Sertifikasi Kompetensi SDM dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi)

Bagaimana cara mendapatkan Sertifikasi Kompetensi SDM dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi)? Untuk mendapatkan sertifikasi tersebut. Tentunya Anda harus mengikuti uji kompetensi terlebih dahulu. Karena sertifikat tersebut hanya akan diberikan pada mereka yang telah lulus uji kompetensi.

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai cara mendapatkan sertifikat kompetensi SDM di bagian atas tadi. Akan lebih baik jika Anda mengenali bidang SDM terlebih dahulu. Berikut penjelasannya :
Mengenal bidang SDM dan pentingnya sertifikasi kompetensi SDM

SDM atau Sumber Daya Manusia adalah salah satu bidang dalam dunia pekerjaan yang tentunya dibutuhkan oleh semua perusahaan atau lembaga. Karena jika suatu perusahaan atau bahkan lembaga tidak memiliki SDM, maka perusahaan tersebut pun tidak akan berjalan dengan lancar. Mengapa demikian? Karena SDM adalah mereka yang bekerja di dalamnya, seperti halnya pegawai, karyawan, dan lainnya.
Sementara bidang SDM adalah bagian yang menaungi atau bekerja untuk mengawasi dan bahkan mengontrol para SDM di dalamnya. Tidak heran, jika kemudian bidang SDM selalu ada di semua jenis perusahaan, lembaga atau bahkan organisasi sekalipun.

Sebagai salah satu bagian yang sangat dibutuhkan, keberadaan sertifikasi kompetensi pun menjadi hal yang patut untuk dipertimbangkan. Apalagi bagi Anda yang ingin mencapai karir di bidang SDM dengan lebih baik. Meski demikian, ada pula beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan sebelum mengikuti sertifikasi kompetensi tersebut. Seperti halnya dari segi finansial atau bahkan dari segi keuntungan lain yang mungkin bisa Anda dapatkan darinya.

Bagi sebagian besar orang, sertifikasi kompetensi SDM dinyatakan sebagai bentuk investasi. Hal tersebut dinyatakan sebagai penunjang karirnya di masa mendatang. Karena dengan adanya sertifikat tersebut juga dapat memberikan pengaruh besar. Baik itu bagi perseorangan, konsumen, organisasi, hingga mereka yang berperan sebagai pemegang saham.

Cara Mendapatkan Sertifikasi Kompetensi SDM dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi)

Slide1

Tidak jauh berbeda dengan beberapa negara lainnya, di Indonesia pun perkembangan uji kompetensi dilakukan dengan mengembangkan penilaian pada bidang SDM. Hal tersebut tentunya dilakukan berdasarkan pada kredensial, kemudian pengujian serta pengalaman yang dimiliki para SDM tersebut. Dengan demikian, proses penentuan serta peningkatan SDM dari masing-masing orang yang mengikutinya pun dapat dilakukan dengan mudah.

Meskipun kepemilikan sertifikasi kompetensi SDM dapat dipertimbangkan secara pribadi. Namun di Indonesia terdapat kebijakan yang menyatakan bahwa seluruh praktisi di bidang SDM harus memiliki sertifikasi kompetensi itu tadi. Kebijakan tersebut dinyatakan oleh Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia pada tahun 2019 lalu.

Sementara itu, pihak yang berwenang dalam mengeluarkan sertifikasi kompetensi tersebut adalah BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Keberadaan sertifikat yang dikeluarkan oleh nya pun kemudian banyak dijadikan sebagai acuan mengenai kompetensi SDM pada berbagai macam jenis bidang industri. Bahkan untuk kredibilitas dari sertifikat tersebut pun telah diakui secara internasional, utamanya untuk kawasan Asia Tenggara.

Jenis kompetensi bisnis yang dibutuhkan profesional SDM
Pada mulanya pakar SDM hanya memiliki fokus utama pada bagian fungsi dari SDM saja. Hal tersebut telah dianggap cukup untuk menjadikan dirinya sebagai seorang ahli dan menunjang karir yang dimilikinya di masa depan. Namun hal tersebut tentunya tidak sama dengan saat ini.

Dengan tingkat kemajuan teknologi yang tinggi, persaingan di lingkup professional SDM pun semakin meningkat ula. Hal ini menjadikan para profesional SDM harus menguasai kompetensi yang lebih beragam. Sehingga dirinya tidak hanya mampu berperan pada bidang SDM saja, tetapi juga memiliki kemampuan bisnis dengan lebih baik.

