Job Des atau Tugas Pokok Direktur SDM atau HR Director

Tugas direktur SDM memegang tanggung jawab yang besar dalam memajukan suatu perusahaan. Mengelola sumberdaya manusia di sebuah perusahaan merupakan peran yang sangat penting yang harus dilakukan oleh direktur SDM.

Direktur SDM juga tidak mempekerjakan sembarang orang untuk bekerja di suatu perusahaan. Para calon karyawan harus melalui tahap seleksi, mulai dari tes pengetahuan umum, psikotest hingga wawancara untuk mendapatkan SDM yang berkualitas dan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan perusahaan.

Oleh karena itu, direktur SDM memiliki peran penting dalam perekrutan. Direktur SDM memiliki peranan dalam merencanakan, mengkoordinasi dan mengarahkan fungsi dari administrasi sebuah perusahaan.

Selain itu, direktur SDM juga beperan dalam mengawasi perekrutan pegawai, wawancara dan mempekerjakan pegawai baru. Kemudian juga berkonsultasi dengan atasan tentang strategi perusahaan dan menghubungkan antara manajer perusahaan dengan karyawannya.

Tanggung jawab yang diemban oleh seorang direktur SDM juga besar, yaitu bertanggung jawab mendesain organisasi, mengatur para staf, bertanggung jawab atas penilaian kinerja para karyawan, mengatur sistem reward atau penghargaan dan peraturan serta bertanggung jawab dalam mengembangkan potensi para karyawan.

Tugas, Fungsi dan Tanggung Jawab Direktur SDM (HR Director)

Selain tanggung jawab yang telah dibahas diatas, pada dasarnya tugas, fungsi dan tanggung jawab direktur SDM adalah sebagai berikut :

Download Kumpulan SOP Lengkap Bagian SDM, Katalog KPI Lengkap Semua Fungsi dan Tabel SALARY GRADE disini

1. Melakukan seleksi penerimaan tenaga kerja.

Sebelum melakukan seleksi penerimaan pegawai, direktur SDM harus mengetahui jumlah karyawan yang dibutuhkan, departement yang sedang membutuhkan pegawai dan kualifikasi pegawai yang dibutuhkan perusahaan. Setelah itu baru melakukan seleksi pegawai melalu serangkaian tes dan wawancara. Hal ini dilakukan untuk memperoleh pegawai yang sesuai kebutuhan perusahaan.

2. Penilaian kinerja karyawan
Proses penilaian ini sebagai bentuk evaluasi terhadap karyawan mengenai hasil kerja yang telah dikerjakan karyawan selama setahun. Penilaian ini akan memberikan motivasi agar lebih baik lagi. Selain itu, kritik dan saran yang membangun juga akan diberikan kepada karyawan agar manajemen kinerja lebih baik lagi dari sebelumnya.

3. Memberikan penghargaan.
Maksudnya memberikan penghargaan adalah memberikan upah atau gaji kepada karyawan atas kontribusi yang telah diberikan kepada perusahaan. Direktur SDM harus memberikan penghargaan dengan seadil-adilnya kepada para karyawan.

Tugas Direktur SDM
Secara garis besar dan pada dasarnya, tugas seorang direktur SDM seperti yang telah dibahas sebelumnya, yaitu perekrutan, evaluasi dan penilaian serta penggajian. Namun, tugas direktur SDM secara lebih rinci akan dijelaskan sebagai berikut :

• Melakukan perencanaan, mengembangkan dan implementasi strategi pada bidang pengelolaan dan juga pengembangan SDM, seperti merekrut karyawan, kebijakan, kontrak kerja, konsultasi, penggajian, peraturan, pelatihan, membangun motivasi, evaluasi dan lain sebagainya.

• Penetapan dan pemeliharaan sistem yang ada dengan tujuan untuk mengukur aspek penting dari pengembangan sumberdaya manusia.

• Monitoring, mengukur dan melakukan pelaporan mengenai masalah, strategi dalam mengembangkan SDM dan pencapaiannya sesuai kesepakatan.
• Bertugas dalam pengembangan dan mengatur staf.

17 Materi Presentasi SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop. Download sekarang.

• Mengendalikan anggaran belanja SDM setiap departement yang disesuaikan dengan anggaran yang telah disepakati dan disetujui.

• Menghubungkan antar manajer setiap departement agar dapat memahami semua aspek dalam mengembangkan SDM dan juga memastikan bahwa para manajer tersebut telah mendapat informasi yang cukup mengenai tujuan, sasaran dan pencapaian dari hasil mengembangkan SDM.

• Meningkatkan pengetahuan mengenai pengembangan SDM yang mengikuti perkembangan zaman dan metode penafsiran yang sesuai untuk para manajer, direktur dan staf dalam suatu perusahaan.

• Bertugas mengevaluasi dan memberi penilaian terhadap kinerja para karyawan yang bekerja sama dengan tim eksekutif.

• Memastikan bahwa setiap aktivitas memiliki inti dan tujuan serta terintegrasi dengan persyaratan perusahaan untuk manajemen keselamatan kerja, mutu, kesehatan, hukum, dan kebijakan.

Beberapa tugas direktur SDM sangatlah besar tanggung jawabnya karena hampir semua manajemen pada setiap departement, direktur SDM yang mengatur, mengkoordinasikan dan mengembangkan karyawannya.

Direktur SDM juga mengorganisasikan tugas yang meliputi kompetensi, mengidentifikasi fungsi dari pekerjaan, melihat keterampilan perindividu, meninjau permasalahan, memberi rekomendasi atas perbaikan dan reorganisasi. Oleh karena itu, posisi direktur SDM memiliki peran yang sangat penting dalam memajukan dan mengembangkan perusahaan.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!