Cara Menyusun Materi Pelatihan SDM yang Berkualitas Tinggi

Setiap perusahaan sangat penting untuk memberikan pelatihan pada karyawannya agar meningkatkan kualitas SDM sehingga pentingnya mengetahui materi pelatihan SDM. Dengan demikian, bisa mengelola tenaga kerjanya menjadi aset perusahaan.

Pentingnya pemberian materi pelatihan SDM karena bisa mengasah kualitas karyawan. Karyawan yang terlatih dan terdidik dapat meminimalir kesalahan dalam bekerja. Dengan demikian, akan memberikan keuntungan pada perusahaan.

Hal tersebut adalah alasan mengapa pemberian materi pelatihan SDM ini sangat penting dilakukan karena kemajuan perusahaan ditentukan oleh SDM yang berkualitas. Hanya tenaga kerja yang potensial akan menguntungkan perusahaan.

Ruang Lingkup Materi Pelatihan SDM

Pemberian pelatihan untuk karyawan sangat penting agar kualitas kerjanya semakin baik. Maka dari itu, ruang lingkup pemberian materi pelatihan SDM adalah seputar jobdesk serta bisnis yang digeluti oleh perusahaan bersangkutan. Berikut ini ruang lingkup materi yang harus diberikan:

1.       Materi untuk Pengenalan Perusahaan

Ketika perusahaan merekrut karyawan baru, sangatlah penting untuk diberikan pembekalan materi pelatihan SDM  agar mengetahui peraturan perusahaan yang diberlakukan, termasuk budaya kerja perusahaan tersebut sehingga mudah beradaptasi dengan lingkungan perusahaan.

Setiap karyawan yang baru masuk kerja akan mengalami kecanggungan karena berada di lingkungan yang baru. Oleh sebab itu, perlunya diberikan pelatihan agar tidak ada lagi kecanggungan dan mudah beradaptasi dengan dunia kerja baru. Salah satu materi pelatihannya adalah pengenalan profil perusahaan.

Slide1

2.       Materi untuk SOP

Standar Operational Procedure harus diketahui oleh setiap karyawan agar bisa bekerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada perusahaan tersebut. Irulah mengapa pemberian materi pelatihan SDM ini penting untuk diberikan agar meminimalisir kesalahaan saat bekerja.

Karyawan yang banyak melakukan kesalahan saat bekerja, akan merugikan perusahaan. Dengan demikian harus dibekali dengan pelatihan berupa pengenalan SOP, khususnya untuk karyawan baru. Karyawan yang bekerja sesuai dengan SOP yang berlaku pada perusahaan, akan memberikan hasil kerja yang maksimal.

3.       Materi Pelatihan untuk Team Work

Bekerja dalam tim pada sebuah perusahaan harus selalu kompak agar dapat mencapai target yang ditetapkan oleh perusahaan dengan mudah. Oleh sebab itu, kekompakan dan integritas dalam tim harus selalu dijaga. Maka dari itu, pentingnya memberikan materi pelatihan SDM terkait akan hal ini.

Beberapa faktor menjadi penentu kekompakan dalam tim berkurang. Salah satunya adalah karena kesibukan masing-masing individunya. Oleh sebab itu, kekompakan tersebut harus dijaga dan dipertahankan dengan memberikan materi pelatihan untuk team work. Dengan demikian, bisa membuat kinerjanya lebih berkualitas.

4.       Materi untuk Meningkatkan Motivasi Kerja

Pemberian materi untuk memotivasi karyawan saat bekerja sangat pentingdilakukan agar memicu semangatnya. Karyawan yang bersemangat dalam bekerja akan memberikan kinerja yang lebih produktif bagi perusahaan. Oleh sebab itu pentingnya memberikan materi pelatihan SDM yang dapat memotivasi karyawan.

Semangat karyawan seringkali memudar karena berbagai faktor. Apabila tidak memiliki semangat dalam bekerja, akan menghasilkan kinerja yang asal-asalan. Oleh sebab itu, pentingnya memotivasi karyawan agar selalu bersemangat dalam bekerja. Dengan demikian, akan memberikan produktivitas ma\ksimal untuk perusahaan.

Cara Membuat Materi Pelatihan SDM

Hal yang paling penting saat memberikan pelatihan adalah materi yang diberikan. Materi tersebut harus mudah dimengerti oleh peserta pelatihan agar tujuan pelatihan tersebut tercapai, yaitu untuk meningkatkan kualitas SDM. Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahui cara pembuatannya.

1.       Buatlah Catatan Mengenai Kebutuhan Pelatihan

Sebelum menentukan topik materi untuk pelatihan sebaiknya susun kerangka materi berdasarkan catatan-catatan yang diambil selama periode berjalan akan kekurangan yang terdapat pada kinerja perusahaan. Dengan demikian, mudah untuk menyusun materi pelatihan SDM agar materi yang diberikan tepat sasaran.

