Cara Menjadi Manajer SDM yang Kompeten dan Andal

Mengelola sumber daya manusia adalah hal yang cukup rumit tetapi tidak sulit untuk dilakukan. Rumit karena memang setiap manusia memiliki karakter yang berbeda dengan cara mengatasi dan penanganan yang berbeda pula. Bagaimana caranya agar semua karyawan di suatu perusahaan bisa memiliki misi dan visi yang sama untuk memajukan perusahaan? Kuncinya ada pada manajemen SDM yang benar.

Mengatur satu orang saja sudah susah apalagi banyak orang? Begitu rata-rata pertanyaan yang kerap kali muncul.

Akan tetapi dengan system dan metode yang tepat semuanya bisa diatasi. Tujuan dari mengatur setiap sumber daya manusia dalam suatu perusahaan adalah untuk memacu semangat nya dalam bekerja dan juga agar kegiatan dan pekerjaan yang mereka lakukan secara tidak langsung bisa berimbas pada kemajuan perusahaan. Bisa dibayangkan jika suatu perusahaan semua karyawannya tidak ada yang mengatur.

Mereka bebas pergi dan pulang kapan saja dan bebas masuk atau libur kapanpun bahkan tanpa ijin kepada atasan. Tentu saja semuanya tidak akan membuat perusahaan bertahan lama. Dengan karyawan yang ditata dan diatur dengan manajemen yang baik maka kita tidak akan segan untuk mempersaingkan perusahaan dengan perusahaan lain yang juga memiliki kompetensi di bidang yang mungkin sama. Hasil akhir biarlah konsumen yang akan menilainya.

Setiap perusahaan pastilah memiliki kepala SDM atau yang biasa disebut dengan HRD manager. Sang manager ini akan memiliki bawahan-bawahan yang bernama HRD staff yang akan menjadi partner nya untuk menjalankan setiap fungsi dari system manajemen SDM yang ada.

Dalam memperbaiki mutu SDM suatu perusahaan maka diperlukan banyak bagian seperti HRD training staff, HRD recruitment, HRD admin ,dll. Setiap bagian akan menjalankan tugasnya yang akan langsung masuk ke setiap karyawan sehingga mutu SDM nya semakin baik.

Misalkan saja karyawan operasional membutuhkan training Microsoft tentu saja HRD training harus menyediakan training yang dibutuhkan sehingga bagian operasional memiliki kemampuan mengoperasikan software tersebut dengan baik dan bisa memasukkan data ke dalam computer dengan cepat.

Dengan demikian waktu bekerja akan semakin efisien dan perusahaan juga semakin maju. Bagian HRD sendiri adalah bagian yang ada ditengah antara perusahaan dan karyawan.bagian ini harus pintar membaca kebutuhan karyawan dan menyampaikannya ke perusahaan dan juga sebaliknya sehingga semua tanggung jawab, kewajiban dan hak bisa dipenuhi dengan baik.

Sumber daya manusia selaku sumber daya yang paling penting dalam perusahaan perlu diperlakukan dengan baik. Penuhi hak nya dan mereka akan melakukan kewajiban dengan baik selama sarana dan fasilitas juga mendukung. Misalkan saja seorang office boy, bagaimana dia akan bekerja dengan baik jika sapu dan kain pel saja tidak diberikan? Menyangkut hal ini, pihak HRD harus bekerja sama dengan general affair agar semua keperluan dan kelengkapan karyawan guna menunjang pekerjaan agar bisa segera dipenuhi.

Mengadakan training yang dibutuhkan sesuai dengan bidang pekerjaan masing-masing juga sangat berpengaruh dalam meningkatkan kinerja di perusahaan. Dengan adanya training maka karyawan akan mendapatkan pengetahuan baru selain itu juga akan menjadi suasana yang menyenangkan karena bisa berkumpul dengan karyawan lainnya yang di saat jam kerja jarang bertemu. Lalu, sekali waktu adakan acara outing bersama setiap bagian ke tempat yang mereka inginkan. Dengan begitu suasana akan semakin akrab dan setelah kembali ke pekerjaan mereka akan semakin semangat karena merasa dihargai oleh perusahaan atas jerih payahnya ikut membesarkan nama tempatnya bekerja.

Pada dasarnya karyawan hanya ingin dihargai. Dengan begitu mereka pun akan bersemangat bekerja dengan baik. Jika memang ada satu atau dua orang yang membandel, lakukan evaluasi atas kinerjanya dan pertanyakan apakah ada hal yang mengganggu pikirannya atau membuatnya tidak bisa bekerja dengan tenang sehingga kinerjanya menurun? Perhatikan factor lingkungan kantor seperti kebersihan, kenyamanan karena memang bekerja tidak hanya soal aktifitas fisik tetapi juga pikiran dan tenaga semua tercurah disana.

Penerapan manajemen SDM memang tidak bisa begitu saja dilakukan dan berubah menjadi lebih baik. Semua butuh proses dan waktu. Tetapi atas kesabaran dan ketekunan semua pasti akan terlihat hasilnya. Perusahaan juga tidak bisa semena-mena menuntut karyawannya untuk melakukan apapun dengan tanpa kompensasi yang setimpal seperti gaji karena pasti akan membuat karyawan bekerja hanya setengah hati.

Karyawan ingin dimanusiakan hanya saja aturan tetap perlu dibuat agar perusahaan memiliki system yang baku dengan standard tertentu untuk tercapainya kemakmuran bersama. Semakin makmur perusahaan pastilah karyawannya juga akan semakin makmur.

Disaat sedang outing atau training ingatkan kembali mengenai kewajiban mereka sebagai karyawan sesuai dengan jabatan masing-masing yang diemban sehingga mereka sadar bahwa apa yang diberikan ini tidaklah gratis, harus ada timbal balik yang setimpal yang memang dibutuhkan untuk mereka lakukan dengan semakin baik setiap harinya.

Slide1

Slide1