Bukti Portofolio Hasil Kerja dalam Uji Kompetensi SDM

Tahukah Anda bahwa uji kompetensi SDM, bukan sekedar langkah untuk naik jabatan dan sejenisnya. Banyak hal penting yang didapat dari uji kompetensi tersebut. Makanya bukti portofolio hasil kerja dalam uji kompetensi SDM perlu dipersiapkan, jika memang Anda ingin memiliki karir yang lebih maju dan legalitas kemampuan yang terjamin.

Berikut ini akan dibahas semua hal terkait portofolio hasil kerja, dari sebuah uji kompetensi SDM. Mulai dari pengertian portofolio, apa saja dokumen dalam sebuah portofolio, istilah dalam pembuatan portofolio tersebut, hingga manfaat adanya bukti berupa portofolio hasil kerja. Jadi, luangkan waktu Anda untuk memahami semua informasi hingga tuntas.

Portofolio Hasil Kerja
Portofolio yaitu sebuah bukti yang dimiliki seseorang setelah melakukan berbagai kegiatan. Secara umum, portofolio bisa dimiliki individu untuk memperlihatkan kemampuannya pada suatu bidang. Bisa juga perusahaan yang ingin mempromosikan diri kepada klien.

Sedangkan portofolio hasil kerja, adalah dokumen yang berisikan berbagai komponen penting dari pekerjaaan yang sudah dilakukan seseorang. Misalnya, dalam uji kompetensi SDM maka dokumen yang harus ada di dalam portofolio hasil kerja adalah yang berhubungan dengan uji kompetensi tersebut.

Biasanya, portofolio ini akan diberikan kepada semua unit yang terlibat dalam sebuah pekerjaan. Misalnya lagi, saat uji kompetensi maka portofolionya harus diserahkan kepada semua unit kompetensi yang akan diikuti atau diujikan kepada seseorang.

Bukti Portofolio Hasil Kerja Dalam Uji Kompetensi SDM
Secara umum, beberapa bukti harus masuk ke dalam portofolio yang akan dijadikan bukti hasil kerja pada sebuah uji kompetensi SDM.

Slide1

 Foto
Dokumentasi yang berkaitan dengan uji kompetensi SDM yang diikuti. Bisa saja saat mengikuti pelatihan dan seminar, maupun saat berdiskusi dengan peserta lainnya.

 Sertifikat Hadir
Bukti kehadiran dari peserta uji kompetensi, yang bisa didapatkan dari penyelenggara uji kompetensi. Biasanya memang merupakan salah satu dokumen yang akan diberikan setelah proses uji kompetensi selesai dilakukan.

 Formulir
Semua formulir yang diisi oleh peserta dan berhubungan dengan hasil kerjanya dalam uji kompetensi.

 Notulen
Notulensi dari setiap kegiatan yang diikuti.

 Materi
Semua materi yang diujikan selama proses uji kompetensi. Biasanya juga akan diberikan oleh penyelenggara sebagai bagian dari dokumen penting untuk peserta.

 Undangan
Undangan untuk mengikuti uji kompetensi SDM.

 Absensi
Semua absensi kegiatan yang melibatkan peserta.

Istilah Penting Dalam Sebuah Portofolio Hasil Kerja
Ada beberapa istilah yang sangat erat kaitannya dengan bukti portofolio hasil kerja dalam uji kompetensi SDM. Apa saja istilah tersebut?

 Surat Keputusan
Dibutuhkan ketika peserta uji kompetensi punya wewenang melakukan sebuah pekerjaan sesuai unit kompetensi yang diujikan kepadanya.

 Surat Rekomendasi
Adalah surat yang dimasukkan ke dalam portofolio, ketika peserta punya wewenang menetapkan dokumen sebuah pekerjaan. Termasuk membantu proses pembuatan dokumen tersebut.

 Surat Tugas
Yaitu surat yang diberikan oleh instansi kepada peserta, untuk ikut dalam pelaksanaan pekerjaan sesuai unit kompetensi yang diuji.

 Sertifikat Pelatihan
Sertifikat yang didapat sesuai dengan pelatihan kompetensi yang diikuti saat uji kompetensi.

 Dokumen Arsip
Merupakan dokumen yang berhubungan dengan uji kompetensi dan sudah disetujui oleh pihak berwenang. Baik itu instansi tempat peserta bekerja dan lainnya.

Dokumen Hasil Pekerjaan


Dokumen yang berhubungan dengan proses hingga hasil sebuah pekerjaan, berhubungan dengan unit kompetensi yang diuji.

