Cara Jitu dan Efektif untuk Meningkatkan Motivasi Karyawan

Motivasi adalah kunci untuk setiap keberhasilan untuk menjaga tim yang solid guna menghasilkan manajemen yang sempurna.Jika Anda dapat mendorong, membujuk atau mengembangkan orang-orang Anda dengan cara untuk meningkatkan efektivitas mereka, maka peran Anda sebagai manajer dipandang sukses.

Untuk memberikan motivasi Anda harus positif, jujur, mendorong dan dilakukan secara langsung. Jujur dan motivasi dapat dimulai semenjak ada berada di rumah. Jika Anda benar-benar termotivasi, lebih mudah untuk menyebarkan antusiasme kepada orang lain.

Berbagi visi dan misi dengan keyakinan. Sikap Anda, cara Anda menangani diri di sekitar orang lain, dan cara Anda berbicara dengan setiap individu akan membangun semangat dalam tim Anda.

Beberapa orang bekerja keras dan melakukan pekerjaan yang baik untuk mendapatkan gaji dan pengakuan atas posisi mereka. Ini adalah tugas Anda untuk memberi mereka kenaikan gaji dan memuji pekerjaan para anggota tim Anda yang telah dilakukan dengan sangat baik.

Sedangkan jika ada beberapa anggota tim Anda yang bermalas-malasan mengerjakan tugas yang diberikan namun masih berharap untuk mendapatkan gaji, maka ini tugas Anda sebagai manajer untuk membuat mereka termotivasi dan menunjukkan di mana mereka perlu perbaikan.

Memotivasi tim menggunakan pendekatan “satu untuk semua dan semua untuk satu” merupakan salah satu metode yang selalu berhasil dilakukan.

Namun perlu diingat, bahwa sebagai orang yang mencoba untuk memotivasi orang lain, Anda sebelumnya harus sudah termotivasi terlebih dahulu, karena mereka termotivasi dengan cara yang berbeda, seperti: Dengan pekerjaan yang mereka lakukan, gaji mereka, lingkungan kerja, seorang manajer yang selalu membantu bila diperlukan, tidak lepas perhatian ketika semua dalam kondisi yang baik terkendali.

Apa pun yang Anda lakukan, jangan menggurui atau memberikan motivasi bagi staf Anda dengan tingkah dan Games yang konyol seperti menggunakan balon, lonceng atau peluit untuk mereka yang telah dewasa.

Ini akan hanya membuat staf Anda tampak seperti Anda permalukan layaknya anak-anak di kelas taman kanak-kanak. Memotivasi profesional seharusnya dilakukan dengan kematangan berpikir dan rasa hormat.

Jika Anda terbiasa menggunakan Games yang konyol dengan dalih menambah rasa solid pada tim, saatnya Anda mulai meninggalkannya dan gunakan cara berikut untuk memberikan motivasi kepada staf Anda dengan cara yang profesional dan terhormat:

1. Menjadi Pemimpin yang Solid
Jadilah orang yang bisa membuat keputusan, memecahkan masalah, memiliki kebijakan yang selalu terbuka, tahu bagaimana mendelegasikan, dan memberikan umpan balik yang baik. Orang-orang akan termotivasi ketika mereka mempercayai pemimpin mereka.

2. Berikan Instruksi yang Jelas.
Seseorang dan sebuah tim akan lebih termotivasi untuk melakukan pekerjaan dengan baik ketika mereka tahu persis apa yang diharapkan dari mereka Tidak ada yang suka untuk diberikan tugas sehari-hari atau proyek dengan instruksi yang tidak jelas. Orang-orang akan lebih termotivasi ketika mereka tahu tujuan yang tepat bagaimana cara mencapainya, baik secara individu maupun secara tim.

3. Tunjukkan Betapa Anda Menghargai Semua Anggota Tim Anda
Hal ini berlaku untuk semua anggota tim Anda. Apresiasi segala ide dan masukkan dari anggota tim Anda. Ketika Anda tahu betapa kerja kerasnya mereka untuk mencapai tujuan bersama dan betapa berharganya mereka, itu akan membuat mereka merasa besar dan terus termotivasi.

Sebuah tepukan kecil di punggung mereka, berjabat tangan, atau mengucapkan terima kasih, Anda akan mendapatkan balasan yang lebih dari Anda harapkan. Sangat mudah untuk selalu mengatakan hal-hal yang baik kepada mereka.

Keterampilan memberikan kata-kata sederhana namun memberikan semangat akan lebih dari sekedar dari teknik memberikan motivasi secara profesional.

4. Bantu Anggota Tim Anda Tumbuh
Selalu mencoba untuk membantu orang mengembangkan keterampilan mereka dan mengembangkan karir mereka melalui pelatihan, memberikan kesempatan, dan membantu mempromosikan mereka. Ini akan membuat departemen Anda bakal diserbu karyawan yang ingin masuk menjadi anggota tim baru Anda. Ketika karyawan merasa bahwa mereka telah belajar dan berkembang, mereka bekerja lebih keras dan lebih efisien.

Jangan biarkan mereka menjadi stagnan atau mereka akan menjadi lamban, baik secara pribadi dan profesional.

Berikan tantangan atau berdayakan karyawan Anda dengan tugas-tugas dan proyek.

Coaching dan mentoring karyawan Anda dengan berfokus pada kekuatan yang diperlukan bagi mereka untuk belajar dan tumbuh adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan sebagai manajer dan pemimpin. Membangun kepercayaan diri mereka ketika mereka tidak yakin tentang diri mereka sendiri, membawa mereka keluar dari cangkang mereka ketika Anda tahu salah satu dari mereka memiliki sifat pemalu.

Dengan membantu karyawan Anda belajar dan tumbuh, Anda akan memiliki lebih banyak orang di mana Anda dapat mendelegasikan tugas. Hal ini pada gilirannya memberi Anda lebih banyak waktu untuk fokus pada aspek-aspek lain untuk meningkatkan departemen Anda.

5. Mendorong Karyawan Anda untuk Mengenali Satu Sama Lain untuk Pekerjaan yang Lebih Besar

Setiap kali karyawan atau anggota tim Anda melakukan pekerjaan yang besar, berusahalah dengan ekstra untuk membantu satu sama lain, atau membangun kerja sama tim yang menginspirasi, mencoba untuk mengenali mereka lebih dalam dari sebelumnya untuk saling menopang satu sama lain.

Ketika karyawan menghormati dan saling membantu, Anda akan memiliki departemen yang sangat termotivasi dalam melakukan apa pun. Anda juga bisa mengatur program reward, seperti bonus atau apa pun itu untuk skenario memotivasi anggota atau karyawan Anda.

Ini akan sangat membantu dan merupakan salah satu cara untuk memotivasi anggota atau karyawan Anda dengan sangat terhormat.

Dapatkan 5 ebook Dahsyat, GRATIS!





Slide1

Slide1