Strategi yang Jitu untuk Meningkatkan Motivasi dan Produktivitas SDM

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu asset utama bagi sebuah organisasi atau perusahaan. Dengan SDM yang baik, tentunya proses menuju perkembangan dan kesuksesan dapat berlangsung lebih lancar.

Oleh karena itu, pencarian SDM berkualitas dalam proses perekrutan dan membuat program atau strategi pengembangan SDM merupakan hal yang sangat penting bagi setiap perusahaan. Dengan begitu, diharapkan setiap SDM dapat memiliki kemampuan kerja yang terus berkembang serta memiliki loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan.

Meski program pengembangan SDM sangat penting, bukan berarti hal ini dapat dilakukan secara terus – menerus tanpa memperhatikan kapasitas masing – masing individu. Di titik inilah strategi pengembangan SDM sangat diperlukan. Berikut beberapa poin penting yang perlu diperhatikan dalam program pengembangan SDM.

Mendengarkan Aspirasi Karyawan
Sebagai salah satu asset perusahaan, setiap karyawan memiliki potensi yang mungkin sangat menguntungkan dan dapat mendukung perkembangan perusahaan dengan baik. Setiap karyawan mungkin memiliki ide – ide brilian yang ingin diungkapkan untuk kebaikan perusahaan. Dengan mendengarkan dan menampung aspirasi mereka, setiap karyawan tentunya akan merasa lebih dihargai meski pendapatnya masih perlu dipertimbangkan.

Sebaliknya, jika aspirasi para karyawan tidak didengarkan, mereka akan merasa kehilangan kebebasan dan peluang untuk mengembangkan potensi. Oleh karena itu, mendengarkan aspirasi karyawan merupakan salah satu strategi pengembangan SDM yang sangat penting agar perusahaan dapat berkembang bersama – sama karyawan.

Reward & Punishment Terhadap Karyawan
Reward atau apresiasi merupakan cara yang tepat untuk menunjukkan bahwa perusahaan sangat menghargai hasil kerja karyawan yang sangat baik untuk perkembangan atau kemajuan perusahaan. Apresiasi ini juga dapat diberikan pada mereka yang sangat menunjukkan dedikasi dan loyalitas, serta dapat memberikan gagasan yang membangun. Pemberian penghargaan ini juga dapat menjadi pemacu semangat bagi para karyawan lainnya untuk dapat bekerja lebih baik untuk kemajuan perusahaan.

Sedangkan punishment atau hukuman (sanksi) merupakan hal yang harus diberikan kepada karyawan ketika melakukan sebuah kelalaian dalam bekerja atau melakukan pelanggaran terhadap peraturan perusahaan. Punishment ini lebih ditujukan sebagai bentuk sanksi yang menyadarkan karyawan agar lebih berhati – hati dan disiplin dalam bekerja sehingga akan meminimalisir kesalahan yang sama akan terjadi.

Reward dan punishment merupakan strategi pengembangan SDM yang sangat baik untuk meningkatkan kinerja karyawan dengan tujuan agar setiap karyawan menghargai pekerjaan.

Pelatihan Untuk Meningkatkan SDM
Pelatihan juga merupakan sebuah strategi pengembangan SDM yang sangat penting bagi sebuah perusahaan atau organisasi.

Melalui pelatihan – pelatihan tertentu, setiap karyawan dapat mendapatkan kemampuan atau skill baru, atau bahkan lebih mengembangkan kemampuan yang telah dimiliki agar lebih matang. Oleh karena itu, pihak perusahaan memiliki kewajiban dalam mengadakan pelatihan – pelatihan yang diperlukan oleh karyawannya tersebut. Jenis dan cara pemberian pelatihan dapat dilakukan sesuai dengan program dan ketersediaan anggaran di dalam perusahaan.

Tak jarang perusahaan juga mengadakan pelatihan sembari memberikan waktu refreshing bagi sejumlah karyawannya. Hal ini juga merupakan cara jitu untuk membuat para karyawan merasa dihargai serta memiliki kesempatan untuk mengembangkan kemampuan diri. Tak hanya itu, strategi pengembangan SDM ini juga dapat menumbuhkan loyalitas karyawan terhadap instansinya.

Merekrut Karyawan dengan Transparan
Untuk mencapai sebuah kesuksesan, sebuah perusahaan tidak hanya membutuhkan asset berupa lahan, bangunan dan modal financial, tapi juga para karyawan atau sumber daya manusia yang berkualitas.

Atas alasan ini, proses perekrutan karyawan yang transparan sangatlah diperlukan sebagai salah satu strategi pengembangan SDM. Artinya, proses perekrutan karyawan benar – benar dilakukan dengan mencari sumber daya manusia yang berkualitas melalui tes tertulis dan wawancara. Hasil dari proses ini pun seharusnya diperoleh murni dari hasil tes setiap individu sehingga setiap SDM baru yang terekrut merupakan SDM yang terbaik menurut hasil tes.

Selain itu, perihal pemutusan penerimaan karyawan juga harus dilakukan secara professional. Perusahaan harus memiliki tim atau sistem manajerial khusus yang mengatur proses perekrutan ini. Hal ini bertujuan untuk memperjelas penentuan kebutuhan perusahaan tentang penambahan karyawan serta SDM dalam bidang apa saja yang sangat diperlukan dalam strategi pengembangan SDM ini.

Pola Manajerial dan Teknis yang Terus Update
Strategi pengembangan SDM yang satu ini merupakan cara yang sangat penting agar setiap sumber daya manusia dalam perusahaan dapat terus berkembang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan; baik dalam perusahaan maupun dalam setiap individu karyawan.

Dengan begitu, setiap SDM akan merasa bahwa pihak perusahaan sangat memahami kebutuhan mereka sementara mereka dapat bekerja dengan baik untuk ikut membangun perusahaan.

Dengan memperhatikan setiap poin strategi pengembangan SDM di atas, sebuah perusahaan dapat memahami bagaimana cara memenuhi hak – hak karyawan untuk berkembang dan mendapatkan kebutuhannya. Karyawan yang bekerja dengan kemampuan yang terus berkembang serta merasa diperlakukan adil tentunya akan memiliki kemampuan yang terus meningkat serta loyalitas tinggi terhadap perusahaan.

Slide1

Slide1