Kiat Meningkatkan Karir dengan Prinsip Manajemen Karir yang Tepat

Anda pernah mendengar tentang manajemen karier, atau saat ini Anda telah mereancang manajemen karier terbaik bagi Anda?

Manajemen karir memastikan orang lain tahu tentang kemampuan Anda sekalipun manajemen karir adalah salah satu dari lima fase perencanaan pengembangan karir.

Manajemen karir tidak seperti tahapan lain namun manajemen karir merupakan proses yang berkesinambungan yang terjadi sepanjang karir seseorang, bukan hanya pada waktu singkat. Mungkin akan membantu untuk berpikir bahwa manajemen karir sebagai filsafat dan sebagai kebiasaan yang akan memungkinkan Anda untuk mencapai tujuan karir dan mengembangkan ketahanan karir Anda.

Manajemen karir yang sukses dicapai melalui kebiasaan rutin dalam membangun hubungan, terlibat dalam percakapan pengembangan karir, memperbarui rencana pengembangan karir Anda dan juga pengaturan baru tujuan sebagai kehidupan dan karir membutuhkan perubahan.

Menjadi ahli dalam manajemen karir juga berarti memiliki keterampilan dasar yang berhubungan dengan mencari pekerjaan dan mengelola perubahan secara tangguh. Manajemen karir merupakan hal yang kadang sulit dilakukan bagia sebagian orang.

Hal ini kedengarannya seperti konsep yang tak dapat dijelaskan dan seperti tidak benar-benar banyak berarti. Namun pada kenyataannya manajemen karir adalah proses yang sangat signifikan dan spesifik yang bila dilakukan dengan benar, membantu untuk memastikan keberhasilan karir Anda dalam jangka panjang.

Manajemen karir menggunakan konsep yang mirip dengan manajemen keuangan yang baik yang menjadi aturan praktis yang baik. Perlu diingat bahwa untuk mengembangkan karir maka Anda harus disiplin, manajemen ini dibuat secara teratur sehingga menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Dalam rangka untuk mendapatkan hasil maksimal dari karir Anda, Anda harus menaruh beberapa usaha untuk memeliharanya.

Tanpa rencana pengelolaan karir yang terstruktur, Anda akan segera menemukan diri Anda melakukan apa yang mudah atau nyaman atau apa yang orang lain ingin Anda lakukan. Anda mungkin menemukan bahwa tujuan masa depan tidak sejajar dengan tindakan Anda saat ini.

Hal pertama yang harus dipahami saat Anda mulai mengembangkan manajemen karir adalah bahwa manajemen karir bukanlah peristiwa tunggal, namun hal itu adalah bagian dari perjalanan karir Anda. Jangan menundanya sampai Anda tiba-tiba menyadari ada masalah.

Anda tidak bisa hanya duduk santai dan membiarkan orang lain melakukan pekerjaan untuk Anda. Jika tidak, Anda akan dikalahkan oleh rekan kerja di kantor, jadi Anda harus menjadi aktif, terlibat dalam kegiatan di perusahaan.

Manajemen karir yang paling menguntungkan adalah ketika dirancang khusus atau terstruktur. Struktur membantu menjaga proses bergerak dengan stabil, kecepatan stabil terlepas dari apa yang terjadi pada kair Anda.

Setiap tujuan dalam pencapaian karir Anda memang harus dipecah menjadi tugas-tugas yang setelah selesai akan mencapai tujuan. Sebuah waktu kemudian dapat dibuat untuk memetakan setiap langkah di sepanjang jalan perjalanan karir yang Anda inginkan.

Anda bisa memantau kemajuan yang menjadi strategi terbaik untuk memuaskan apa yang telah Anda perjuangkan.

Manajemen karir melibatkan secara teratur tujuan yang ditetapkan dan perilaku yang dibuat. Hal ini membantu mencegah stagnasi dan memastikan tujuan karir sedang metode yang dilakukan dimasukkan ke dalam bagian dari manajemen karir tersebut. Tujuan Karir akan berubah dan tumbuh seperti yang Anda lakukan.

Bagian dari proses manajemen karir melibatkan pemantauan dan penyesuaikan mereka sesuai kebutuhan. Setiap langkah akan meningkatkan pemahaman Anda tentang apa yang Anda inginkan dan bagaimana menuju karir sukses Anda. Peta ini tidak diatur dalam batu. Ketika Anda bergerak maju, proses manajemen karir akan membantu Anda mengidentifikasi jalur baru dan tujuan baru.

Anda harus berpartisipasi dalam proses manajemen karir Anda sendiri yang telah terstruktur dan menunjukkan peran penting bahwa karir bermain dalam hidup Anda secara keseluruhan. Pekerjaan juga menempati sebagian besar waktu yang Anda habiskan di dunia sehingga mengelola karir Anda jelas merupakan investasi yang berharga energi. Pilihan yang Anda buat sekarang akan mempengaruhi masa depan Anda.

Hal ini berlaku bagi para pencari kerja dan karyawan di semua tingkatan dan di semua jalur karir. Semua hal yang Anda lakukan untuk meningkatkan keterampilan Anda atau berhasil di tempat kerja adalah bagian dari karir Anda.

Anda bisa kuliah kembali untuk mendapatkan gelar di bidang Anda dan hal ini akan membantu karir Anda. Anda pun juga bisa belajar hal yang berkaitan dengan pekerjaa Anda sehingga Anda dapat memperoleh keterampilan dan pengalaman membantu karir Anda.

Karir pun juga tak bisa lepas dari komunikasi dengan relasi Anda sehingga Anda bisa menjaga hubungan yang positif dengan rekan kerja Anda dan bos agar bisa membantu karir Anda. Mengelola karir Anda adalah proses yang berkelanjutan dan ini tidak berhenti ketika Anda menemukan pekerjaan yang baik.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan saat bekerja untuk meningkatkan karir Anda. Hal-hal ini sering meningkatkan kesempatan Anda mendapatkan promosi atau kenaikan gaji.

Dibawah ini adalah cara yang bisa membantu Anda untuk meningkatkan karir:

• Berpartisipasi dalamtraining atau pelatihan kerja untuk belajar tentang tren industri dan untuk membangun jaringan Anda.
• Selalu belajar tentang hal baru seperti dengan memaanfaatkan pelatihan on the job atau mencari pelatihan singkat

• Tahu bagaimana karir Anda cocok dengan prioritas hidup Anda

• Seimbangkan karir dan aktivitas kehidupan, jangan biarkan pekerjaan Anda secara negatif mempengaruhi karir Anda atau sebaliknya.
• Evaluasi kembali tujuan karir Anda sering

• Jangan mudah menyerah dengan masalah saat Anda mengembangkan karir

Slide1

Slide1