Tahapan dalam Membangun Corporate University

Dewasa ini, sering terdengar di telinga kita terkait corporate university. Perlu Anda ketahui bahwa universitas korporat ternyata sudah dibangun pertama kalinya pada sekitar 60 tahun lalu. Bahkan muncul sebelum ada istilah corporate university. Masa demi masa kini menunjukkan bahwa istilah tersebut sudah tidak hanya segelintir saja di dunia ini. Melainkan ratusan bahkan ribuan. Nah, sebenarnya apa sih corporate university itu? Untuk mengenal lebih lanjut terkait pembahasan satu ini, yuk simak konsep tentang corporate university berikut!

Apa Itu Corporate University?
Meskipun memiliki definidi yang berbeda dari banyak sumber, namun secara general dapat diketahui definisinya. Yakni sebagai lembaga yang ternyata kurang cocok jika disebut sesbagai universitas. Melainkan lebih cocok jika disebut sebagai fasilitas pelatihan yang umumnya dimiliki oleh suatu perusahaan atau korporasi. Tujuan dari didirikannya suatu korporat universitas sendiri untuk membantu sekaligus membentuk SDM dalam pembelajaran maupaun pengetahuan personal melalui kegiatan-kegiatan yang ada di dalamnya.

Dengan demikian, tentu konsep tentang corporate university bisa dikatakan jauh berbeda dengan universitas reguler. Sebab, universitas-universitas reguler memiliki output SDM sebagai ahli madya, sarjana, maupun pascasarjana. Sedangan untuk corporate university terletak pada pelatihan dari suatu perusahaan secara khusus terhadap perseorangan guna manajerial atau kepentingan dari perusahaan induk.

Perbedaan Corporate University dengan Lembaga Pelatihan
Meskipun setelah dilihat dari pengertiannya sekilas tampak sama, ternyata keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Di antaranya adalah bahwa seperti yang kita ketahui bahwa lembaga pelatihan merupakan lembaga yang bersifat operasional atau taktis, ternyata corporate university lebih ke arah strategis. Dengan demikian, tentu dapat disimpulkan bahwa program pelatihan sendiri memiliki tujuan secara general untuk membantu perseorangan dalam melakukan pekerjaannya supaya bisa menjadi lebih baik lagi.

Sedangkan tujuan dari dibentuknya corporate university lebih luas lagi.

Mulai dari tujuann umum supaya membantu perusahaan dalam melatih para pekerjanya, hingga ke tujuan-tujuan khusus seperti menumbuhkan loyalitas para pekerja terhadap perusahaannya, mempertahankan sifat kompetitif dalam perkembangan dunia perekonomian, mempertahankan kualitas masing-masing SDM, mengadakan pelatihan yang akurat, untuk mempertahankan culture atau budaya perusahaan yang sudah lama berjalan, hingga tujuan melakukan perubahan terhadap perusahaan supaya bisa lebih baik lagi. Oleh sebab itu, cukup ketahuan bahwa konsep tentang corporate university sangat berbeda dengan lembaga pelatihan maupun universitas reguler.

Slide1

Beberapa Contoh Corprate University di Indonesia

• BNI Corporate University
Contoh pertama yang akan kita bahas yakni BNI Corporate University. Perlu Anda ketahui lembaga satu ini masuk sebagai salah satu lembaga yang fokus pada pengembangan sumber daya manusia dengan kompetensi berstandar internasional. Bahkan, dalam perkambangannya hingga saat ini, lembaga satu ini sudah berhasil meraih akreditasi CLIP atau corporate learning improvement process yang diberikan oleh EFMD. Apa artinya? Dengan adanya akreditasi tersebut, tentu menunjukkan bahwa BNI Corporate University telah mencapai visi misi dalam peningkatan kompetensi para pekerjanya secara sungguh-sungguh atau konsisten.

Perkembangan juga terus dilakukan oleh BNI yang bisa kita lihat dari pembentukan sistem pembelajaran yang terintegrasi bernama BNI Smarter. Di dalamnya, memuat pelatihan serbaguna yang bisa diakses melalui materi-materi, pelatihan publik, mentoring, menemukan pakar yang ahli dibidangnya, serta masih banyak lagi pelayanan lainnya.

