuan kelompok atau individu.

Perusahaan bisa memberikan arahan kepada karyawan mengenai tujuan diadakannya survei dan harapan yang diinginkan oleh perusahaan. Setelah itu perusahaan bisa memberikan arahan mengenai cara survei yang harus diikuti oleh karyawan. Dorongan yang kuat dari perusahaan akan membuat semua karyawan ingin terlibat untuk mendapatkan hasil dan perbaikan pada perusahaan.

Selama masa survei diadakan dalam sebuah perusahaan maka perusahaan terus melakukan dorongan kepada semua karyawan yang terlibat. Perusahaan bisa memberikan jaminan mengenai hasil dan jawaban yang diinginkan oleh perusahaan. Setelah itu perusahaan harus memberikan jaminan mengenai hasil survei yang akan ditanggapi secara langsung maupun secara berkala.

Perusahaan bisa membuat hasil menjadi sebuah rahasia yang tidak boleh diketahui oleh semua karyawan, tapi pada dasarnya perusahaan harus memberikam gambaran setelah proses survei kepuasan karyawan selesai.

Kuesioner Survey Kepuasan Karyawan yang Lengkap dan Laporannya dapat di-download DISINI.

Slide1

Slide1