Cara Praktis dan Paling Mudah untuk Melakukan Analisa Beban Kerja

Tahukah anda apa saja tips mudah membuat analisa beban kerja? Memiliki perusahaan yang mempekerjaan banyak orang dengan berbagai jabatan memang tak mudah dalam mengaturnya. Sebagai pimpinan dibutuhkan banyak sekali tahapan-tahapan yang tertulis maupun tidak namun harus diperhatikan.

Beberapa faktor yang mempengaruhi dalam memimpin perusahaan adalah efisiensi, efektifitas dan produktifitas.

Dengan memperhatikan beberapa tahapan dan mulai memaksimalkannya maka akan membawa pengaruh atau dampak baik untuk hasil yang dihasilkan pada akhirnya. Untuk membuatnya semakin teratur alangkah baiknya jika Anda mulai membuat analisa beban kerja.

Jika Anda mulai menganalisa beban kerja maka akan membuat segalanya menjadi lebih mudah. Namun memang banyak sekali tips membuat analisa beban kerja yang mudah dan sudah selayaknya diketahui melalui beberapa artikel berikut ini.

Adapun tips mudah membuat analisa beban kerja yaitu

Menganalisa beban kerja menurut jabatan
Alangkah baiknya jika Anda menganalisa mengenai beban kerja yang dimulai dengan mengkalsifikasikan menurut jabatan yang dipegang masing-masing orang. Dengan mengklasifikasikan menurut jabatan yang dipegang oleh masing-masing orang maka akan diketahui mengenai jenis pekerjaan yang dikerjakan setiap harinya. Anda pun tidak perlu ragu menanyakan atau pun mnegetahui mengenai hasil penyelesaian pekerjaan yang diberikan.

Hasil pekerjaan bisa dipantau dari laporan yang diberikan setiap kali menyelesaikan pekerjaan. Dari laporan tersebut akan dapat dianalisis mengenai hasil dan apakah perlu dikoreksi setiap harinya.

• Menetapkan jam kerja dalam satu hari
Anda pun harus mengetahui dan menetapkan mengenai jam kerja yang efektif yang dilakukan setiap harinya. Terlebih jika karyawan yang Anda miliki digaji menurut lamanya jam bekerja.

Apabila Anda menetapkan waktu berdasarkan waktu efektif maka akan lebih efektif dan menghasilkan target pekerjaan dengan hasil dan waktu yang diberikan akan lebih optimal. Analisa ini harus efektif apabila Anda menganalisa beban kerja sebagai pemilik perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan. Dengan ketepatan analisa akan membantu Anda memberikan target yang diinginkan.

• Hasil yang diberikan
Hasil yang berikan akan sebanding dengan optimalkan kerja. Apabila bekerja dengan setengah-setengah atau tidak serius maka hasil yang akan didapatkan akan kurang maksimal. Namun sebaliknya jika pekerjaan yang dilaksanakan dengan maksimal maka akan diberikan hasil yang maksimal juga. Namun sebagai pimpinan Anda akan lebih baik jika selalu memberikan target atau gols yang harus dicapai. Selain itu juga dengan cara yang dikerjakan oleh bawahan Anda agar target dapat dihasilkan dengan lebih maksimal.

• Waktu efektif menyelesaikan hasil
Banyak waktu terbuang dan tidak memberikan dampak positif seperti hasil yang maksimal ini dirasakan merugikan. Baik merugikan pimpinan maupun keuntungan yang didapatkan untuk memberikan gaji kepada karyawan yang dimilikinya. Untuk itu tetapkan dalam satu hari waktu yang paling efektif dan memulai pekerjaan. Apabila ada karyawan yang tidak menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya selama waktu efektif.

Maka alangkah baiknya apabila menerapkan sangsi yang tegas dan pemutusan hubungan kerja apabila peringatan selama tiga kali tidak diindahkan dengan baik. Waktu efektif harus selalu disosialisasikan kepada semua karyawan akan dapat memanfaatkan waktu tersebut agar lebih produktif. Selain itu juga dapat memberikan hasil yang maksimal atas pekerjaan yang diberikan.

• Pengumuman standar jam kerja perhari
Anda juga wajib untuk melakukan pengumuman mengenai standar jam kerja setiap harinya. Tujuannya agar semua karyawan dapat mengetahui dan memahaminya.

Apabila perlu dilakukan jam kerja sift maka tak ada masalah mengenai pemberlakuan sift untuk mendapatkan hasil pekerjaan yang diinginkan. Mungkin awalnya akan memerlukan pembagian beberapa bagian namun beberapa bagian yang ingin diberikan pola jam kerja harus diketahui mengenai jadwal setiap harinya. Atau jika Anda ingin berjalan dengan baik mintalah setiap bagian agar berkoordinasi mengenai jam kerja yang diberlakukan selama bekerja.

• Perhitungan jumlah pegawai setiap bidang
Perhatikan dengan baik hingga turun kebawah agar semuanya dapat sesuai dengan prosinya. Bahkan apabila perlu perhatikan dan cek satu persatu apakah ada yang kurang karena dapat terjadi tidak seimbang. Ketidak seimbangan ini akan mempengaruhi kinerja pegawai yang bekerja sehingga hasilnya pun tidak maksimal. Apabila berhubungan dengan perdagangan akan mempengaruhi banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan.

Setelah Anda mengetahui mengenai tips mudah membuat analisa beban kerja. Maka sebaiknya Anda mengetahui mengenai tujuan dilakukan analisa tersebut bagi perusahaan atau pemerintahan. Beberapa tujuan yang dapat diketahui mengenai adanya menganalisa beban kerja yaitu

1. Memaksimalkan pekerjaan sehingga akan mencapai target yang diinginkan. Apabila tidak ada analisa ini karyawan dapat bekerja semaunya sendiri. Bahkan jika hal ini terjadi maka perusahaan tidak akan berjalan dengan baik. Selain itu mengetahui juga mengenai adanya ketidakseimbangan agar bagian yang dapat didukung dengan bagian lainnya.

2. Menganalisa mengenai kinerja karyawan yang dimiliki apakah berkompeten dalam bidangnya atau tidak. Apabila tidak berkompeten dalam bidangnya maka sebaiknya dilakukan pergantian orang. Tujuannya agar dapat menyaring karyawan berkualitas yang dapat memajukan perusaahaan atau pun pemerintahan.

3. Menghindari kerugian akibat pekerjaan yang diabaikan. Mengabaikan pekerjaan dapat mungkin dilakukan mulai dari paling atas hingga yang bawah sekalipun. Apabila ada satu orang karyawan yang melakukan hal ini maka akan berdampak buruk bagi beberapa orang disekitarnya. Sehingga akan lebih mudah dilakukan pembinaan namun jika berulang maka tidak segan untuk melakukan pemutusan hubungan kerja. D

engan cara ini akan memberikan efek jera bagian sebagian besar karyawan yang menjalani pekerjaan yang berlaku malas dan tidak bertanggung jawab akan pekerjaannya.

Slide1

Slide1