Cara Mudah Mempertahankan Loyalitas Karyawan

Artikel ini merupakan kontribusi dari guest blogger Adi Nugroho yang memiliki blog bagus tentang manajemen bisnis.

Sebuah perusahaan yang baik adalah perusahaan yang dapat mempertahankan loyalitas karyawan dengan baik. Tentunya agar bisa mempertahankan karyawan yang memiliki kualitas yang baik bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Salah satunya bisa memberikan liburan tambahan bagi karyawan yang bekerja melebihi jam kerja atau bisa dikatakan lembur. Tetapi jika perusahaan ingin memberikan lebih maka bisa memberikan saja bonus gaji sesuai dengan kinerjanya. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda ikuti:

Menumbuhkan Percaya Diri

Cara mempertahankan loyalitas karyawan adalah dengan menumbuhkan percaya diri. Percaya diri merupakan salah satu sifat yang harus dimiliki oleh setiap karyawan. Karena dalam memimpin sebuah perusahaan memang harus membutuhkan kepercayaan diri yang kuat.

Hal ini pun pernah dilakukan oleh Darwin yang pernah melakukan survei pada tahun 2003. Darwin mengatakan kalau karyawan akan lebih senang dengan pemimpin yang memiliki banyak pengalaman. Pada artinya karyawan tersebut tidak akan meragukan pemimpin pada saat memimpin sebuah perusahaan.

Slide1

Tentu agar dapat mempertahankan loyalitas karyawan dengan baik, seorang pemimpin harus memiliki arah hingga tujuan yang jelas. Biasanya setiap pemimpin harus sudah tahu seperti apa potensi yang ada di dalam dirinya masing-masing.

Selain itu, seorang pemimpin pun harus melakukan banyak pelatihan. Dan tentu seorang pemimpin harus memiliki visi misi yang sama dengan perusahaan. Hal ini penting agar visi misi bisa berpengaruh baik bagi perusahaan.

Walaupun menjadi seorang pemimpin, bukan hanya berfokus untuk mempertahankan loyalitas karyawan saja. Melainkan seorang pemimpin harus sering melakukan interaksi atau komunikasi kepada timnya. Kalau bisa, anda harus menyebarkan energi positif kepada bawahan yang ada di tim anda.

Menciptakan Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang mendukung baik buruknya perusahaan ke depan. Oleh karena itu, jika ingin perusahaan tetap dalam keadaan baik-baik saja maka anda bisa memilih orang-orang yang sesuai dengan kualifikasi.

Jika perusahaan melupakan manajemen sumber daya manusia sama saja seperti perusahaan tidak bisa mempertahankan loyalitas karyawan dengan baik. Mulai sekarang anda bisa memberikan berbagai pelatihan kepada karyawan agar karyawan dapat memiliki peningkatan.

Memberikan Hak Karyawan

Bagi karyawan di perusahaan kecil tentu tidak setiap hari mendapatkan nasib baik. Terkadang banyak karyawan yang selalu dituntut untuk lembur tetapi tidak ada hal pun yang diberikan kepada karyawan. Kecuali salah satu hal wajib yang harus diberikan kepada karyawan adalah gaji.

Hal ini pun sering terjadi saat proses perekrutan, perusahaan seolah memberikan janji manis kepada karyawan. Tetapi jika ingin mempertahankan loyalitas karyawan maka perusahaan bisa memberikan hak karyawan yang layak.

Dengan kehadiran ini karyawan akan merasa kinerjanya dihargai oleh perusahaan. Dan perusahaan pun akan lebih giat dalam melakukan pekerjaan. Dalam hal ini, perusahaan harus mengatakan sejujurnya saja tidak perlu memberikan janji sama sekali.

Memberikan Kendali

Jika pada umumnya karyawan harus bekerja selama 8 jam setiap harinya, maka tidak perlu khawatir. Anda bisa sedikit memberikan kebebasan kepada karyawan untuk memotong jam kerja misalnya menjadi 4-5 jam saja.

Hal ini perlu diutamakan bagi beberapa divisi seperti media sosial, content writer, marketing atau sales. Beberapa divisi itu tidak mengharuskan karyawan untuk bekerja 8 jam setiap hari. Melainkan beberapa divisi itu bisa menjalankan pekerjaan dimana saja dan kapan saja.

Jika perusahaan sudah mempercayakan kinerja kepada karyawan, maka anda berhak langsung mengevaluasinya. Setidaknya usahakan setiap 3 bulan melakukan evaluasi terkait kinerja karyawan di dalam perusahaan.

Bahkan banyak orang yang mengatakan keterlibatan karyawan di dalam perusahaan adalah hal yang nomor satu. Sebab karena kinerja karyawan inilah dapat memudahkan perusahaan dalam mengambil suatu keputusan.

Menciptakan Suasana Kerja Yang Nyaman

Agar pekerja bisa lebih nyaman dengan pekerjaan yang dilakukan harus dilihat terlebih dahulu dari suasana kerjanya. Karena suasana kerja itulah yang akan menentukan apakah karyawan nyaman bekerja disana atau tidak.

Sebab jika karyawan saja tidak nyaman dalam bekerja maka hal ini akan berkaitan dengan kinerja setiap karyawannya. Tetapi perlu diingat suasana kerja bukan dari faktor saja melainkan bisa dari beberapa rekan kerja.

Tetapi hal ini bisa dilihat kembali apakah benar dari faktor fasilitas, budaya ataupun struktur organisasi. Ada baiknya jika kurang nyaman dengan suasana pekerjaan, maka bisa langsung bicarakan langsung kepada atasan. Hal ini agar tidak ada salah paham yang terjadi antara anda dengan atasan.

Memberikan Jenjang Karir

Setiap karyawan yang bergabung di dalam sebuah perusahaan tentu menginginkan sekali jenjang karir yang baik. Karena jenjang karir inilah yang akan memberikan gambaran seberapa lama anda akan bergabung ke dalam sebuah perusahaan.

Usahakan perusahaan harus memberikan motivasi kepada karyawan agar memiliki jenjang karir yang bagus di masa depan. Dengan adanya jenjang karir ini tentu bisa memberikan semangat dan motivasi yang lebih baik ke depannya.

Memberikan Apresiasi

Bagi perusahaan yang merasa jika ada karyawan yang berprestasi maka bisa memberikan saja apresiasi yang sepadan. Hal ini penting agar karyawan bisa lebih keras dalam melakukan pekerjaan tersebut. Dalam memberikan apresiasi tidak harus dalam jumlah besar melainkan bisa dengan hal kecil.

Dengan beberapa cara ini diharapkan perusahaan bisa lebih mengerti bagaimana mempertahankan suatu loyalitas karyawan. Semoga informasi ini bisa membantu anda dalam memahami karyawan lebih baik. Semoga sukses.

 

Materi Presentasi yang bagus dan aplikatif tentang Manajemen SDM x Balanced Scorecard. Gratis. Download Sekarang.

Slide1