Pentingnya Portofolio Hasil Kerja dalam Uji Kompetensi SDM
Portofolio hasil kerja, memiliki banyak manfaat makanya sangat penting sebagai bagian dari sebuah uji kompetensi SDM. Seberapa pentingnya portofolio tersebut?

 Melihat Kemampuan
Untuk mengetahui sejauh mana kemampuan seorang karyawan dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Kemampuan ini berhubungan dengan keterampilan, wawasan, attitude, dan semua hal yang menjadi alasan seberapa baik hasil kerja yang diberikannya untuk perusahaan.

 Melihat Pengalaman
Dengan portofolio yang lengkap, akan terlihat seperti apa pengalaman bekerja seorang karyawan terutama di bidang yang diujikan. Sehingga bisa memberikan nilai tertentu kepadanya, karena akan terlihat dari dokumen yang disertakan di dalam portofolio tersebut.

Semakin lengkap dan sesuai sebuah portofolio, tentu akan menjadi nilai tambah bagi pemiliknya.

 Memastikan Kewenangan
Melalui portofolio juga akan terlihat sejauh mana kewenangan yang selama ini dimiliki oleh seorang peserta uji kompetensi. Karena adanya dokumen pendukung kegiatan yang pernah dilakukannya sesuai unit uji kompetensi SDM yang diikutinya.

 Track Record Untuk Naik Jabatan
Portofolio juga sangat penting untuk melihat rekam jejak seorang karyawan, ketika perusahaan atau instansi ingin melakukan kenaikan jabatan. Walaupun, bukan satu-satunya hal yang menjadi pertimbangan. Paling tidak, menambah penilaian positif bagi karyawan.

Karena di dalam portofolio tersebut akan terlihat banyak dokumen kerja yang melibatkan karyawan sebagai SDM berkualitas.

 Pengakuan Kemampuan
Dari portofolio juga bisa didapat pengakuan kemampuan dari seorang karyawan, sejauh mana dia mampu mengemban tugas yang diberikan selama ini. Termasuk potensi dia mampu mengerjakan tugas yang akan diemban di masa depan.

 Dokumen Untuk Memantau Kemajuan Kinerja
Portofolio juga akan menjadi dokumen penting untuk melakukan pemantauan kemajuan kinerja.

Contoh Bukti Portofolio Hasil Kerja dalam Uji Kompetensi SDM

Peserta uji kompetensi SDM, bisa memberikan portofolio yang sesuai dengan unit dari uji kompetensi yang diikutinya. Sebagai contoh, Anda bisa melihat dokumen apa yang ada di dalam sebuah portofolio sesuai unit uji kompetensi.

Berikut ini adalah beberapa portofolio uji kompetensi yang dibutuhkan oleh para profesional SDM untuk mendapatkan Sertifikasi Kompetensi SDM dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi), di antaranya :

1. Portofolio Program Pembelajaran dan Pengembangan
2. Portofolio Program Manajemen Suksesi
3. Portofolio Strategi Pengelolaan Kinerja
4. Mengelola Proses Perumusan Indikator Kinerja
5. Portofolio Struktur dan Skala Upah di Tingkat Organisasi

6. Portofolio Sistem Tunjangan dan Benefit di Tingkat Organisasi
7. Portofolio Program Insentif di Tingkat Organisasi
8. Portofolio Kebijakan Organisasi yang selaras dengan Strategi Pengelolaan SDM

9. Portofolio Rancangan Model/Struktur Organisasi
10. Portofolio Permasalahan Organisasi
11. Portofolio Intervensi Interpersonal, Teknologi, Manajemen Pekerja

12. Portofolio Pelatihan Tatap Muka
13. Portofolio Intervensi Perubahan Organisasi
14. Portofolio Model Kompetensi

Bukan hal yang mudah untuk membuat sebuah bukti portofolio hasil kerja dalam uji kompetensi SDM. Butuh persiapan yang matang dan dokumen pendukung yang valid, sehingga portofolio tersebut nantinya bisa menjadi nilai tambah bagi peserta sebuah uji kompetensi SDM.

Jadi, buat Anda yang akan ikut uji kompetensi ini mulailah untuk mempersiapkan diri, dokumen dan semua hal terkait uji tersebut. Supaya lebih siap saat harus menjalani uji kompetensi hingga tuntas.

Materi Presentasi yang bagus dan aplikatif tentang Manajemen SDM x Balanced Scorecard. Gratis. Download Sekarang.

Slide1