Pentingnya Sertifikasi Kompetensi SDM dan Cara Uji Sertifikasi Kompetensi

Selamat datang ke dunia Sumber Daya Manusia (SDM)! Jika kamu sedang mempertimbangkan karir di bidang SDM, pasti akan bertanya apakah sertifikasi kompetensi SDM itu benar-benar diperlukan untuk mendapatkan pekerjaan di bidang SDM. Jawabannya agak beragam, dalam artian, adanya faktor-faktor yang harus kamu pertimbangkan secara matang, terutama dalam segi finansial atau gaji, atau secara garis besarnya, bagaimana sertifikasi dapat menguntungkan kamu secara pribadi nantinya. Pada umumnya, sertifikasi kompetensi SDM dianggap sebagai investasi yang berharga sebagai penunjang karir seseorang.

Sumber Daya Manusia sebagai karir merupakan sebuah potensi untuk memberikan pengaruh yang sangat besar pada seseorang, organisasi, konsumen, pemegang saham, dan juga sebuah komunitas. Sama halnya dengan negara-negara berkembang lainnya seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Singapura, mereka memiliki asosiasi profesional SDM dalam hal mengembangkan penilaian sertifikasi SDM (berdasarkan kredensial, ujian, dan pengalaman) untuk menentukan dan meningkatkan standar SDM masing-masing peserta.

Di Indonesia pun sama, seluruh praktisi SDM di Indonesia harus sudah memiliki sertifikasi kompetensi SDM yang ditetapkan oleh Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia pada Juli 2019 yang lalu, yaitu Sertifikasi Kompetensi Wajib Jabatan Manajemen Sumber Daya Manusia. Sertifikasi kompetensi SDM yang dikeluarkan oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) banyak dijadikan acuan oleh berbagai industri di Indonesia. Bahkan, kredibilitasnya juga diakui di tingkat regional se-Asia Tenggara.

Adapun 9 kompetensi bisnis utama yang dibutuhkan oleh para profesional SDM agar lebih efektif di tempat kerja, diantaranya:

● Komunikasi yang efektif
● Konsultasi
● Praktek etis
● Evaluasi/pemeriksaan kritis
● Kemampuan bisnis
● Kepemimpinan dan navigasi
● Keahlian teknis
● Kesadaran lintas budaya
● Manajemen humas.

Dulunya, para pakar SDM hanya berfokus pada pengetahuan tentang fungsi SDM itu sendiri, tanpa banyak yang belum menguasai segi kompetensi dari bidang ini. Maka dari itu, sangatlah penting saat ini para profesional SDM mempersiapkan peranan mereka dalam tahap kompetensi SDM serta kepemimpinan bisnis.

Pentingnya Sertifikasi Kompetensi SDM
Untuk itu, ketahuilah mengapa sertifikasi kompetensi SDM akan dibutuhkan untuk menunjang karir kamu? Sudah pastinya, kamu nantinya akan bersaing di pasar kerja dengan para profesional SDM lainnya yang telah mendapatkan sertifikasi serupa. Banyak perusahaan pun akan mulai mencari karyawan dengan keterampilan dan pengembangan bisnis yang baik ke dalam staf SDM mereka yang dapat menjadi pendorong yang substansial untuk kesuksesan karir para staf SDM.

Slide1

Adapun persentase karyawan SDM yang menerima promosi meningkat secara substansial dengan sertifikasi. Menurut ulasan dari The Balance Careers, 63 persen profesional dengan sertifikasi kompetensi SDM dipromosikan menjadi administrator SDM, sementara hanya 34 persen karyawan SDM yang tidak bersertifikat dipromosikan.

Seiring kemajuan seseorang dalam karir SDM mereka, semakin banyak karyawan SDM yang memiliki sertifikasi untuk masuk di sebuah industri. Untuk itu, para profesional SDM dengan sertifikasi kompetensi mereka dilaporkan menerima lebih banyak promosi dan mencapai kesuksesan karir lebih cepat. Dengan itu, akan dapat membantu membuktikan bahwa kamu memiliki basis pengetahuan yang cukup baik dan dapat membantu menunjukkan kepada perusahaan mengenai wawasan kamu dalam bidang SDM yang luas.

