Job Des dan Tugas Pokok Manajer Training atau Training Manager

Tugas manajer pelatihan dan pengembangan SDM memiliki peranan yang sangat penting dalam mengembangkan SDM. Pelatihan dan pengembangan perlu dilakukan di era globalisasi seperti sekarang ini.

Pelatihan dan pengembangan SDM merupakan usaha yang dilakukan untuk membentuk manusia yang berkualitas dengan memiliki keterampilan, kemampuan kerja dan loyalitas kerja kepada suatu perusahaan ataupun organisasi. Terkadang, tidak sedikit perusahaan yang menolak calon pegawai karena tidak memenuhi kualifikasi yang dimaksud.

Selain itu, banyak perusahaan yang dibangun, namun SDM nya tidak tersedia atau kurang. Dalam era globalisasi ini, persaingan akan semakin ketat. Era globalisasi seakan memberikan arus teknologi dan informasi serta mobilitas sumberdaya manusia dari satu tempat ke tempat lain.

Salah satu pengembangan SDM yang harus dilakukan adalah melalui pendidikan.

Pendidikan sangat penting dalam mengembangkan SDM karena pengetahuan akan diperoleh salah satunya dengan pendidikan. Orang yang tingkat pendidikannya rendah, cenderung tidak memiliki kemampuan dalam bekerja.

Perusahaan pun pada dasarnya menyeleksi calon karyawan dilihat dari tingkat pendidikannya. Selain faktor pendidikan, perusahaan pun juga harus melakukan pelatihan terhadap para karyawan agar karyawan memiliki bekal pengetahuan dalam menjalankan tugasnya nanti. Karyawan diberikan pelatihan juga agar memiliki skill dan mental yang kuat dalam bersaing dan membangun perusahaan.

Dalam suatu perusahaan pastilah memiliki manajer pelatihan dan pengembangan untuk mengembangkan karyawan dan menggali potensi yang ada pada diri masing-masing karyawan. Manajer pelatihan dan pengembangan tidaklah asal dalam memberikan materi pelatihan kepada karyawannya, namun sesuai dengan pengalaman yang diperoleh melalui proses selama bertahun-tahun.

Selain itu, manajer pelatihan dan pengembangan juga berperan dalam memilih mentor yang dapat memberikan pelatihan dengan baik menggunakan metode-metode yang terintegritas dan mengikuti perkembangan zaman. Sebelum membahas tugas manajer pelatihan dan pengembangan, sebaiknya pahami tujuan secara rinci dari pelatihan dan pengembangan itu sendiri.

Tujuan Pelatihan dan Pengembangan SDM
Pengembangan SDM penting dilakukan untuk kemajuan suatu perusahaan melalui pelatihan. Hal yang paling penting adalah memberi pelatihan kepada para karyawan. Ada beberapatujuan pelatihan dan pengembangan SDM, diantaranya adalah :

1. Meningkatkan kinerja para karyawan.
2. Meningkatkan kemampuan kerja para karyawan.
3. Dapat memiliki jiwa tanggung jawab kepada perusahaan.
4. Memiliki sikap yang lebih baik.
5. Meningkatkan keterampilan para karyawan.
6. Menggali potensi yang dimiliki individu.
7. Para karyawan diharapkan mampu memecahkan masalah secara rasional.
8. Untuk mengembangkan karir.

Tugas Manajer Pelatihan dan Pengembangan SDM
Selain memberikan materi pelatihan dan bertanggung jawab dalam pengembangan SDM, tugas manajer pelatihan dan pengembangan SDMantara lain sebagai berikut :

1. Manajer pelatihan dan pengembangan SDM bertugas dalam perencanaan anggaran pelatihan tiap departement, biaya tak terduga dan jumlah peserta pelatihan sesuai kebutuhan.

2. Mengetahui informasi terkini mengenai keterampilan yang dibutuhkan karyawan yang bersifat relevan agar memiliki kinerja yang baik dan efektif.

3. Membuat strategi dan rencana-rencana organisatoris untuk memenuhi kebutuhan pelatihan dan pengembangan, dan mengatur pelaksanaan pelatihan, pengukuran dan tindak lanjut yang diperlukan.

4. Membuat desain program pelatihan, kursus dan kurikulum yang di butuhkan dalam memenuhi kebutuhan pelatihan. Kemudian bertugas untuk mengatur terlaksananya kegiatan pelatihan menggunakan jasa dari luar perusahaan.

5. Memilih lembaga pelatihan yang berkualitas sesuai standard yang telah ditentukan sebelumnya.

6. Melakukan organisir terhadap tempat pelatihan, waktu, logistik, penginapan yang dibutuhkan agar dapat tercapai pelaksanaan pelatihan yang efisien.

7. Mengadakan kursus pelatihan secara pribadi sebagai tambahan pelatihan yang diadakan oleh penyedia jasa dari luar perusahaan.
8. Menyusun dan menentukan semua perlengkapan dan materi pelaksanaan pelatihan.

9. Bertugas dalam perekrutan, pengembangan dan pengaturan staf secara langsung.

10. Memastikan bahwa setiap aktivitas memiliki inti dan tujuan serta terintegrasi dengan persyaratan perusahaan untuk manajemen keselamatan kerja, mutu, kesehatan, hukum, dan kebijakan.

11. Melakukan monitoring dan melakukan pelaporan mengenai kegiatan, biaya, kinerja karyawan dan lain sebagainya.

12. Melakukan pengembangan diri dan meningkatkan pengetahuan sesuai dengan bidang yang bersangkutan secara kontinyu. Itulah beberapa tugas manajer pelatihan dan pengembangan SDM.

Slide1

Slide1