Berikut ini adalah beberapa kompetensi yang dibutuhkan oleh para profesional SDM untuk mendapatkan Sertifikasi Kompetensi SDM dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi), di antaranya :

1. Menyelaraskan Strategi Pembelajaran dan Pengembangan Strategi Organisasi
2. Merancang Program Pembelajaran dan Pengembangan
3. Melaksanakan Program Manajemen Suksesi
4. Menyusun Strategi Pengelolaan Kinerja
5. Mengelola Proses Perumusan Indikator Kinerja
6. Menyusun Struktur dan Skala Upah di Tingkat Organisasi
7. Menyusun Sistem Tunjangan dan Benefit di Tingkat Organisasi
8. Menyusun Program Insentif di Tingkat Organisasi
9. Merumuskan Kebijakan Organisasi yang selaras dengan Strategi Pengelolaan SDM
10. Membuat Rancangan Model/Struktur Organisasi
11. Menetapkan Kebutuhan Akan Pekerja
12. Merumuskan Permasalahan Organisasi
13. Menyusun Intervensi Interpersonal, Teknologi, Manajemen Pekerja
14. Melaksanakan Pelatihan Tatap Muka
15. Melakukan Intervensi Perubahan Organisasi
16. Merancang Model Kompetensi

Alasan untuk mendapatkan Sertifikasi Kompetensi SDM
Mereka yang mengejar Sertifikasi Kompetensi SDM dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) tentunya bukan tanpa alasan jelas. Pasalnya ada beberapa hal yang seringkali membuat seseorang, utamanya mereka yang bekerja pada bidang SDM harus melakukannya. Ingin tahu apa saja? Berikut penjelasannya :

1. Untuk membantu menunjang karir di masa depan
2. Untuk menunjukkan atau bukti pencapaian dari profesionalisme kerja di bidangnya
3. Untuk mendapatkan pengakuan di tempat kerja, baik dari rekan sesama pekerja atau bahkan atasannya.
4. Untuk meningkatkan pemahaman pada bidang SDM
5. Untuk memenuhi keinginan atau sebagai bentuk kepuasan pribadi.

Selain beberapa alasan di bagian atas tadi, dengan mendapatkan sertifikasi kompetensi tentunya Anda pun dapat menunjukkan kemampuan atau keahlian yang Anda miliki dengan lebih mudah. Seperti halnya ketika Anda melamar pekerjaan pada perusahaan tertentu. Dengan adanya sertifikasi tersebut, tentunya para pemberi kerja pun dapat lebih yakin dengan kemampuan atau kompetensi yang Anda miliki.
Manfaat Sertifikasi Kompetensi SDM dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi)

Selain berkaitan dengan beberapa alasan di bagian atas tadi, keberadaan Sertifikasi Kompetensi SDM dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) juga dapat memberikan Anda banyak manfaat. Seperti halnya beberapa manfaat yang ditunjukkannya berikut ini :

1. Skema dari jenis pekerjaan yang lebih maju
Di masa mendatang karir pada bidang SDM menjadi sesuatu hal yang sangat menjanjikan. Hal ini berkaitan dengan peningkatan akan tenaga profesional dari bidang tersebut. Namun tentunya permintaan tersebut hanya ditujukan bagi mereka yang telah memiliki sertifikasi saja.

2. Pengetahuan yang lebih diperbarui
Bidang SDM kini hadir dengan pengetahuan yang lebih banyak. Karena itulah dengan mengikuti sertifikasi kompetensi SDM, tentunya Anda pun dapat memperbarui kemampuan serta pengetahuan dengan lebih baik lagi.

3. Kerja cerdas menjadi cara nyata
Sertifikasi kompetensi pada bidang SDM tentunya akan memberikan Anda banyak pengetahuan. Utamanya berkaitan dengan cara kerja yang lebih efektif, efisien dan penuh tanggung jawab. Dengan demikian, pekerjaan Anda sebagai profesional SDM pun dapat dilakukan dengan lebih mudah. Itulah mengapa dikenal sebagai kerja cerdas.

4. Gaji yang lebih baik
Dengan mendapatkan sertifikasi kompetensi SDM, tentunya peluang untuk mendapatkan gaji lebih tinggi pun akan terbuka dengan lebih besar. Hal ini berkaitan dengan peningkatan kompetensi yang Anda miliki. Sehingga setiap kompetensi tersebut akan terbayarkan dengan gaji yang sesuai.

5. Penuhi preferensi perekrutan
Saat ini persaingan dalam dunia kerja sangatlah ketat. Beberapa perusahaan bahkan melakukan perekrutan dengan syarat khusus. Seperti halnya syarat berupa kepemilikan sertifikasi kompetensi. Sehingga siapa pun yang memilikinya tentu memiliki peluang untuk mendapatkan pekerjaan dengan lebih mudah pula.

6. Lebih percaya diri
Manfaat paling akhir yang bisa Anda dapatkan dari sertifikasi kompetensi adalah menjadikan Anda sebagai sosok pegawai yang lebih percaya diri. Hal ini dikarenakan Anda memiliki pengetahuan serta kemampuan yang lebih baik. Sehingga Anda pun dapat bekerja dengan lebih percaya diri.
Demikianlah kiranya penjelasan singkat mengenai pentingnya Sertifikasi Kompetensi SDM dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).

Materi Presentasi yang bagus dan aplikatif tentang Manajemen SDM x Balanced Scorecard. Gratis. Download Sekarang.

Slide1