2.       Buatlah Materi yang Sesuai dengan Kebutuhan Pelatihan

Materi yang tepat sasaran dengan tujuan pelatihan adalah materi pelatihan SDM yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja, bila perusahaan bergerak dalam bidang pelayanan serta harus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, maka pelatihan yang harus diberikan pada karyawan terkait dengan cara melayani konsumen yang baik.

3.       Buat Materi yang Komunikatif

Membuat materi pelatihan SDM harus melibatkan karyawan agar menghasilkan materi yang komunikatif sehingga tidak akan membosankan.  Di samping itu, hal tersebut bertujuan agar materi yang diberikan lebih tepat sasaran dan dimengerti oleh peserta pelatihan. Materi yang komunikatif harus berisi tanya jawab agar semua peserta terlibat.

4.       Membuat HandOut

Sebelum materi pelatihan SDM diberikan kepada  karyawan, sebaiknya membuat handout terlebih dahulu. Dengan demikian, materi yang diberikan lebih dipahami oleh pesertanya. Terlebih jika handout tersebut dilengkapi dengan gambar dan tulisan yang menarik. Dengan demikian, akan lebih dimengerti oleh peserta pelatihan.

Waktu Terbaik untuk Membuat Materi Pelatihan SDM

Meskipun tidak ada ketentuan khusus, untuk menentukan waktu yang tepat saat akan memberikan materi. Namun penentuan waktu untuk memberikan materi pelatihan SDM harus diputuskan oleh perusahaan agar disesuaikan dengan kebutuhan karyawan tersebut.

Misalnya saja, memberikan materi pelatihan SDM saat kinerja karyawan mengalami kemunduran. Dengan demikian harus segera diberikan materi motivasi agar kembali bersemangat saat bekerja.

Berdasarkan hal tersebut, pihak manajemen harus mampu melihat situasi dan kondisi perusahaan agar bisa menentukan waktu yang tepat untuk memberikan materi pelatihan SDM kepada karyawannya.

Pihak manajemen perusahaan harus melibatkan lebih banyak divisi HRD agar bisa menentukan, materi apa saja yang harus diberikan serta waktu terbaiknya agar tidak bentrok dengan kesibukan karyawan untuk mencapai target.

Apabila materi pelatihan SDM siberikan saat waktu sibuk karyawan mencapai target yang ditetapkan, materi tersebut tidak akan efektif dan tepat sasaran. Dikarenakan karyawan tersebut tidak akan fokus.

Tips Membuat Materi Pelatihan SDM

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pembuatan materi pelatihan SDM sangat penting agar tujuan pelatihan bisa tercapai. Maka dari itu, perusahaan harus membuat materi pelatihan menarik, berikut ini beberapa tips membuatnya:

  1. Lakukanlah Observasi pada Internal Perusahaan

Saat akan memberikan materi pelatihan SDM, sebelumnya lakukanlah observasi terlebih dahulu pada perusahaan agar bisa menentukan topik yang tepat untuk pelatihan tersebut. Observasi hendaknya dilakukan pada setiap divisi dan catat kekurangan SDM pada masing-masing divisi.

  1. Tentukanlah Tema yang Sesuai dengan Kebutuhan Perusahaan

Setelah melakukan observasi pada divisi perusahaan, akan mudah menentukan tema untuk materi pelatihan SDM dikarenakan perusahaan mengetahui kekurangan SDM nya dan materi yang dibutuhkan oleh karyawan tersebut. Dengan demikian, materi tersebut sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

  1. Cantumkanlah Poin Penting dari Materi yang akan Diberikan

Saat membuat materi, keberhasilan pelatihan ditentukan oleh trainer yang memberikan pelatihan tersebut. Tidak kalah penting dengan memilih trainer yang tepat, harus membuat poin penting pada materi yang akan diberikan. Dengan demikian, lebih tepat sasaran.

  1. Buatlah Materi dengan Diselingi Permainan atau Simulasi

Tips yang terakhir untuk membuat materi pelatihan SDM, yaitu disarankan untuk membuat selingan pada materi yang diberikan. Dengan demikian, materi tidak akan monoton dan membosankan, serta membangun komunikasi dua arah dengan peserta karena melibatkan banyak peserta.

Pentingnya SDM yang berkualitas bagi perusahaan. Pasalnya, SDM berkualitas bisa menguntungkan dan mengembangkan bisnis perusahaan, sehingga meningkatkan kualitas karyawan harus diberikan materi pelatihan SDM.

Materi Presentasi yang bagus dan aplikatif tentang Manajemen SDM x Balanced Scorecard. Gratis. Download Sekarang.

Slide1