Manfaat Sertifikasi Kompetensi SDM

Beberapa sumber menyatakan 5 alasan utama seseorang dengan latar belakang SDM mengejar sertifikasi yaitu:

1. Untuk menunjukkan pencapaian profesional mereka
2. Untuk memenuhi kepuasan pribadi
3. Untuk membantu mereka dalam menunjang karir
4. Untuk meningkatkan pemahaman mereka di bidang tersebut
5. Untuk mendapatkan pengakuan dari rekan-rekan kerja mereka.
Jadi, dengan mendapatkan sertifikasi kompetensi SDM tersebut dapat membantu kamu dalam hal membuat kesan yang baik selama wawancara kerja dengan menunjukkan kepada calon pemberi kerja tentang pengetahuan dan kompetensi yang kamu miliki serta kemampuan kamu untuk melakukan pekerjaan itu nantinya.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa manfaat jika kamu bisa mendapatkan sertifikasi di bidang SDM, termasuk:

● Skema pekerjaan yang lebih maju— Karir dalam bidang SDM saat ini meningkat karena banyak perusahaan merekrut karyawan baru dengan harapan yang lebih tinggi untuk menjadi staf dalam perusahaan tertentu sebagai kandidat penambah nilai yang paling tepat. Seperti yang dikutip oleh Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat (BLS) memperkirakan bahwa pada tahun 2024 nanti, permintaan akan tenaga profesional SDM akan meningkat sebesar 9%. Jadi, persaingan yang berkembang untuk pekerjaan ini akan memungkinkan profesional SDM yang bersertifikat untuk lebih menonjol dari yang lain.

● Gaji yang lebih baik— Mendapatkan sertifikasi kompetensi dalam SDM sudah pasti akan meningkatkan potensi penghasilan yang kamu dapatkan. Alhasil, sertifikasi kompetensi yang kamu miliki akan terbayar nantinya. Dengan kata lain, sertifikasi itu tidak akan sia-sia!

● Preferensi perekrutan— Sesuai statistik yang dilaksanakan oleh Survei Nilai Sertifikasi beberapa tahun yang lalu dari salah satu Lembaga Sertifikasi SDM di luar negeri, kandidat dengan sertifikasi kompetensi SDM rata-rata lebih disukai atau lebih gampang direkrut oleh perusahaan perekrutan. Sebab, mereka tahu bahwa para SDM profesional yang bersertifikat dilengkapi dengan kompetensi dan keterampilan untuk menjalankan peran SDM mereka dengan baik.

● Pengetahuan yang diperbarui (upgraded)— Bidang SDM saat ini sangat maju dan lebih meningkat daripada saat peran SDM terdahulu hanya dibatasi pada tugas administratif saja.

Saat ini, merupakan tanggung jawab personalia SDM untuk melakukan tugas tambahan yang sangat penting dalam perusahaan termasuk membentuk kebijakan utama dalam manajemen, perencanaan manajemen tingkat tinggi, konsultasi dengan eksekutif untuk melacak arah strategis, dll. Jika kamu memiliki sertifikasi kompetensi tersebut akan melengkapi semua tugas-tugas tersebut dengan efektif.

● Kerja yang lebih cerdas dan nyata— Sertifikasi kompetensi SDM membekali kamu untuk menangani tanggung jawab besar perusahaan secara efisien terutama dalam hal wawancara, perekrutan, dan juga retensi. Sebagian besar program sertifikasi SDM akan memberi kamu keterampilan dan pengetahuan yang tak ternilai khususnya dalam bidang penggajian, manajemen tunjangan, manajemen serikat, perekrutan, dan masih banyak lagi. Selebihnya, dengan sertifikasi ini juga dapat membantu mempersiapkan kamu untuk mendalami manajemen SDM strategis, pengembangan bakat dan organisasi, akuisisi dan mobilitas, kompensasi dan tunjangan, serta hubungan tenaga kerja dan manajemen risiko.

● Tercermin dalam kepercayaan diri dan kepuasan diri— Dengan sertifikasi khusus ini akan membantu kamu dalam meningkatkan moral dan motivasi para karyawan untuk bekerja dengan lebih baik nantinya.

Jadi, sertifikasi kompetensi SDM adalah sebuah profesi atau karir dengan pengetahuan yang akan memungkinkan kamu menjadi lebih kompeten dan efektif dalam bekerja. Sehingga, kemampuan SDM kamu nantinya akan lebih berkembang dan berdampak positif pada hasil penting dari suatu pekerjaan dimanapun kamu bekerja nantinya.

Untuk menjadi profesional SDM yang efektif, kamu tidak hanya perlu memahami konsep-konsep umum seperti manajemen strategis, perencanaan tenaga kerja, pengembangan SDM dan juga manajemen organisasi, tetapi kamu juga membutuhkan keterampilan praktis untuk mengimplementasikan konsep-konsep tersebut. Oleh karena itu, salah satu keberhasilan karir SDM kamu akan tergantung pada keterampilan dan juga sertifikasi kamu.

Materi Presentasi yang bagus dan aplikatif tentang Manajemen SDM x Balanced Scorecard. Gratis. Download Sekarang.

Slide1