Manfaat Knowledge Management atau Manajemen Pengetahuan bagi Bisnis Perusahaan

Manajemen pengetahuan atau knowledge management sangat penting bagi sebuah perusahaan. Sehingga perusahaan tersebut bisa berkembang pesat. Knowledge management berfungsi sebagai pendekatan yang terencana dan juga sistematis agar menjamin penerapan pengetahuan organisasi yang baik. Sekaligus meningkatkan gagasan, inovasi, pemikiran, kompetensi dan keahlian.

Dengan begitu organisasi bisa berjalan lebih terarah, efektif dan efisien. Apa saja sebenarnya manfaat dari penerapan manajemen pengetahuan dalam sebuah organisasi atau perusahaan?

Menciptakan pengambilan keputusan yang lebih tepat
Setiap keputusan akan lahir dengan pemikiran yang sangat matang. Karena diputuskan berdasarkan berbagai pertimbangan penting berdasarkan pengalaman dan informasi yang ditinjau dari beragam aspek penting. Sebagai contoh knowledge sharing yang senantiasa mempelajari dinamika pasar dan sekaligus tuntutan yang dibutuhkan konsumen. Dengan begitu menjadikan perusahaan selalu fokus hanya menjual sesuatu yang memang digemari dan diperlukan oleh konsumen atau target pasar.

Meningkatkan layanan pada pelanggan
Memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan bukan hanya menjadi tanggung jawab customer service dan tenaga pemasaran saja. Tapi merupakan tugas bersama seluruh bagian organisasi tersebut. Dengan demikian terjadi jalinan kerjasama yang baik antara divisi. Sehingga tercipta tim kerja yang kuat yang tidak hanya memikirkan kepentingannya sendiri saja.

Meningkatkan efisiensi pada proses dan cara kerja
Dengan menerapkan cara yang efisien dalam proses dan cara kerja, maka tercipta hasil kerja yang lebih baik. Kalau seringkali mengadakan evaluasi pada kinerja organisasi tersebut, setiap individu bisa bekerja lebih cerdas. Terutama bisa memanfaatkan segala sumber daya yang telah telah tersedia dari masa ke masa.

Menambah jumlah jasa atau produk
Selain bisa meningkatkan jumlah jasa atau produk, juga bisa meningkatkan segala kompetensi untuk melakukan inovasi. Dengan begitu segala produk atau jasa yang sesuai dengan harapan konsumen bisa tercipta dengan cepat. Pada umumnya tanggung jawab untuk selalu berinovasi adalah tugas bagian pengembangan dan penelitian saja. Tapi dengan penerapan manajemen pengetahuan, maka tidak hanya menjadi tugas dari bagian atau divisi itu saja. Tapi menjadi tanggung jawab semua kelompok atau semua orang yang berada di dalam organisasi tersebut.

Menghemat kebutuhan biaya dan waktu
Karena telah tersedia sumber pengetahuan yang memadai dan terstruktur dengan bagus, dengan demikian organisasi akan lebih mudah dalam menerapkan pengetahuan itu guna perbaikan berbagai konteks. Dengan demikian sebuah organisasi bisa mendapatkan penghematan atas biaya dan waktu yang dibutuhkan.

Meningkatkan aset pengetahuan
Adanya sumber pengetahuan bisa menambah kemudahan bagi semua karyawan agar bisa memanfaatkannya. Dengan begitu sumber pengetahuan itu bisa meningkat pemanfaatannya. Sehingga bisa mendukung proses kreatifitas dan juga mengembangkan berbagai inovasi. Seluruh karyawan diharapkan dengan penguasaan manajemen pengetahuan ini bisa meningkatkan kompetensinya.

Meningkatkan kemampuan beradaptasi
Dengan penguasaan manajemen pengetahuan ini, maka setiap orang dalam sebuah organisasi akan lebih mudah dalam melakukan adaptasi. Terutama atas segala kejadian yang bisa mengakibatkan perubahan tertentu pada lingkungan bisnis.

Meningkatkan produktifitas karyawan
Pengetahuan yang telah tersedia bisa dimanfaatkan secara berulang guna mengembangkan proses produksi atau mengembangkan produk perusahaan. Dengan demikian tingkat produktifitas sebuah organisasi akan senantiasa meningkat.

Kesuksesan sebuah organisasi untuk memenangkan kompetisi bisa dilakukan dengan cara merancang dan mengaplikasikan strategi secara tepat. Knowledge management adalah strategi unggul yang bisa diandalkan organisasi. Setiap organisasi harus bisa melakukan eksplorasi sumber daya, pengetahuan sekaligus kapabilitas yang dimiliki organisasi.

Eksploitasi dan eksplorasi yang diterapkan organisasi menerapkan dua pendekatan khusus. Pendekatan itu adalah organisasi tersebut dan anggota yang terlibat di organisasi tersebut. Cara yang diterapkan dengan mengembangkan pengetahuan secara menyeluruh sebagai pengukuran manajemen pengetahuan. Dengan begitu membantu setiap anggota guna melakukan identifikasi segala kebutuhan atas pengetahuannya. Sekaligus memberikan ruang kepada anggota guna melakukan diskusi dan melakukan perdebatan seputar manajemen pengetahuan.

Sehingga mereka bisa melakukan pengukuran atas dampak dari manajemen pengetahuan, memberikan fasilitas pengetahuan berdasarkan budaya perusahaan dan manajemen pengetahuan dipersembahkan dalam wujud database dan dokumen.

Persaingan bisnis semakin ketat, manajemen pengetahuan yang saat ini dianggap memadai bisa jadi di beberapa waktu mendatang menjadi usang atau tidak terpakai lagi. Selalu berinovasi adalah kunci agar manajemen pengetahuan bisa terus mendukung keberhasilan organisasi.

Yodhia Antariksa – Profil Konsultan Manajemen Terbaik Indonesia

Slide1

Slide1