Cara Melakukan Rekrutmen Karyawan secara Optimal dan Sukses

Bagaimana Cara Merekrut Karyawan yang Bagus bagi sebuah perusahaan? Pada dasarnya ada beberapa cara khusus yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk mendapatkan karyawan terbaik. Ingin tahu seperti apa caranya? Simaklah pejelasannya di bagian bawah ini :

Memperbaiki hire pool ketika proses rekrutmen dilakukan

Hire pool dikenal sebagai cara yang digunakan oleh setiap perusahaan dalam mengumpulkan para calon pelamar kerja. Hal tersebut umumnya dilakukan untuk mengikuti proses seleksi, hingga didapatkan calon karyawan terbaik. Tahapan yang satu ini dikenal sebagai tahapan paling awal dan juga menjadi bagian paling penting dalam membuka lowongan kerja.

Hire pool dikenal sebagai bagian penting dalam menciptakan ketersediaan dari tenaga kerja, utamanya jenis tenaga kerja yang berkualitas bagi perusahaan. Dengan adanya hire pool, tentunya Anda sebagai recruiter pun akan mengerti dengan lebih pasti terkait kualitas dari para pelamar kerja. Hal ini juga dapat Anda manfaatkan untuk mereview para pelamar, sehingga Anda dapat memastikan mana kiranya pelamar yang layak untuk diterima dan mana yang sebaiknya perusahaan Anda hindari.

Memastikan calon karyawan dengan reputasi baik

Cara Merekrut Karyawan yang Bagus lainnya dapat Anda lakukan dengan menyaring para calon karyawan yang tengah melamar tersebut. Dalam hal ini, Anda harus memastikan jika perusahaan Anda telah menyaring karyawan dengan reputasi yang baik maksud dari reputasi baik adalah reputasi yang tidak berkaitan dengan hal-hal negative. Seperti halnya karyawan yang tidak memiliki histori buruk berkaitan dengan penggelapan dana, memberlakukan nepotisme dan juga lainnya.

Slide1

Untuk memastikan hal tersebut, Anda dapat melihatnya melalui seleksi CV. Karena pada dasarnya saat hendak merekrut karyawan tentunya Anda telah mempersiapkan kriteria yang Anda inginkan seperti mencari karyawan dengan latar pendidikan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan, pengalaman kerja yang dimilikinya dan berbagai macam hal lainnya.

Dengan menentukan kriteria tersebut, tentunya proses seleksi pun dapat dilakukan dengan lebih mudah. Karena umumnya ketika membuka lowongan kerja akan banyak sekali jenis CV yang masuk ke perusahaan Anda. Namun dengan menentukan kriteria yang tepat dan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan, tentunya Anda pun bisa mendapatkan karyawan yang sesuai dengan harapan

Menggunakan beberapa cara tes berbeda

Untuk melihat kemampuan dari calon karyawan, hal lainnya yang dapat Anda lakukan adalah menerapkan sistem tes yang berbeda. Dalam hal ini ada beberapa jenis tes yang bisa Anda gunakan, dimulai dari psikotes, tes bidang hingga tes wawancara. Untuk psikotes, hal tersebut dapat dilakukan di bagian awal untuk melihat kecerdasan potensi yang dimiliki para karyawan.

Setelah itu, memasuki tes bidang kerja yang mana jenis tes ini disesuaikan dengan posisi yang dilamar. Seperti halnya untuk posisi bidang editor, maka para pelamar pun akan diminta untuk mengedit file yang dibutuhkan. Semetara itu, bagian paling akhir adalah tes wawancara. Jenis tes yang satu ini umumnya dilakukan dengan melibatkan karyawan lama yang ada pada posisi yang dituju pelamar sebelumnya. Hal ini ditujukan untuk melihat kecocokan pelamar dengan posisi yang diminati olehnya.

Melibatkan karyawan lainnya ketika proses rekrutmen

Selain beberapa bagian di atas tadi, Anda yang ingin mendapatkan karyawan terbaik dan berkualitas juga dapat melakukan proses rekrutmen dengan melibatkan karyawan lain. Sebagai contoh, jika Anda tengah melakukan rekrutmen untuk posisi marketing. Tentunya Anda pun dapat melibatkan karyawan yang telah ada dari divisi marketing pula.

Keterlibatan karyawan yang telah ada untuk proses rekrutmen bagi karyawan baru tentunya dapat menunjukan kualitas dari karyawan baru. Mengapa demikian? Karena dengan bantuan dari karyawan lama, Anda pun dapat mengetahui hal apa saja yang dibutuhkan oleh divisi tersebut. Dengan kriteria tersebut, karyawan yang dipilih pun nantinya dapat disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan.

Selain memenuhi apa yang dibutuhkan oleh perusahaan, tentunya Anda pun bisa mendapatkan karyawan yang jauh lebih berkualitas. Karena kemampuan yang dimilikinya dapat dipastikan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Untuk proses pelibatan karyawan lama itu sendiri dapat dilakukan pada saat sesi wawancara atau interview.

Memberikan penawaran lebih baik

Strategi lain yang bisa Anda lakukan dalam Cara Merekrut Karyawan yang Bagus adalah memberikan penawaran lebih. Hal ini dapat Anda tunjukkan dari besaran gaji yang juga jauh lebih besar dari kompetitor Anda. Dengan penawaran tersebut, umumnya mereka yang memiliki keterampilan atau kemampuan lebih pun akan jauh lebih tertarik pula untuk bergabung dengan perusahaan Anda.

Dengan kata lain, Anda tidak perlu khawatir dengan biaya lebih yang harus Anda keluarkan. Pasalnya biaya yang dikeluarkan tersebut akan sebanding dengan kemampuan dan kemajuan perusahaan yang bisa Anda dapatkan. Pasalnya ketika karyawan yang Anda rekrut adalah orang-orang terbaik, bukan tidak mungkin perusahaan Anda pun akan mengalami kemajuan dan perkembangan dengan lebih baik pula.

Menggunakan platform terpercaya

Hal paling akhir yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan karyawan terbaik adalah memanfaatkan penggunaan platform terpercaya. Seperti yang Anda tahu, saat ini proses rekrutmen dapat dilakukan dengan mudah melalui media digital. Namun meskipun terbilang mudah, usahakan untuk menggunakan media digital terpercaya, sehingga memberikan hasil yang lebih baik.

Salah satu platform terpercaya yang bisa Anda gunakan dalam merekrut karyawan terbaik adalah platform digital yang terintegrasi dengan kampus terpercaya. Seperti halnya platform lowongan kerja dari beberapa kampus tertentu. Selain bisa mendapatkan karyawan terbaik dari kampus tersebut, tentunya Anda pun dapat mengetahui dengan pasti bahwa calon karyawan adalah orang-orang pilihan yang merupakan alumni dari kampus terbaik.

Demikianlah kiranya beberapa Cara Merekrut Karyawan yang Bagus dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan.

 

 

Download Sekarang >> Dokumen PERATURAN PERUSAHAAN dan PERATURAN KARYAWAN.

Slide1