• Garuda Corporate University
Selanjutnya terdapat Garuda Corporate University yang juga memiliki tujuan sama layaknya yang sudah dijelaskan terkait tujuan dan konsep tentang corporate university. Yakni sama-sama untuk meningkatkan kompetensi atau kualitas dari SDM mereka melalui suatu pembelajaran. Pasalnya, dengan diadakannya konsep satu ini secara serius, maka dapat membuat perusahaan bisa memiliki personil-personil yang berkinerja secara maksimal untuk kepentingan perusahaan kedepannya.

Nah, di Garuda sendiri memiliki beberapa perbedaan dengan universitas korporat lainnya. Sebab, di sini menegaskan bahwa masing-masing departemen wajib sejalan terhadap direktorat guna mempertimbangkan persetujuan akan apa yang hendak dilakukan. Itu sebabnya di Garuda mengandung unsur andil oleh para direktur terhadap sistem pelatihan atau pembelajarannya. Sedangkan untuk inovasi yang dilakukan oleh pihak garuda sendiri yakni seperti adanya e-learning sehingga memungkinkan para pekerja bisa mengikuti beragam pelatihan tanpa harus meninggalkan kehadiran di perusahaannya.

• PLN Corprate University
Selain beberapa jenis universitas korporat di atas, ternyata ada jenis lain bernama PLN Corporate University. Di dalam PLN menganut konsep tentang corporate university dengan unsur strategi yang cukup berbeda terhadap jenis korporat lainnya. Pasalnya, di sini memiliki visi untuk meningkatkan kemajuan perusahaan, perilaku karyawan, hingga keterampilan di dalam lingkungan ekosistem bisnis guna mengintegrasikan seluruh pembelajaran, proses, dan juga para karyawan di perusahaan tersebut. Namun, tujuan generalnya tetap sama yakni untuk menciptakan kinerja terbaik dari internal perusahaan itu sendiri. Selain itu, PLN juga mencanangkan tujuan utama lainnya dalam pembentukan korporat ini yakni untuk membentuk para pemimpin masa depan yang berkualitas sehingga bisa memberikan kontribusi terbaik untuk perusahannya.

• United Tractors Corporate University
UT Corporate University, dikenal sebagai korporat yang memiliki peran sebagai center of exvellence untuk setiap pekerja yang ada di UT tersebut. Hal lain yang perlu Anda ketahui tentang korporat satu ini adalah bukan hanya penggerak terdepan dalam hal budaya pelatihan maupun belajar saja. Melainkan juga andil dalam hal resource paling utama untuk para karyawan atau pekerja dalam mengembangkan diri mereka masing-masing. Bahkan, berperan juga dalam hal barometer sertifikasi sekaligus kompetensi yang juga tidak kalah pentingnya dengan aspek-aspek lain di perusahaan tersebut.
Berdasarkan visi pembentukan konsep tentang corporate university di UT, maka fungsi utama dari korporat satu ini juga semakin ketahuan.

Yakni tidak lain dan tidak bukan adalah untuk penyalur atau penyedia program-program pelatihan sekaligus pembelajaran. Selain itu, memiliki fungsi lain sebagai fasilitas yang mencetak para pemimpin masa depan di UT dan juga menjadi pusat konsultasi bagi yang membutuhkan. Jadi, tidak heran jika secara garis besar visinya terletak pada tujuan untuk menjadi suatu lembaga korporat di bidang indsutri yang dijuluki sebagai lembaga terbaik dalam hal alat berat, energi, hingga pertambangan.

Selain beberapa jenis corporate university di Indonesia yang sudah disebutkan di atas, ternyata masih terdapat contoh lain yang mungkin bisa Anda telusuri lagi guna semakin memperdalam pengetahuan terkait konsep tentang corporate university. Khusunya untuk yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Materi Presentasi yang bagus dan aplikatif tentang Manajemen SDM x Balanced Scorecard. Gratis. Download Sekarang.

Slide1